Pakaian Adat Bangka Belitung, Tarian, Senjata, Rumah Dan Penjelasannya Lengkap 2018

Pakaian Adat Bangka Belitung – Halo teman-teman, selamat datang kembali di infosoalpelajaran, yang mana merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi tentang pembahasan dari materi pelajaran dan soal dari berbagai macam tingkatan sekolah yang ada di Indonesia.

baju kurung bangka belitung

Dan untuk kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai pakaian adat bangka belitung, yang di dalamnya berisi juga tentang pembahasan mengenai nama pakaian adat bangka belitung, baju kurung bangka belitung, baju adat bangka belitung anak, tarian adat bangka belitung, senjata adat bangka belitung, rumah adat bangka belitung, dan gambar pakaian adat bangka belitung dan penjelasannya.

Pakaian Adat Bangka Belitung Beserta Penjelasannya

Provinsi Bangka Belitung merupakan sebuah provinsi yang terletak di selat Malaka. Pada dahulu, provinsi ini merupakan bagian dari provinsi sumatera selatan yang lalu memutuskan untuk memisahkan diri.

Provinsi ini disahkan pada tanggal 9 februari 2009. Terdiri dari 470 pulau, dengan dua pulau besar yang terkenal, yaitu pulau bangka dan pulau belitung.

Letaknya sangatlah strategis karena berada di jalur perdagangan laut, sehingga memiliki corak kebudayaan yang sangat beraneka ragam dan juga unik. Kebudayaan yang berakulturasi di Bangka belitung adalah budaya tiongkok, Arab dan juga melayu sehingga memiliki banyak corak yang khas. Termasuk juga pakaian adat bangka belitung.

Berikut ini gambar pakaian adat bangka belitung dan penjelasannya.

1. Pakaian Adat Bangka Belitung Untuk Pengantin Laki-Laki

pakaian adat bangka belitung pria
Sumber : mybeautifulisland-lover.blogspot.com

Pakaian adat Bangka belitung yang digunakan untuk pengantin Laki-laki terdiri dari sebuah jubah yang berwarna merah tua. Jubah ini delengkapi dengan sebuah selendang yang disampirkan pada bahu bagian kanan.

Sementara itu, untuk bawah pakaian adat bangka belitung adalah memakai sebuah celana dengan warna yang sama dengan atasan yang di gunakan.

Untuk jubah mau pun celana yang digunakan oleh pengantin laki-laki pada pakaian adat Bangka belitung temtunya juga dilengkapi dengan beberapa aksesoris, sama halnya dengan pakaian adat untuk perempuan.

Selain itu, pakaian adat Bangka belitung untuk pengantin laki-laki ini juga memakai sepasang sandal khas dari Arab yang sering disebut dengan Pending selop.

2. Baju Adat Bangka Belitung untuk Pengantin Wanita

pakaian adat bangka belitung wanita

Pakaian adat Bangka belitung untuk pengantin wanita disebut dengan seting. Baju seting ini sering dipadukan dengan bawahan yang sering isebut dengan kain cual. Baju seting ini merupakan perpaduan dari beberapa budaya, sementara itu kain cual adalah kain asli dari Bangka Belitung.

Untuk bahan yang digunakan membuat baju seting khas Bangka belitung ini adalah dengan menggunakan kain sutera atau kain beludru. Sedangkan untuk membuat kain ical, bahan yang digunakan adalah kain besusur dan juga kain lasem yang metode pembuatannya dengan tenun ikat khas Bangka Belitung.

Untuk motif yang ada dalam baju adat Bangka belitung untuk pengantin perempuan terdiri dari dua motif. yaitu motif kosong atau motif bekecak dan juga motif corak penuh atau motif penganten bekecak.

Selain memakai kain cual, baju pengantin perempuan untuk  pakaian adat Bangka belitung memiliki beberapa tambahan atau aksesoris sebagai berikut:

  • Mahkota berwarna emas yang ditambahi dengan ornamen khusus yang disebut dengan paksian.
  • Penutup dada atau teratai yang dikenakan pada pakaian adat.
  • Memakai beberapa hiasan kepala, seperti hong, daun bumbu, sari bulan, kuntum cempaka, kembang goyang dan pagar tenggalung.
  • Kalung anting yang panjang.
  • Memakai hiasan yang dipakai disamping telinga kanan dan kiri yang disebut sepit udang.
  • Ikat pinggang yang disebut Gelang pending.
  • Hiasan ronce melati.

Video Pengantin Bangka Belitung

Baca juga : Pakaian Adat Aceh

Tarian Adat Bangka Belitung

Provinsi Bang Belitung memiliki beberapa tarian adat, seperti yang berikut ini:

1. Tari Sepen

tari sepen

Tari sepen merupakan tarian khas dai Bangka belitung yang digunakan untuk menyambut tamu kehormatan yang datang ke Bangka belitung.

