Berapa Jumlah Pemain Basket Dan Penjelasan Posisinya Lengkap

Jumlah Pemain Basket – Hai. selamat datang kembali di website infosoalpelajaran yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi pembahasn mengenai berbagai soal pelajaran dan materi pelajaran dari semua tingkatan sekolah di Indonesia.

jumlah pemain bola basket

Dan dalam kesempatan kali ini akan ada pembahasan mengenai jumlah pemain basket. Karena banyak sekali orang yang mencari tahu berapa jumlah pemain basket atau berapa orang jumlah pemain basket?

Bola Basket

Bola basket merupakan olahraga yang dilakukan secara berkelompok dengan dua tim yang berlawanan dengan jumlah masing-masing tim adalah 5 orang dengan cara bertandingnya adalah memasukkan bola ke dalam keranjang untuk mencetak pin sebanyak-banyaknya. Permainan bola basket ini sangatlah cocok untuk di tonton karena pertandingannya di dalam ruangan dan hanya memperlukan venue atau tempat bertanding yang relatif kecil.

Untuk jumlah pemain basket pada umumnya adalah 5 orang untuk setiap timnya, apabila itu dengan sistem permainan 5×5 atau 5 lawan 5. Akan tetapi ada juga variasi permainan bola voli dengan 3 lawan 3. Sistem permainan ini dinamakan three on three dengan masing-masing tim ada 3 orang pemain.

Untuk jumlah pemain ini tentunya telah di atur oleh federasi dunia resmi bola basket, yaitu FIBA. Tujuan di atusnya jumlah pemain ini tentunya agar alur permainan dan juga agar sesuai dengan ukuran lapangan bola basket.

Berikut ini adalah penjelasan yang lebih rinci mengenai jumlah pemain basket:

Jumlah Pemain Basket

Pada permainan bola basket secara umum, satu tim dalam satu pertandingan memiliki 10 orang pemain. Dengan 5 pemain yang bermain di lapangan dan 5 lainnya sebagai pemain pengganti. Akan tetapi apabila pertandingannya lebih besar, maka akan di tambahkan lagi pemain cadangannya menjdi 7. Sehingga totalnya menjadi 12 pemain.

Untuk 5 orang pemain utama yang akan bermain, akan ada satu pemain yang menjai kapten. Lalu tentu saja akan ada seorang pelatih kepala dan asisten pelatih yang bertugas untuk mengatur jalannya permainan tim yang di asuhnya.

Selain itu, di permainan bola basket yang hanya boleh duduk di bangku official tim adalah para pemain cadangan, manager, psikolog, penerjemah, dokter, psikolog dan pencatat statistik pertandingan.

Jumlah Pemain Basket Sistem Permainan 5×5

jumlah pemain basket 5 lawan 5

Sistem pertandingan bola voli 5 lawan 5 ini sudah lama sekali di selenggarakan oleh FIBA. Pertama kali FIBA menyelenggarakan pertandingan ini adalah pada tanggal 1 November 1946 di Kanada. Walaupun sebenarnya sudah ada pembagian mengenaiposisi untuk setiap tim.

Dan seiring dengan perkembangan permainan bola basket membuat sekarang telah ada posisi baru dan masih di pakai sampai sekarang ini. Berikut ini adalah posisi dalam permainan bola basket:

  • Point Guard (PG)
  • Shooting Guard (SG)
  • Small Forward (SF)
  • Power Forward (PF)
  • Center (C)

Kelima posisi yang telah saya sebutkan ini memiliki dua kombinasi untuk sebagai bertahan dan juga menyerang. Untuk kombinasi yang pertama adalah dengan dua penjaga dan satu guard, ini biasanya di sebut dengan duo backcourt. Hal ini dinamakan demikian akrena keduanya akan memulai serangan dari belakang lapangan.

