Belajar Grammar Bahasa Inggris Online Lengkap 2018

Grammar Bahasa Inggris – Tata bahasa yang baik dan benar selalu digunakan dalam penyusunan sebuah kalimat agar menghasilkan makna tertentu. Tak terkecuali dalam bahasa inggris, yang disebut dengan grammar bahasa inggris. Singkatnya, grammar adalah tata bahasa.

Namun, tidak sedikit di antara kita yang merasa kesulitan untuk belajar grammar bahasa inggris. Selain bentuknya yang sangat banyak, perlu waktu yang lama juga untuk menghafalkannya di luar kepala. Dua faktor itulah yang menyebabkan banyak orang menjadi enggan untuk belajar grammar. Padahal, grammar memiliki kedudukan yang vital dalam bahasa inggris itu sendiri.

Belajar Grammar Bahasa Inggris Online Lengkap 2018

Gambar belajar grammar bahasa inggris
Gambar belajar grammar bahasa inggris

Layaknya bahasa Indonesia, grammar diibaratkan sebagai bahasa baku yang digunakan dalam momen-momen yang cenderung resmi. Namun bukan berarti dalam keadaan non formal, grammar tidak digunakan. Sebab, grammarlah yang membuat sebuah kalimat atau susunan kata menjadi sebuah arti yang berbeda. Oleh karena dasar itulah, di sini kita akan belajar grammar bahasa inggris lebih dalam lagi.

Belajar grammar bahasa inggris sebenarnya cukup mudah. Asalkan anda mengetahui trik untuk mempelajarinya dan juga kemauan yang keras, anda dapat menguasai grammar ini. Lalu bagaimana cara belajar grammar bahasa inggris dengan mudah?

  1. Belajarlah dari dasarnya

Tidak hanya belajar grammar, belajar apa pun sebaiknya dimulai dari dasarnya dulu. Sebab, dasar inilah yang bisa membantu anda untuk memahami materi-materi selanjutnya yang lebih sulit. Jika dasarnya sudah anda kuasai dengan baik, selanjutnya anda tidak akan merasa kesulitan dalam mempelajari grammar. Dasar-dasar yang harus anda pelajari di antaranya adalah pembahasan mengenai verb, adverb, adjective, phrase, clause, dan lain sebagainya.

  1. Memahami struktur yang ada pada bahasa inggris

Di dalam bahasa inggris, terdapat struktur atau formula yang harus anda pelajari. Formula ini bernama tenses. Setidaknya, ada 16 tenses di dalam bahasa inggris dan anda harus memahami betul setiap penggunaan dari tenses tersebut.

  1. Belajar melalui kebiasaan

Cara mudah dan terampuh untuk belajar grammar adalah melalui kebiasaan. Kebiasaan yang dimaksud adalah seperti mendengarkan music berbahasa inggris, film dengan bahasa inggris, membaca buku berbahasa inggris, dan masih banyak contoh yang lainnya. Pada intinya, jadikan kebiasaan sehari-hari anda sebagai media untuk anda terus belajar.

  1. Banyak membaca literature dengan grammar yang baik

Carilah literature-literatur yang menggunakan grammar yang baik. Lalu sering-seringlah untuk membacanya. Dengan begitu, anda akan terbiasa dengan formula-formula kata yang digunakan. Tentunya ini sangat memudahkan anda untuk belajar grammar nantinya.

  1. Selalu sedia kamus

Kamus adalah buku terbaik untuk anda belajar bahasa inggris. Jika suatu ketika anda menemukan kosakata yang tidak anda mengerti artinya, anda bisa membuka kamus tersebut dan mempelajari bagaimana cara penggunaannya. Seperti yang sudah diulas di atas, memperbanyak kosakata adalah bagian dari mempelajari hal-hal yang dasar dalam bahasa inggris.

Baca juga : 20 Contoh Percakapan Bahasa Inggris dan Artinya

Rumus Grammar Bahasa Inggris

Di dalam grammar, setidaknya ada 16 tenses yang harus anda kuasai. Setiap tensesnya memiliki struktur dan penggunaan yang berbeda-beda. Berikut contoh grammar bahasa inggris berupa 16 tenses.

1. Simple Present Tense (fakta, kebiasaan, dan kejadian yang terjadi pada waktu sekarang)

Rumus: Subject + Verb 1

Contoh : I wake up at five a clock every morning (Aku bangun jam 5 setiap pagi)

2. Present Continuous Tense (aksi yang sedang berlangsung saat pembicaraan sedang berlangsung dan rencana di masa depan)

Rumus: Subject + am/is/are + Verb ing

Contoh grammar bahasa inggris pada tenses ini adalah:

I am drinking a glass of milk

3. Present Perfect Tense (menekankan pada hasil dan aksi yang masih sedang berlangsung atau baru saja selesai)

Rumus: Subject + has/have + Verb III

Contoh : I have done my home work (Aku telah mengerjakan PR)

4. Present Perfect Continuous Tense (aksi yang telah selesai pada suatu titik di masa lampau atau aksi telah dimulai di masa lalu dan terus berlanjut sampai sekarang)

Rumus: Subject + has/have + been + Verb ing

Contoh : I have ben teaching sinche 2010

5. Simple Past Tense (kejadian yang terjadi di masa lampau)

Rumus: Subject + Verb II

Contoh : I visited my perents yesterday

6. Past Continuous Tense (aksi sedang terjadi pada waktu tertentu di masa lampau dan satu kejadian menginterupsi kejadian lain)

Rumus: Subject + was/were +Verb ing

Contoh : I was sleeping when the car crashed my home last night.
(aku sedang tidur ketika mobil itu menabrak rumahku kemarin malam).

7. Past perfect tense (sebuah kejadian yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa lampau dan lebih menekankan pada fakta daripada durasi)

Rumus: Subject + had + Verb III

Contoh : I had locked the door before I left my home.
(aku sudah mengunci pintu sebelum aku meninggalkan rumah)

8. Past Perfect Continuous Tense (aksi yang terjadi di masa lalu dan telah selesai pada suatu titik waktu tertentu di masala lalu dan menekankan pada durasi kejadiannya)

Rumus: Subject + had + been + Verb ing

Contoh : When the guests came, we had been waiting for an hour.
(Ketika para tamu datang, kita telah menunggu selama satu jam.)

9. Simple Future Tense ( aksi di masa yang akan datang dan untuk membuat keputusan di masa depan secara spontan)

Rumus: Subject + will/be going to + Verb I

Contoh : We shall go together. (Kami akan pergi bersama-sama)

10. Future Continouse Tense (aksi yang terjadi di masa yang akan datang dan aksi yang pasti akan terjadi dalam waktu dekat)

Rumus: Subject + will/be going to + be + Verb ing

Contoh : I will be watching tv when she arrives tonight (Aku akan menonton televisi ketika dia datang ataupun tiba malam ini)

11. Future Perfect Tense (aksi yang akan berakhir pada waktu tertentu di masa yang akan datang)

Rumus: Subject + will have + Verb II

Contoh : She will have left work at 4.45 pm (Dia akan sudah meninggalkan pekerjaan pada jam 4.45 pm)

12. Future Perfect Continuous Tense (serangkaian aksi yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa yang akan datang)

Rumus: Subject + will have been + Verb III

Contoh : He will have been studying in Cairo for a year by the end of next month.
(Dia akan telah belajar di Kairo selama setahun pada akhir bulan depan.)

13. Past Future Tense (kalimat yang tidak langsung)

Rumus: Subject + should/would + Verb

Contoh : I thought she was going to enroll the course.
(Aku pikir dia akan mendaftar kursus tersebut.)

14. Past Future Continuous Tense (serangkaian atau durasi sebuah aksi terjadi dan kalimat tidak langsung)

Rumus: Subject + should/would be + Verb ing

Contoh : I would be attending the conference if I were in Bandung.
(Saya akan sedang menghadiri konferensi tersebut jika saya ada di Bandung.)

15. Past Future Tense (waktu yang akan datang, waktu tertentu di masa lalu, tetapi aksi yang terjadi harus sudah selesai sebelum waktu yang akan datang)

Rumus: Subject + should/would have been + Verb III

Contoh : My friends promised he would give you an ice cream (Teman saya telah berjanji bahwa dia akan memberikanmu es krim)

16. Past future perfect continous tense (menekankan pada durasi waktu yang sudah berlalu dan hasil)

Rumus: Subject + should/would have been + Verb ing

Contoh : If his Visa had been approved, he would have been working abroad for a week.
(Jika visa dia telah disetujui, dia akan telah bekerja selama seminggu.)

Aplikasi Grammar Bahasa Inggris

Buku grammar bahasa inggris, cek grammar bahasa inggris online, materi grammar bahasa inggris, cek grammar bahasa inggris, soal grammar bahasa inggris, kumpulan grammar bahasa inggris, ebook grammar bahasa inggris, materi grammar bahasa inggris lengkap, buku grammar bahasa inggris terlengkap, cek grammar bahasa inggris gratis, cara belajar grammar bahasa inggris, aplikasi grammar bahasa inggris.

Untuk memudahkan anda dalam belajar grammar, anda juga bisa menggunakan aplikasi grammar bahasa inggris yang tersedia di internet dan bisa anda unduh di Google Chrome. Aplikasi tersebut bernama Grammarly. Aplikasi tersebut dapat membantu anda mengecek dengan mudah tata bahasa yang keliru. Silahkan download disini

Bila ada pertanyaan request soal atau pelajaran pendidikan silahkan tinggalkan komentar dibawah ya. Terima kasih sudah mampir di website pribadi saya www.infosoalpelajaran.com, semoga selalu dalam lindungan yang maha kuasa.