Pengertian dan Contoh 200 Kalimat Kata Benda Dalam Bahasa Inggris

Kalimat Kata Benda Dalam Bahasa Inggris – Sama seperti pelajaran Bahasa Indonesia yang sudah diajarkan pada Kelas 2 SD yang menjelaskan tentang Kalimat Kata Benda meliputi subjek, objek, predikat dan keterangan. Pada pembahasan Bahasa Inggris, objek disebut sebagai Noun, kata benda yang ada pada sebuah kalimat.

Pengertian kata benda dalam bahasa inggris atau yang bisa disebut Noun adalah suatu kata yang menunjukan nama orang, nama tempat, nama benda atau segala sesuatu yang dibendakan. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi bahwa kalimat bahasa inggris (NOUN) pada dasarnya digunakan sebagai :

  • Subject (Subyek)sebagai subjek (kata benda) yang yang terletak pada sebelum verb (kata kerja, contoh : Tina sings (Lauren menyanyi)
  • Object  (Obyek) sebagai obyek (kata benda) yang terletak sesudah verb (kata kerja) atau bisa setelah kata depan. Contoh : We go to football field everyday (Kami pergi ke lapangan sepak bola setiap hari)

Pembahasan dan Contoh 200 Kalimat Kata Benda Dalam Bahasa Inggris

Gambar Pembahasan dan Contoh Kalimat Kata Benda Dalam Bahasa Inggris
Gambar Pembahasan dan Contoh Kalimat Kata Benda Dalam Bahasa Inggris

Berdasarkan wujudnya kata benda (NOUN) ini dapat dibedakan menjadi :

1. Concrete Noun (Kata Benda Berwujud)

Jenis kata benda dalam bahasa inggris Concrete Noun (Kata Benda Berwujud) yang bisa kita artikan sebuah benda yang memiliki wujud, dapat dilihat dan dapat diraba oleh semua orang. Contoh : Andy (nama orang), shoes (sepatu) dll. Concrete Noun (Kata Benda Berwujud) dibagi nenjadi 4 golongan antara lain :

A. Proper Noun (Kata Benda Nama Diri)

Proper Noun yaitu sebiah kata benda yang menunjukan nama kota, nama orang, perusahaan, sekolah atau nama tertentu lainnya. Pada umumnya Proper Noun ditulis dengan huruf besar (kapital) pada sebuah kata pada awalnya, contohnya : Andi (nama orang), Indonesia (nama negara) dll. Proper Noun ini tidak dibolehkan menggunakan kata kata artikel (kata sedang) “the, a, dan an”. Contohnya : The Andi is a student (salah), yang benar adalah Andi is a student (Andi adalah seorang pelajar).

B. Common Noun (Kata Benda Umum)

Common Noun (Kata Benda Umum) adalah kata benda yang menunjukan suatu benda secara umum atau tidak menentu seperti contohnya : Market (pasar), teacher (guru) dll yang artinya sebagai contoh Market (pasar) yaitu bahwa pasar kata umur dengan kata secara khusus ada banyak sekali jenisnya seperti pasar hewan, pasar moder, pasar tradisional, pasar burung dll.

Common Noun (Kata Benda Umum) ini pasti akan selalu memakai tuisan artikel (kata sedang) “the, a atau an”. Contoh kata benda dalam bahasa inggris Common Noun (Kata Benda Umum) : The boy is my step brother (Anak laki laki itu adalah saudara tiriku)

Dalam Percakapan Bahasa Inggris tentunya Common Noun akan memiliki arti sangat luas dan bisa juga akan berubah artinya. Contoh kata kata benda dalam bahasa inggris Common Noun (Kata Benda Umum) : I saw Police in the park (saya melihat polisi didalam taman). Contoh tersebut (Police) akan mempunyai sebuah arti yang luas yang lebih dari 1 orang. I saw the Police in the park (saya melihat Polisi itu didalam taman), contoh ini menggambarkan bahwa ada 1 orang saja yang berada di taman, berbeda dengan contoh sebelumnya.

Namun ada juga Common Noun (Kata Benda Umum) yang tidak mesti memakai kata sedang, contohnya : a box of pencils(sekotak pensil), by btruck (naik truk) dan shake hands (bersalaman).

C. Collective Noun (Kata Benda Kolektif)

Collective Noun (Kata Benda Kolektif) adalah sebuah kata benda yang menyatakan suatu perkumpulan kelompok seperti contohnya : Audience (hadirin), Team (tim). Collective Noun (Kata Benda Kolektif) merupakan kata benda jamak yang memiliki arti lebih dari satu. Meskipun Collective Noun (Kata Benda Kolektif) menggunakan kata sandang a atau an, maka jika menggunakan Collective Noun (Kata Benda Kolektif) harus dianggap sebagai benda jamak (plural). Maka dari itu kata kerjanya (verb) harus berbentuk jamak yaitu tampa menambahkan “s/es” untuk verb biasa dan memakai to be “are” untuk verb tobe.

