Pakaian Adat Bengkulu, Suku, Makanan Khas, Alat Musik Dan Tarian Lengkap 2018

Pakaian Adat Bengkulu – Hai, selamat datang kembali diinfosoalpelajaran, yang merupakan sebuah website yang didalamnya terdapat berbagai macam pembahasan mengenai info soal pelajaran serta materi-materi pelajaran dari berbagai tingkatan sekolah di  Indonesia.

nama pakaian adat bengkulu wikipedia

Dan dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai pakaian adat bengkulu, yang di dalamnya juga ada pembahasan mengenai nama pakaian adat bengkulu, suku adat di bengkulu, pakaian adat bengkulu selatan, makanan khas bengkulu, alat musik khas bengkulu dan tarian adat bengkulu.

Baca juga : Pakaian Adat Banten

Bengkulu Suku Apa?

Bengkulu adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang beribukota di Kota Bengkulu. Kota ini adalah kota terbesar yang kedua di daerah pantai barat Pulau Sumatera, setelah Padang.

Pada zaman dahulu, kota dan kawasan ini merupakan wilayah kekuasaan dari Kerajaan Inderapura dan juga Kesultanan Banten. Namun, kemudian dikuasai oleh Inggris sebelum diserahkan kepada pemerintah Kolonial Belanda.

Banyak selaki orang yang bertanya -tanya mengenaiapa saja suku yang mendiami provinsi Bengkulu. Dan di Bengkulu, sebenarnya suku di abaengkulu dikelompokkan menjadi dua suku, yaitu suku asli dan juga pendatang.

Bahasa yang sering digunakan adalah bahasa Rejang, yang sebagian besar memang dipahami oleh penduduk asli, selain itu, bahasa melayu, bahasa serawai dan tentunya bahasa Indonesia juga sering digunakan disini.

Dan berikut ini adalah suku-suku asli atau pribumi yang ada di provinsi Bengkulu:

  1. Mukomuko, suku ini dapat kita temukan di daerah kabupaten mukomuko.
  2. Pekal, suku ini dapat kita temui di wilayah kabupaten mukomuko dan juga di Bengkulu utara..
  3. Rejang, dapat kita temui di daerah Bengkulu utara, kepahiang, rejang lebong dan wilayang lebong.
  4. Lembak, Berasal dari kota Bengkulu dan Rejang lebong.
  5. Serawai, Berada di kabupaten seluma dan bengkulu selatan.
  6. Basemah, dapat kita temui di wilayah Bengkulu selatan dan kaur.
  7. Kaur, sesuai namanya, suku ini berasal dari kabupaten kaur.

Selain suku-suku asli, juga dapat kita temui suku pendatang yang diantaranya ada suku melayu, bugis, madura, jawa, batak, sunda, dan lain-lainnya.

Nama Pakaian Adat Bengkulu Dan Penjelasannya

Berikut ini adalah pakaian adat Bengkulu atau pun pakaian adat bengkulu untuk pengantin:

1. Pakaian Adat Bengkulu

  • Pakaian adat Bengkulu untuk Laki-lakipakaian adat bengkulu laki-lakiUntuk pakaian ini terdiri dari jas, sarung, celana panjang, alas kaki, dan tentunya akan dilengkapi lagi denganpnutup kepala serta senjata sejenis keris. Jas yang digunakan warnanya cenderung gelap misalnya warna hitam atau biru tua dan berbahan dasar wol. Untuk bawahannya yang berupa celana juga memiliki warna yang sama dengan atasannya.
  • Pakaian adat Bengkulu Untuk Perempuanpakaian adat bengkulu perempuanPakaian adat yang digunakan untuk perempuan berupa baju kurung lengan panjang yang berbahan dasar dari bahan beludru. Pakaian ini memiliki corak serta sulaman emas. Pemakaian baju ini dipadukan dengan kain songket berhias benang emas.