Tari sepen sangatlah kental dengan adat dan budaya melayu, mulai dari gerakan tari yang memiliki unsur seperti gerakan pencak silat, kostum untuk penari sampai dengan musik pengiringnya juga bernuansa melayu.

Dalam tari Sepen biasanya ditarikan oleh penari wanita yang berpasangan, akan tetapi ada juga yang menampilkan tarian sepen dengan pasangan pria dan wanita.

Video Tari Sepen:

2. Tari Men Sahang Lah Mirah

tari mensahang lah mirah

Tarian ini adalah sebagai bentuk suka ria dari rakyat Bangka belitung saat sedang panen lada putih atau biasa disebut dengan sahang.

Dengan menarikan tarian ini, masyarakat Bnagka belitung memanjatkan piji syukur kepada Tuhan Yang Maha Pencipta alam semesta.

Video Tari Men Sahang Mirah:

3. Tari Campak

tari campak

Tari campak adalah tarian khas Bngka belitung yang digunakan juga untuk sebagai penggambaran rasa suka ria dan pergaulan muda mudi. Tarian ini biasanya dibawakan oleh penari laki-laki dan perempuan dengan menggunakan ekspresi yang gembira.

Tari campak diiringi dengan musik dari beberapa alat tradisional seperti kendang dan gong, selain itu juga ada yang memakai akordion dan juga biola yang bergabung dengan sangat harmonis untuk mengiringi tarian ini.

Kostum penarinya adalah dengan menggunakan kostum yang memliki gaya melayu campuran eropa. Untuk penari laki-laki menggunakan kostum dengan gaya melayu, sedangkan penari wanita memakai kostum dengan gaya  eropa.

Tarian campak biasanya digunakan pada acara pernikahan atau pun acara penyambutan tamu oleh masyarakat Bangka belitung.

Video Tari Campak:

4. Tari Beripat

tarian adat bangka belitung tari beripat

Tari beripat sangat menunjukkan gerakan yang sangat tangkas, dan cenderung memang sebagai adu ketangkasan. Tri ini dibawakan oleh dua orang dengan memakai properti seperti rotan.

Para penari laki-laki akan saling memukulkan rotan ke arah punggung dari lawan tarinya. Siapa pun yang memiliki luka di punggung yang paling sedikit, maka dialah yang jadi pemenangnya.

Video Tari Beripat:

Senjata Adat Bangka Belitung

Berikut ini adalah beberapa senjata adat khas dari Bangka belitung:

1. Parang Bangka

parang bangka

Parang adalah senjata yang sering ditemui di Indonesia. Parang juga dapat ditemui di jawa, misalnya golok Banten.

Namun parang yang berasal dari Bangka Belitung ini tentunya memiliki beberapa ciri khas yang membedakan dengan golok ciomas yang berasal dari Banten. Parang bangka belitung memiliki bentuk seperti kapal kecil.

Senjata ini digunakan untuk pertarungan jarak pendek. Walaupunkalu kita lihat sekilas memiliki bentuk yang sama dengan golok banten, sebenarnya parang Bangka ini dibuat lebih lebar dan berat dengan tujuan agar sasaran yang akan di serang dapat terpotong dengan lebih cepat.

Parang ini memiliki diameter sekitar 40 cm yang juga dapat digunakan untukmenebang pohon, karena bobot ujungnya lebih berat dan juga lebih besar.

Di daerah Belitung ada produksi parang yang cukup terkenal, yaitu parang Badau. Sebenarnya saat ini hanya sedikit saja orang yang masih meproduksi parang badau, mereka yang masih memprodksi parang badau biasanya merupakan pengrajin turunan dari keluarganya dari zaman dahulu.

2. Kedik

kedik

Kedik adalah sebuah senjata yang umumnya digunakan dalam bidang pertanian tradisional di Bangka Belitung. Kedik juga sering digunakan di perkebunan lada.

Dalam tata cara pemakaiannya, seorang pengguna haruslah berjongkok terlebih dahulu lalu bergerak maju-mundur atau dengan gerakan menyamping. Taruh alat ini ditanah lalu tarik kebelakang.

Alat ini terbilang sangat efektif apabila digunakan untuk membersihkan tanaman hama atau penggangu pada tanaman lada. Kedik biasanya lebih banyak digunakan oleh wanita karena alatnya kecil dan ringan.

Kedik biasanya hanya digunakan untuk rumput yang kecil saja, tidak biasa digunakan untuk rumput yang tinggi seprti ilalang.

3. Siwar

senjata adat bangka belitung

Siwar adalah senjata yang bentuknya sangat mirip dengan golok  panjang. Siwar dibedakan dari ukuran panjang dan juga pendeknya. Ada siwar yang bentuknya panjang yang menyerupai mandau yang berasal dari Kalimantan barat tapi tidak bengkok.