Contoh kalimat kata benda dalam bahasa inggris Collective Noun (Kata Benda Kolektif) : The audience give hilarious applous to the magicia (para hadirin memberikan tepuk tangan yang meriah kepada pesulap itu), My class are studying English now (kelasku sedang belajar bahasa inggris sekarang).

Jika Collective Noun (Kata Benda Kolektif) dianggap sebagai satu kesatuan, makan kata kerjanya harus tunggal (singular) yaitu dengan ada penambahan “s/es” dan memakai to be “is” untuk verb tobe. Contoh kata benda dalam bahasa inggris dan artinya Collective Noun (Kata Benda Kolektif) : The audience gives hilarious applaus to the magician (hadirin memberikan tepuk tangan yang meriah kepada pesulap itu), My class is studying English now (kelasku sedang belajar bahasa inggris sekarang).

D. Material Noun (Kata Benda Material)

Material Noun (Kata Benda Material) adalah kata benda yang menyatakan bahan yang bisa diartikan ke bahan mentah atau bahan baku utaman, barang tambang dan lainnya. Contoh kata kata benda dalam bahasa inggris Material Noun (Kata Benda Material) : Gold (emas), iron (besi) dll. Material Noun (Kata Benda Material) dapat digunakan dengan artikel “the”, namun tidak dapat digunakan dengan artikel “a” atau “an”. Contoh kalimat kata benda dalam bahasa inggris Material Noun (Kata Benda Material) :

  • They found the gold on that hill (mereka menemukan emas diatas bukit itu)

2. Abstract Noun (Kata Benda Abstrak)

Abstract Noun (Kata Benda Abstrak) adalah kata benda yang tidak memiliki wujud, tidak dapat dilihat dan tidak dapat diraba. Tapi bisa dibayangkan seperti contohnya : association (perkumpulan), friendship (persahabatan) dll.  Abstract Noun (Kata Benda Abstrak) dapat dibentuk dari kata kerja verb, Kata sifat (Adjective) dan bisa kata benda itu sendiri (Noun). Contoh 50 kata benda dalam bahasa inggris Abstract Noun (Kata Benda Abstrak) :

1. Yang berasal dari Kata Benda (Noun)

  • Partner (rekan) –> Partnership (rekanan)
  • Champion (juara) –> Championshop (kejuaraan)
  • Friend (sahabat) –> Friendsip (persahabatan)
  • Brother (saudara) –> Brotherhood (persaudaraan)
  • Agent (agen) –> Agency (agen)
  • Indonesia (indonesia) –> Indonesian (orang Indonesia)

2. Yang berasal dari Kata Sifat (Adjective)

  • ill (sakit) –> illness (penyakit)
  • Beautiful (cantik) –> Beauty (kecantikan)
  • Kind (baik) –> Kindness (kebaikan)
  • Rude (kasar) –> Rudeness (kekasaran)
  • Sick (sakit) –> Sickness (penyakitan)
  • Patient (sabar) –> Patience (kesabaran)

3. Yang  berasal dari Kata Kerja (Verb)

  • Engage (bertunangan) –> Engagement (pertunangan)
  • Argue (berdebat) –> Argument (perdebatan)
  • Fly (terbang) –> Flight (penerbangan)
  • Differ (membedakan) –> Defference (perbedaan)
  • Enter (masuk) –> Enterance (jalan masuk)
  • Deliver (mengirim) –> Delivery (kiriman)
  • Apply (melamar) –> Applycation (lamaran)
  • Compete (bersaing) –> Competition (persaingan)
  • Train (melatih) –> Training (latihan)
  • Begin (memulai) –> Beginning (permulaan)

4. Abstrac Noun yang bentuknya tidak menurut aturan aturan seperti diatas.

  • High (tinggi) –> Height (tingginya)
  • Long (panjang) –>Lenght (panjangnya)
  • Ambitious (ambisius) –> (Ambition (cita cita)
  • Live (hidup) –> Life (kehidupan)
  • Know (tahu) –> Knowledge (pengetahuan)
  • Laugh (ketawa) –> Laughter (tertawa)

Sedangkan untuk berdasarkan jumlah, kata benda (noun) dapat dibedakan menjadi :

