Nama Induk Organisasi Bola Voli Internasional Dan Indonesia Terlengkap

Induk Organisasi Bola Voli – Hai, selamat datang kembali di infosoalpelajaran yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi pembahasan mengenai berbagai  soal pelajaran dan materi pelajaran yang ada di tingkatan sekolah yang ada di Indonesia.

induk organisasi bola voli

Dan dalam kesempatan kali ini akan ada pembahasan mengenai induk organisasi bola voli yang di dalamnya juga akan ada pembahasan mengenai induk organisasi bola voli internasional, induk organisasi bola voli indonesia, induk organisasi bola voli nasional, induk organisasi bola voli nasional adalah, induk organisasi bola voli di indonesia, nama induk organisasi bola voli, induk organisasi bola voli dunia, induk organisasi bola voli nasional dan internasional, nama induk organisasi bola voli indonesia.

Banyak juga pencarian dan pertanyaan orang mengenai apa nama induk organisasi bola volly? Apakah induk organisasi bola voli?Apa nama induk organisasi bola voli nasional? Apa nama induk organisasi bola voli dunia?

Sejarah Bola Voli

Bola voli merupakan salah satu permainan bola besar yang sangat populer di dunia. Hal ini di karenakan karena mudahnya permainan ini di jalankanserta tidakmembutuhkan alat yang ribet. Selain itu sejarah bola voli sudah sangat berkembang sejak lama mulai dari di temukannya oleh William G. Morgam sampai bisa populer di seluruh dunia sampai sekarang.

Induk Organisasi Bola Voli Nasional Dan Internasional

Induk organisasi permainan bola voli yang ada di Indonesia adalah PBVSI atau singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia, sedangkan untuk induk organisasi internasionalnya adalah FIVB atau singkatan dari Federation International de Volleyball. Kota tempat berdirinya induk organisasi bola voli dunia adalah Paris.

makalah sejarah bola voli

Kedua organisasi ini tentunya merupakan lembaga yang menentukan bagaimana terselenggaranya permainan bola voli yang ada di Indonesia dan dunia. Mulai dari peraturan hingga bagaimana penyelenggaraan pertandingannya. Tetapi tentunya untuk keduanya ini memiliki daerah tugas yang berbeda. Profil sejarahnya juga beda. Mulai dari bagaimana terbentunynya, perkembangan sampai menjadi rujukan dalam permainan bola voli sampai sekarang ini.

Di bawah ini adalah profil mengenai kedua federasi yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Induk Organisasi Bola Voli Internasional

Induk Organisasi Bola Voli Internasional

Pertama kali didirikan federasi permainan bola voli nasional eropa sebagai badan atau organisasi internaionalnya adalah pada tahun 1947. Pada tahun ini ada 14 federasi yang meruupakan perwakilan dari 5 benua berbeda yang bergabung dan menghadiri kongres konstitutif yang di lakukan pada bulan april 1947.

Presiden pertama yang menjabat sbagai pemimpin dari federasi tersebut adalah Paul Libaud yang berasal dari Prancis. Setelah kongres yang dilakukan 1947, duabtahun kemudian tercapailah tujuan dari penyelenggaraan acara kejuaraan internasional yang akan di selenggarakan untuk pertama kalinya di dunia.

Lalu setelah sukses menyelenggarakan kejuaraan dunia pertama, selanjutnya pada tahun1952 terselenggarakanlah kejuaraan voli yang di dalamnya untuk pesertanya adalah perempuan. Setelah itu pada tahun 1964, ada pendukungan mengenai penambahan olahraga bola voli pada olimpiade oleh IOC. Pada tahun itu juga sudah banyak federasi bola voli yang bergabung, pada tahun itu sudah ada 89 federsi berbeda yang bergabung dengan FIVB.

Kemudian pada tahun 1969 mulai di adakanlah kejuaraan internasional lain,yaitu kejuaraan piala dunia bola voli pertama di dunia. Setelah Paul Libaud yang sebelumnya menjabat sebagai presiden memutuskan untuk pensiun, selanjutnya dia digantikan oleh Ruben Acosta Herhandez yang berasal dari Meksiko dan menuduki presiden ini pada tahun 1984. Kantor FIVB dulunya terletak di Paris, Prancis. Setelah iu di pindahkan ke negara lain, yaitu Lausenne, Swiss.