Ukurannya rata, lurus dan pipih serta sangat ringan untuk diayunkan. Senjata ini dapat digunakan untuk pertarungan dengan jarak yang dekat.

Ukuran panjang,tebal serta beratnya pun sangat disesuaikan dan dirancang secara khusus dan pembuatannya tidak sembarangan, disesuaikan dengan orang yang akan menggunakannya.

Keistimewaan lainnya adalah memiliki 2 mata sisi yang sangat tajam yang memang dulunya digunakan untuk pertempuran pada zaman dahulu saat melawan para penjajah.

Ada juga siwar pendek yang panjangnya seukuran dengan keris dan memiliki ujung yang runcing dan digunakan untuk pertarungan jarak dekat, dengan maksud menusuk lawan.

Bagian tengahnya berbentuk lengkung yang dimaksudkan untuk merobek. Siwar pendek ini sangat tajam karena memiliki ketebalan yang sangat tipis sekali.

Baca juga : Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris

Rumah Adat Bangka Belitung

Provinsi Bangka belitung memiliki 3 rumah adat yang sangat terkenal. Bangunan tradisionalnya sering disebut dengan Rumah Adat Bangka Belitung.

Untuk ketiga rumah adat ini sebenarnya memiliki beberapa kesamaan dari budaya melayu, akan tetapi juga memiliki beberapa perbedaan dari segi arsitekturnya. Berikut ini penjelasannya:

1. Rumah Panggung

rumah adat panggung
Sumber : http://meandyouculture.blogspot.com

Rumah panggung khas Bangka belitung ini memiliki gaya arsitektur melayu awal, Melayu bubungan limas dan juga Melayu bubungan panjang.

Bahan pembangunannya adalah dengan menggunakan kayu, rotan ,bambu, dedaunan, akar pepohonan dan juga memakai beberapa alang-alang.

Untuk atapnya, dibuat tinggi dan sedikit miring. Berandanya berada di depan rumah dengan jumlah jendela dan bukaan yang cukup banyak. Bagian dalam rumahnya ada rumah induk atau ibu dan juga terdapat juga rumah dapur.

Rumah panggung ini memiliki 9 falsafah 9 tiang. Karena pada umumnya memang terdapat 9 tiang di dalam rumah panggung. Untuk tiang utama, berada tepat di bagian tengah rumah. Dinding rumahnya lazim menggunakan bahan dari pelepah kayu, lazim juga dijumpai yang berbahan bambu atau buluh.

Dan uniknya lagi, rumah panggung khas Bangka belitung ini tidak dipermanis dengan menggunakan cat sama sekali.

2. Rumah Limas Khas Bangka Belitung

rumah adat limas

Rumah adat Limas ini merupakan bangunan yang diadopsi dari provinsi sumatera selatan. Karena memang Bangka belitung dulunya merupakan bagian dari otonomi daerah Sumatera selatan.

Ciri khas yang akan dengan sangat mudah kita temukan adalah atapmya yang berbentuk limas. Beberapa rumahnya memiliki ketinggian lantai yang berbeda dan sering disebut dengan bengkilas.

Perbedaan ketinggian lantai ini adalah sebagai tanda dari tmu yang memasuki ruangan itu. Lantai yang paling tinggi digunakan untuk acara atau punkepentingan keluarga seperti hajatan. Sedangkan untuk tamu, biasanya hanya diterima di lantak kedua atau pun hanya di teras saja.

3. Rumah Rakit Khas Bangka Belitung

rumah adat rakit

Seperti namanya, Rumah rakit ini adalah sebuah rakit yang diatsnya dibangun sebuah rumah. Rumah ini digunakan sebagai tempat tinggal dan juga untuk beberapa kegiatan ekonomi. Bahan yang digunakan lazimnya adalah bambu, karena bambu memiliki daya apung yang sangat bagus sebagai pelampung rumah. Bambu yang sering digunakan adalah jenis Bambu Manyan. Namun ada juga yang memakai balok kayu.

Bahan dinding yang digunakan adalah dari bahan papan kayu, atapnya terbuat dari kulit atau pun dedaunan yang dianyam. Rumah rakit terbilang sangat unik, karena letaknya diatas air dan terapung, rumah ini juga tidak menetap pada satu titik lokasi tertentu saja.

Demikianlah pembahsan saya mengenai pakaian adat Bangka Belitung, yang didalamnyaterdapat juga pembahasan mengenai nama pakaian adat bangka belitung, baju kurung bangka belitung, baju adat bangka belitung anak, tarian adat bangka belitung, senjata adat bangka belitung, rumah adat bangka belitung, dan gambar pakaian adat bangka belitung dan penjelasannya.

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai pakaian adat Bangka belitung. Dan saya berpesan kepada anda untuk sering-seringlah datang ke website infosoalpelajaran, apabila sedang mencari informasi mengenai materi pelajaran semua tingkatan sekolah.

Terima kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.