1. Singular Noun (Kata Benda Tunggal)

Singular Noun (Kata Benda Tunggal) adalah sebuah kata benda yang menunjukan benda yang dimaksud jumlahnya hanya memiliki 1. Pada umumnya Singular Noun (Kata Benda Tunggal) ini selalu didahului oleh artikel (kata sedang) “a” atau “an”, tepatnya untuk dugunakan kepada benda yang dapat dihitung dan belum diketahui secara pasti jumlahnya. Contoh kata kata benda dalam bahasa inggris Singular Noun (Kata Benda Tunggal) :

  • a car (Sebuah mobil)
  • a house (Sebuah rumah)
  • an egg (sebutir telur)

Untuk kalimat yang menggunakan verb (kata kerja), bentuk Singular Noun (Kata Benda Tunggal) wajib menggunakan kata kerja tunggal yaitu dengan menambahkan “s/es” untuk kata kerja biasa dan untuk to be “is” digunakan untuk kata kerja tobe. Contoh kata benda dalam bahasa inggris beserta artinya Noun (Kata Benda Tunggal) : The dog under the table drings milk (anjing dibawah meja itu minum susu), Anggi is a teacher (Anggi seorang guru)

2. Plural Noun (Kata Benda Jamak)

Plural Noun (Kata Benda Jamak) adalah kata benda yang menunjukan bahwa jumlah benda tersebut lebih dari 1 atau lebih banyak. Pada dasarnya kata benda ini tidak didahului oleh artikel (kata sandang) “a” atau “an”. Contoh kata benda dalam bahasa inggris dan artinya :

  • Three pensils (tiga buah pensil)
  • Five Soldiers (lima orang tentara)
  • Six horses (enam ekor kuda)

Pada kalimat, baik itu percakapan ataupun artikel yang menggunakan verb (kata kerja), bentuk Plural Noun (Kata Benda Jamak) ini harus menggunakan kata kerja bentuk jamak, yaitu kata kerja yang yang tidak memakai penambahan s/es. Sedangkan untuk kata kerja biasa atau to be “Are” yang  bisa kamu lihat contoh dibawah ini :

  • There are three cats in my house (ada 3 ekor kucing di rumahku)
  • I want to buy six bags (saya ingin membeli 6 buah tas)

Plural Noun (Kata Benda Jamak) dibentuk dari Singular Noun (Kata Benda Tunggal) dengan beberapa cara yaitu :

1. Dengan menambahkan “-s” pada Singular Noun.

Singular NounPlural NounArti
DoorDoorsPintu
BookBooksBuku
PencilPencilsPensil
BagBagsTas
CarCarsMobil
WindowWindowsJendela
DogDogsAnjing
CatCatsKucing

2. Dengan menambahkan “-es” pada Singular Noun yang mempunyai kata berakhiran huruf “o” seperti contoh pada tabel dibawah :

Singular NounPlural NounArti
TomatoTomatoesTomat
MangoMangoesMangga
VolcanoVolcanoesGunung Berapi
BuffaloBuffaloesKerbau
PotatoPotatoesKentang
MosquitoMosquitoesNyamuk

Namun ada juga Singular yang memiliki akhiran huruf “o” tapi hanya dengan ditambahkan “-s” saja, yaitu untuk singular noun yang berakhiran dengan huruf “-o” atau -oo, -oe, -io dan -yo”.

Singular NounPlural NounArti
PianoPianosPiano
RadioRadiosRadio
EmbryoEmbryosJanin
GrottoGrottosGua
TyroTyrosOrang Baru
QuartoQuartosKuarto
SopranoSopranosSuara Sopan

3. Dengan menambahkan “-es”, jika memang Singular Noun berakhiran dengan huruf “-s, -ss, -sh, -ch atau -x”. Bisa liat contoh kata benda dalam bahasa inggris beserta artinya dibawah ini:

Singular NounPlural NounArti
BoxBoxesKotak
BusBusesBus
GlassGlassesGelas
WatchWatchesJam Tangan
ClassClassesKelas
DishDishesMakanan

4. Dengan mengubah huruf akhir “-y” menjadi “-i” dan selanjutnya ditambahkan huruf “-es” jika memang singular noun berakhiran dengan huruf “-y” dan didahului oleh huruf mati. Contoh kalimat kata benda dalam bahasa inggris beserta artinya :

Singular NounPlural NounArti
ButterflyButterfliesKupu Kupu
FlyFliesLalat
LadyLadiesGadis
BabyBabiesBayi
CityCitiesKota
DutyDutiesTugas

5. Dengan menambahkan “-s” jika Singular Noun hufur akhirnya dengan huruf “-y” dan diawali oleh huruf hidup. COontoh 7 kata benda dalam bahasa inggris beserta artinya :

Singular NounPlural NounArti
MonkeyMonkeysMonyet
BoyBoysAnak laki laki
DayDaysHari
ToyToyMainan
KeyKeysKunci
DonkeyDonkeyskeledai