Setelah berbagai hal dilakuakn mulai berkembanglah kebijakan-kebijakan yang dilakukan untuk memajukan pernmainan olehraga bola voli di seluruh dunia. Di antaranya tentu adalah pembentukan kompetisi laki-laki dan perempuan yaitu Liga dunia yang di selenggarakan pada tahun 1990, tiga tahun setelahnya diselenggarakan Grand Prix pada tahun 1993.

Setelah itu juga mulai ada perkembangan lain dalam permainan bola voli yaitu dengan adanya voli pantai, yang selanjutnya voli pantai ini mulai di dukung untuk di jadikan sebagi salah satu event dalam olimpiade. Setelah itu juga banyak sekali perubhan permainan bola voli yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan daya tarik dari publik.

Sampai sekarang jumlah federasi yang telah bergabung dengan FIVB adalah mencapai 220 federasi yang sudah berafiliasi atau bergabung menjadi anggota tetap FIVB.

Baca Juga : Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Induk Organisasi Bola Voli Indonesia

induk organisasi bola voli indonesia

Organisasi bola voli Indonesia adalah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI . PBVSI adalah induk organisasi nasional Indonesia, yang memiliki pera atau tugas mengatur jalannya regulasi pertandingan dan peraturan bola voli yang ada di indonesia.

Pengurus Ikatan Perhimpunan Volleyball Surabaya atau disingkat IPVOS menyelenggarakan rapat pengurus pada pertengahan tahun 1954, setelah terselenggaranya PON atau Pekan Olahraga Nasional yang ketiga pada tahun 1953. Selanjutnya organisasi bola voli dibentuk di indonesia pada tahun 1955.

Dalam rapat yang dilakukan oleh IPVOS inilah selanjutnya memutuskan untuk mendirikan organisasi nasional bola voli. Dalam mewujudkan terbentuknya organisasi ini, maka IPVOS mengirimkan perwakilannya untuk menemui KOI atau Komite Olimpiade Indonesia yang memiliki kantor pusat di wilayah DKI Jakarta.

Pada saat itu dengan bantuan yang di lakuakn oleh Dokter Azizi Saleh yang pada saat itu masih menjabat sebagai Ketua Komisi Teknik KOI. Selanjutnya di gelarlah pertemuan yang di lakukan antara IPVOS dengan PERVID atau singkatan dari Persatuan Volleyball Indonesia Djakarta. Pertemuan ini pun selanjutnya menghasilkan beberapa keputusan sebagai berikut ini:

  1. PERVID dan IPVOS setuju untuk menjadi sponsor atau perintis dari berdirinya induk organisasi nasional bola voli di Indonesia.
  2. Selanjutnya juga menunjuk Wim J. Latumetan sebagai ketua atau pengurus pertama dari induk organisai bola voli di Republik Indonesia.

PBVSI lahir pada tanggal 22 januari 1955 menyusul di adakannya rapat penyusunan induk organisasi permainan bola voli yang tertinggi di Indonesia yang bertempat di Stadion Ikada Jakarta. Pda hari itu juga telah resmi PBVSA lahir dan menjadi induk bola voli dengan susunan kepengurusan seperti di bawah ini:

  • Ketua adalah Wim J. Latumetan.
  • Wakil Ketua adalah Erwin Baharudin.
  • Penulis merangkap bendahara adalah Soewarno.
  • Komisi Pertandingan adalah S. Adi Widjaja.
  • Komisi teknik dan pemilih adalah Da Graza.
  • Anggota antara lain Soemadi, Alimuddin Nasution, W Jocom, R Heinz dan Soebronto.
  • Komisi daerah di Surabaya adalah W. Kho Kuy Liong.

Lalu KOI mengesahkan PBVSI sebagi induk permainan bola voli tertinggi yang ada di Indonesia pada bulan maret tahun 1955. Pada athun 1955 juga PBVSI mendapatkan pengesahan sementara dari FIVB yang merupakan federasi bola voli dunia yang dulunya bertempat di wilayah paris, prancis.

Pada bulan oktober 1959 selanjutnya PBVSI resmi menjadi anggota IVBF yang sekarang sudah berganti nama menjadi FIVB. Pada tahun itu telah ada 64 negera yang sudah bergabung menjadi anggota FIVB. PBVSI sendiri adalah anggota ke-62 yang bergabung.

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakuakn semoga dapat menambahkan pengetahuan untuk anda semua. Dan saya berpesan kepada anda agar selalu mengunjungi infosoalpelajaran saat sedang mencari mengenai soal pelajaran atau pun materinya.

Terima kasih telah mambaca. Sampai jumpa lagi.