Lalu ada juga kombinasi frontcourt, yaitu dengan kombinasi 3 orang pemain. Untuk pemain pada setiap posisi juga memiliki tugasnya masing-masing. Berikut ini penjelasan mengenai tugas pemain bola basket setiap posisinya:

  1. Point Guard (PG)

Point guard adalah posisi dalam bola basket yang bertugassebagai pembaa bola utama dalam tim. Point guard juga bertugas sebagai pengatur permainan timnya atau bisa di bilang sebagai playmaker. Apabila ingin menjadi seorang point guard yang baik, maka seorang pemain harus memiliki kemampuan dribel, akurasi umpan serta kemampuan melakukan serang mendadak yang baik.

  1. Shooting Guard (SG)

Shooting guard ini adalah posisi dalam permainan bola basket yang berada di sebelah pinggir atau sayap, sering juga disebut sebagai wingman. Sebutan ini tentunya di karenakan oleh posisinya yang berada di wilayah pinggir kanan atau kiri permainan bola basket. Untuk kemampuan yang harus di miliki oleh seorang shooting guard adalah akurasi dalam menembak bola yang baik. Dan tentunya bukan hanya itu, seorang shooting guard juga di tuntut untuk mempunyai kemampuan defense yang baik pula.

  1. Small Forward (SF)

Small Forward memiliki tugas yang sebenarnya hampir mirip dengan shooting guard, selain itu pemai dengan posisi small forward juga di haruskan memiliki skill menembak yang bagus pula.

Biasanya pemain yang berposisi sebagai small forward adalah pemain yang memiliki tipikal tibuh yang tinggi dan berisi akan tetapi juga tetap memiliki pergerakan yang cepat. Hal ini tentunya di karenakan small forward memiliki tugas bertahan dan juga menyerang yang sama banyaknya.

  1. Power Forward (PF)

 Posisi ini mengharuskna para pemainnya untuk memiliki skill melompat yang hebat, skill melompat ini tentunya digunakan saat melakukan rebound atau merebut bola yang gagal masuk ke dalam ring.

  1. Center (C)

 Center ini adalah posisi dalam permainan bola voli yang pemainnya harus yang paling tinggi dalam tim. Tugas yang di ambil oleh pemain dengan posisi ini adalah melindungi area di bawah ring. Selain itu tugas lain dari seorang center adalah untuk merebut bola dan mencetak poin. Seorang pemain dengan posisi center ini akan lebih sering kita lihat berada di area tengah permainan.

Video Permainan Bola Basket 5 Lawan 5

Jumlah Pemain Basket Sistem Permainan 3×3

jumlH PEMAIN BASKET 3 LAWAN 3

 Permainan ini sebenarnya di adopsi oleh permainan bola basket jalanan. Akan tetapi di zaman sekarang juga telah banyak di gemari oleh masyarakat.

Awal mula permainan ini adalah dengan sistem 3 lawan 3 sebenarnya kurang untuk bermain di lapangan. Pada akhirnya munculah ide untuk memainkan basket dengan pemain yang lebih sedikit dalam satu lapangan saja.

 Karena jumlah pemain setiap lawannya hanya 3 orang, maka permainan dengan sistem ini hanya akan menggunakan setengah lapangan saja. Apabila aa pemain yang dapat merebut bola dari lawan, maka ia harus keluar lapangan terlebih dahulu. Setelah itu permainan baru di lanjutkan.

Sekarang permainan bola basket dengan sistem ini memang di laksanakan untuk olahraga ringan dan hiburan saja. Akan tetapi FIBA juga telah serius dalam mengembangkan permainan ini dalam turnamen-turnamen. Untuk turnamen yang telah di laksanakan yaitu di level U-15, U-20 dan pada level usia yang lebih banyak.

 Karena telah di selenggarakan dalam bentuk turnamen, maka tentunya sistem permainan bola basket dengan sistem ini juga membutuhkan peraturan yang lebih sesuai. Hal ini tentunya di karenakan jumlah pemain dan ukuran lapangan yang berbeda.

Baca Juga : Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Video Permainan Bola Basket 3 Lawan 3

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai jumlah pemain basket dalam sistem permainan 5 lawan 5 dan 3 lawan 3.

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai hal ini dan saya berpesan kepada anda untuk seringlah mampir ke website infosoalpelajaran.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi