Bagaimana Cara Melakukan Passing Bawah Dan Passing Atas Yang Benar Terlengkap

Cara Melakukan Passing Bawah – Hai sobat olahraga, selamat datang kembali di website infosoalpelajaran yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi pembahasan mengenai berbagai macam info pelajaran dan juga materi pelajaran dari semua tingkatan sekolah di Indonesia dan umum.

cara melakukan passing bawah

Sebelumnya kita pernah membahas mengenai ukuran lapangan bola voli dan perlengkapan lainnya. Dan dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara melakukan passing bawah dalam permainan bola voli dan Bagaimana cara melakukan passing atas dalam permainan bola voli.

Teknik Bola Voli

Pembelajaran mengenai teknik dasar dalam permainan bola voli ini merupakan suatu hal yang telah diciptakan oleh para pendidik atau guru pendidikan jasmani secara sedemikian rupa sehingga dapat mencapai tujuan pembelajarannya. Banyak  sekali cara yang sangat beragam dan juga bervariasi yang dapat digunakan oleh para pengajar kepada muridnya agar mendapat hasil lebih baik.

Untuk metode yang sering digunakan adalah metode penemuan atau Discovery Learning dan pendekatan dengan metode saintifik. Akan tetapi dalam kesempatan kali ini, saya hanya akan membahas mengenai teknik cara melakukan gerakan dasar bola voli bukannya menggunakan dua metode yang telah saya sebutkan tadi.

Teknik dalam bola voli sendiri merupkan cara untuk memainkan bola agar lebih efisien dan efektif akan tetapi tetap sesuai dengan peraturan yang berlaku agar mendapatkan hasil yang optimal. Untuk teknik dasar yang harus di kuasai dalam permainan bola voli antara lain adalah passing bawah, passing atas, block, servis, smash atau spike.

Dan di bawah ini saya akan jelaskan cara melakukan passing bawah permainan bola voli dan juga jelaskan cara melakukan passing atas pada lapangan permainan

Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli

Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli

Untuk cara melakukan passing bawah adalah sebagai berikut ini:

  • Berdiri lalu bentangkan kedua kaki selebar bahu dan tekuk lutut.
  • Rapatkan lalu juga luruskan kedua lengan pada bagian depan badan hingga kedua ibu jari menjadi sejajar.
  •  Ayunkanlah kedua lengan dari bawah sampi setinggi bahu.
  • Saat bola telah tersentuh lengan, maka luruskanlah lutut.
  • Usahakan untuk melakukan perkenaan bola yang tepat di atas pergelangan tangan.

Tujuan Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli

Tujuan dari di pelajarinya cara melakukan passing bawah bola voli ini adalah agar dapat mengkombinasikan stiap gerakan teknik bola volu yang telah di pelajari sebelumnya. Setelah mempelajari cara melakukan passing bawah ini, lalu harus mencoba untuk mengetahui bagaimana cara melakukan passing bawah yang mudah dan sulit. Lalu kenapa teknik bola voli ini mudah atau sulit untuk dilakukan? Anda semua pun bisa menganalisa sendiri dengan mempelajari gerakan-gerakannya.

Bentuk Pembelajaran Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli

teknik dasar permainan bola voli

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan analisa passing bawah ini adalah dengan cara memantulkan bola pada lantai lalu melakukan passing bawah pada bola itu. Untuk caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Berdiri tegak dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
  • Pantulkanlah bola pada lantai.
  • Pada saat bola itu telah memantul, maka lakukanlah passing dengan menggunakan tangan yang berkaitan.
  • Pusat gerakan adalah pada kedua bahu.
  • Lakukanlah gerakan ini secara teratur dan berulang-ulang di tempat. Apabila sudah mulai mahir, maka bisa sambil melakukan gerakan ke samping atau maju mundur. Dan selama pembelajaran ini cobalah untuk mengamati dan merasakan bagaimana pengenaan bola yang tepat dan sebera besar tenaga yang perlu disalurkan agar bola dapat memantul dengan baik.