6. Dengan merubah “-f” atau “-fe” menjadi “-ves” jika Singular Noun memiliki huruf akhir “-f” atau “-ef”. Contoh kosa kata benda dalam bahasa inggris beserta artinya :

Singular NounPlural NounArti
LifeLivesKehidupan
WolfWolvesSerigala
ShelfShelvesRak
LeafLeavesDaun
WifeWivesIstri
CalfCalvesAnak Sapi

7. Ada beberapa kata benda yang memiliki bentuk Plural Noun sama dengan bentuk Singular Noun, seperti contoh kata benda dalam bahasa inggris dan artinya dibawah ini :

Singular NounPlural NounArti
SheepSheepBiri Biri
DeerDeerRusa
HundredHundredSeratus

8. Ada beberapa kata benda yang tidak selalu berbentuk Plural Noun dan tidka mempunyai bentuk Singular Noun seperti contoh dibawah ini :

  • Shoes (Sepatu)
  • Trousers (Celana)
  • Mathematics (Ilmu pasti)
  • Physics (Ilmu alam)

Sedangkan untuk berdasarkan  jenisnya maka kata beda (Noun) dapat dikelompokan menjadi 2 yaitu :

1. Countable Noun (Kata Benda Dapat Dihitung)

Countable Noun (Kata Benda Dapat Dihitung) adalah sebuah kata benda yang dapat dihitung jumlahnya dengan huruf angka contohnya : Car (mobil), Bicycle (Sepeda), Horse (Kuda), Boy (Anak laki laki), Cow (Sapi) dll.

2. Uncountable Noun (Kata Benda Tidak Dapat Dihitung)

Uncountable Noun (Kata Benda Tidak Dapat Dihitung) adalah sebuah kata benda yang tidak dapat dihitung jumlahnya dengan angka contohnya : Coffe (Kopi), Butter (Mentega), Rain (Hujan) dll.

Sedangkan untuk menurut jenis pada kelamin, kata benda (noun) dapat dibedakan menjadi beberapa gender yaitu :

1. Masculine and Feminine Gender (Jenis kelamin laki laki dan wanita)

Masculine Gender adalah sebuah kata benda yang bisa digolongkan dalam jenis kelamin laki laki, sedangkan untuk Feminine Gender adalah kata benda yang dikategorikan dalam jenis kelamin perempuan atau wanita seperti contoh 20 kata benda dalam bahasa inggris beserta artinya dibawah ini :

MasculineFeminine
Man (Laki laki)Woman (Wanita)
Son (Anak lelaki)Daughter (Anak wanita)
Boy (Remaja Laki laki)Girl (Remaja perempuan)
Brother (Saudara laki laki)Sister (Saudara wanita)
Husband (Suami)Wife (Istri)
Father (Ayah)Mother (Ibu)
Mister (Tuan)Mistress (Nyonya)
Uncle (Paman)Aunt (Bibi)
Sir (Tuan)Madam (Nyonya)
Gentleman (Tuan)Ladies (Nyonya)
Male (Laki laki)Female (Perempuan)
King (Raja)Queen (Ratu)
Earl (Pangeran)Countess (Putri)
Ox (Sapi jantan)Cow (Sapi betina)
Cock (Ayam jantan)Hen (Ayam betina)
Lion (Singa jantan)Lioness (Singa betina)
Grand Father (Kakek)Grand Mother (Nenek)
Step Father (Ayah tiri)Step Mother (Ibu tiri)
Actor (Aktor)Actress (Aktris)

2. Common Gender (Jenis Kelamin Umum)

Common Gender (Jenis Kelamin Umum) adalah sebuah kata benda yang bisa juga disebut kelamin laki laki maupun kelamin perempuan seperti kosa kata benda dalam bahasa inggris beserta artinya dibawah ini :

  • Teacher (Guru)
  • Student (Siswa)
  • Friend (Teman)
  • Children (Anak anak)
  • Dan lain lain masih banyak contohnya

3. Neuter Gender (Jenis Kelamin Netral)

Neuter Gender (Jenis Kelamin Netral) adalah sebuah kata benda yang tidak membedakan jenis kelamin contohnya :

  • Door (Pintu)
  • Car (Mobil)
  • Book (Buku)
  • Table (Meja)

Sekian dulu pembahasan tentang Pengertian dan Contoh 200 Kalimat Kata Benda Dalam Bahasa Inggris beserta artinya A sampai Z yang sangat lengkap dan jelas. Mudah mudahan artikel saya kali ini bisa dimengerti ya dan bisa buat kamu belajar sendiri dirumah. Jangan lupa berkunjung lagi ke Infosoalpelajaran ya karena semua edukasi pembelajaran ada semua.