2.Pakaian Pengantin Bengkulu

baju adat bengkulu modern

  • Pakaian Adat Bangkulu Untuk Pengantin Laki-laki. Pakaian untuk pengantin ini terdiri dari jas yang berbahan beludru dengan warna merah tua atau biru tua yang memiliki corak sulaman lempengan emas. Dan dipadukan dengan celana sebatas lutut seta kain songket yang akan dililitkan di pinggang. Sebagai hiasan juga akan dipakaikan kalung bersusun dan juga mahkota, memakai alas kaki beludru yang memiliki corak keemasan, memakai gelang emas di tangan kanan, serta yang terkahir yaitu memakai keris.
  • Pakaian Adat Bengkulu Untuk Pengantin Perempuan. Pakaian pengantin untuk perempuan ini berbahan dasar kain beludru, dengan warna yang sama dengan pengantin pria, lalu untuk pengantin perempuan juga akan dipakaikan mahkota keemasa, dan juga akan dipakaikankalung bersusun, ikat pinggang, gelang emas pada kedua tangan. Serta memakai selop bersulam emas sebagai alas kakinya.

Apa Nama Makanan Khas Bengkulu?

Bangsa Indonesia memiliki beragam kekayaan dari segi kuliner, termasuk di provinsi Bengkulu. Dan berikut ini adalah makanan khas bengkulu yang wajib anda ketahui dan coba:

  1. PendapApa nama makanan khas Bengkulu 1Pendap memiliki cita rasa yang pedas, bahan dasarn pembuatannya adalah ikan ikan yang dicampur dengan bawang putih, kencur, cabai giling, kelapa muda, yang lalu akan dimasak di dalam balutan daun talas.
  2. Gulai Kemba’angApa nama makanan khas Bengkulu 2Gulai ini merupakan makanan yang berkuah, yang bahan utamanya adalah daging iga sapi. Biasanya makanan ini dibuat pada acara atau waktu yang spesial misalnya saat lebaran.
  3. TempoyakApa nama makanan khas Bengkulu 3Tempyak adalah hasil fermentasi dari buah durian. Dari segi rasa memiliki cita rasa yang sedikit asam , dan biasanya digunakan sebagai bahan tambahan untuk masakan. Akan tetapi, ada juga beberapa orang yang membuatnya untuk campuran sambal.
  4. LemaApa nama makanan khas Bengkulu 4Lema juga merupakan hasil dari fermentasi. Akan tetapi lema tidak menggunakan durian, melainkan menggunakan rebung yang dicincang lalu akandicampur dengan ikan air tawar.
  5. Bagar HiuApa nama makanan khas Bengkulu 5Bagar Hiu bahan utamanya tentu saja adalah daging ikan hiu punai atau hiu tanduk. Konon katanya, makanan ini adalah salah satu makan favorit dari mantan Presiden Soekarno saat beliau diasingkan pada tahun 1938-1942.

Apa Nama Alat Musik Bengkulu?

Alat musik yang ada di provinsi Bengkulu antara lain adalah Akordio, Ceger, Doll Hermanium, Kulintang atau Kelintang, Kulintang kayu, Gambus, Gendang, Serunai kuningan, Serunai, Rdap, Kerincing, Rebana, Gendang panjang dan juga Genderang perang.

Berikut ini adalah beberapa alat musik dari provinsi Bengkulu dan penjelasannya:

  1. Akordion atau Hermanium. Akordion berbentuk persegi panjang, yang bahannya adalah kayu, kertas, alumunium dan besi. Digunakan sebagai alat tradisional.
  2. Ceger. Alat musik ini terbuat dari kuningan, dan berbentu pipih. Cara memainkannya adalah dengan dipukul. Cegermerupakan perlengkapan alat musik kromong dari suku lembak.
  3. Doll. Alat musik ini berbentu seperti bedug. Bentuknya adalah setengah lonjong dengan hiasan warna-warni. Bahan pembuatannya adalah dari kayu bonggol kelapa.
  4. Kelintang. Alat musik pukul yang satu ini terbuat dari kuningan dan juga kayu. Alat musk ini dimainkan saat upacara pernikahan.
  5. Kulintang kayu. Alat musik ini berbentuk persegi panjang denga lima nada. Alat musik ini sring digunakan sebagai pengiring tari gandai.
  6. Gambus. Bahan pembuatannya adlah dari kayu, yang berbentuk seperti gitar dengan bagian belakan yang cembung. Memiliki 9 senar dan lubang yang lebih dari 3. Biasanya gambus digunakan untuk mengiringi lagu.
  7. Gendang Panjang. Bahan pembuatannya adalah dari batang kelapa, kulit, kayu, dan juga rotan. Bentuknya adalah bundar dan berwarna putih serta cokelat. Cara memainkannya adalah dengan dipukul. Alat musik ini sering dimainkan saat ada acara adat.
  8. Genderang perang. Genderang ini ditemukan di Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu utara, dan sekaran di pajang di Nuseum Negeri Bengkulu.
  9. Rebana Kerincing. Alat musik ini terbuat dari bahan kulit, kuningan, kayu dan juga logam. Bentuknya adalah bundar dengan warna cokelat.
  10. Redap. Alat musik ini terbut dari kayu, yang sebenarnya masih sejenis dengan rebana. Redap sering dimainkan saat ada acara kesenia safaral anam, yaitu pelantunan ayat suci Al Quran.
  11. Serunai. Serunai merupakan alat musik tiup yang berbahan kuningan dan temourung kelapa. Memiliki bentuk silinder. Salah satu bagianny berbentuk seperti corong dengan 6 lubang nada. Serunai sering dimainkan sebagai pengiring saat ada acara penikahan.
  12. Serunai Kuningan. Memiliki bentuk seperti terompet yang mengerucut dengan pangkal yang melebar. Bahan pembuatannya adalah kuningan. Alat ini sering digunakan untuk pengirin acara pernikahan. Serunai ini ditemukan Di Bengkulu Slatan dan sekaran berada di Museum Negeri Bengkulu.
  13. Tassa. Alat musik ini terbuat dari tembaga, plat besi atau bisa juga dengan alumuinum. Bisa juga dengan kuali yang ditutup denga menggunakan kulit kambing yang telah dikeringkan. Alat ini memiliki bentu seperti rebana, dimainkan bersamaan dengan doll sebagai pengiring untuk acara tabot.

Tarian Adat Bengkulu

  1. Tari Andun. Tari andun telah ditarikan oleh masyarakat bengkulu dari zaman dahulu kala. Tari ini sebenarnya digunakan sebagai sarana pergaulan untuk pemuda dan pemudi yang ingin mencari jodoh. Tarian ini dilakukan oleh pemuda dan pemudi pada malam hari di acara pernikahan. Namun pada masa sekarang lebih digunakan untuk tarian hiburan. Alat musik pengiringnya dengan menggunakan kolintang. Berikut ini adalah video tari Andun:
  2. Tari Ganau. Tari ganau merupakan tari yang diiringi dengan musik, dan dominasinya adalah dengan alat musik seperti mandolin, rebab, dan kendang dengan irama melayu. Tarian ini dimainkan oleh sekelompok pria dan wanita. Diawali dengan gerakan yang lambat dan akan diakhiri dengan tempo yang lebih cepat. Ciri khas tari ini adalah keharmonisan gerakannya dengan iringan musik yang ada. Berikut iniadalah video tari Ganau:
  3. Tai Kejei. Tari kejei adalah tarian yang dimainkan untuk merayakan panen raya. Dimainkan oleh muda-mudi pada malam hari, dan akan diberi penerangan berupa lampion. Berikut ini adalah video tati kejei:
  4. Tari persembahan. Tari ini terinspirasi dari tari kejei, yang pada zaman dahulu digunakan untuk penyambutan tamu pada upacara adat. Berikut ini adalah video tari persembahan bengkulu:
  5. Tari Lanan Belek. Tari ini terinspirasi dari seorang bidadari yang terpaksa ditinggal, saa sedang mandi dengan teman-temannya. Hal ini terjadi karena selendangnya dicuri oleh seorang pemuda. Suatu saat ia berhasil menemukan selendangnya dan akhirnya kembali pulang meninggalkan si pemuda. Berikut ini adalah tari lanan:

Demikianlah pembahasan saya mengenai pakaian adat bengkulu, yang di dalamnya juga saya bahas mengenai nama pakaian adat bengkulu, suku adat di bengkulu, makanan khas bengkulu, alat musik khas bengkulu dan tarian adat bengkulu.

Baca Juga : Grammar Bahasa Inggris

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai pakaian adat bengkulu ini. Dan saya berpesan kepada anda semua agar sering-seringlah berkunjung ke website infosoalpelajaran, apabila anda sedang mencari tahu tentang materi pelajaran dari berbagai tingkatan sekolah di Indonesia.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.