Apabila pembelajaran di atas telah berhasil, maka anda bisa melanjutkan dengan pembelajaran passing yang berikutnya. Yaitu dengan melambungkan bola lalu passing bawah dengan menggunakan kedua lengan. Untuk caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Berdiri dengan sikap melangkah lalu untuk tekuk sedikit kedua kaki.
  • Setelah itu lambungkanlah bola dengan kedua tangan.
  • Pada saat bola mulai meluncur ke bawah, maka lakukanlah gerakan passing bawah dengan cara merapatkan keua tangan dengan mengaitkan kedua telapak tangan . Setelah itu ayunkan kedua tengan ke depan atas dengan menggunakan posisi tangan yang lurus dan untuk perkenaan bolanya adalah pada lengan bagian bawah atau di atas pergelangan tangan.
  • Pada pembelajaran ini anda juga harus mencoba untuk merasakan bagaimana perkenaan bola dan tenaga yang harus di berikan agar dapat melakukan passing bawah yang tepat.

Setelah dapat menguasai kedua pembelajaran di atas, maka untuk yang selanjutnya aalah dengan melakukan variasi latihan passing bawah secara berpasangan dengan teman, baik dengan berpasangan dengan satu orang saja atau pun dengan berkelompok. Hal seperti ini tentunya dilakukan agar penguasaan anda terhadap passing bawah menjadi lebih baik lagi.

Cara Melakukan Passing Atas Bola Voli

Apa yang dimaksud passing atas dalam permainan bola voli
Sumber : https://olahraga.pro/

Setelah mempelajari cara melakukan passing bawah, maka selanjutnya adalah mempelajari passing atas. Passing ini sendiri sering di lakukan oleh par tosser ketika memberikan umpan pada spiker atau smasher. Untuk cara melakukan passing atas adalah sebagai berikut:

  • Berdiri dengan melakukan sikap siap dan dengan kaki melebar sebahu.
  • Untuk kedua lutut sedikit di tekuk agar badan dapat menjadi lebih rendah dan membungkuk ke depan.
  • Sebagai tumpuan adalah pada bagian depan ujung kaki.
  • Setelah bola akan datang, maka segera tempatkan badan di bawah bola itu.
  • Angkat tangan dengan lengan yang sedikit di tekuk. Lalu buka sedikit lebar jari tangan sehingga membentuk seperti mangkuk.
  • Apabila bola sudah berada di atas badan, maka tekuk bagian siku atau pergelangan tanagn, lalu untu posisi tangan letakkan sedikit pada atas dahi. Lalu usahakan perkenaan bola pada jari-jari tangan agar perkenaan bolanya lebih bagus.
  • Ketika bola telah menyentuh jari-jari, maka usahakan untuk membuat jari menjadi tegang agar bola dapat memantul dengan baik. Setelah itu dorong bola dengan menggerakan pergelangan tangan . Setelah itu lakukanlah gerakan meluruskan siku.
  • Jari-jari yang paling dominan saat mendorong bola adalah ibu jari, jari tengah dan jari telunjuk.
  • Sebagai gerakan akhir adalah dengan mengangkat sedikit tumit dari tanah atau lantai. Lalu menaikkan pinggul dan lutut, meluruskan lengan tadi, dan pandangan mengikuti kemana arah gerakan bola itu.

Video Cara Melakukan Passing Bawah Dan Passing Atas Bola Voli

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai cara melakukan passing bawah dan passing atas bola voli. Dan melihat dari sejarah bola voli, tak heran maka banyak orang yang mencari teknik bola voli karena ke polpulerannya samai sekarang. Semoga dapat membantu anda semua yang sedang mencari informasi mengenai hal ini.

Saya juga berpesan kepada anda semua untuk selalu mengunjungi website infosoal pelajaran.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.