Pakaian Adat Betawi Pria Dan Wanita Beserta Penjelasannya Lengkap Terbaru 2018

Pakaian Adat Betawi – Hai kawan-kawan,selamat datang kembali di infosoalpelajaran,yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai pembahasan dari soal pelajaran dan juga materi-materi pelajaran dari berbagai macam tingkatan sekolah yang ada di Republik Indonesia.

pakaian adat betawi

Dan dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai pakaian adat betawi, yang di dalamnya juga akan berisi pembahasan mengenai nama pakaian adat betawi, pakaian adat betawi pria, pakaian adat betawi wanita, dan foto pakaian adat betawi.

Pakaian Adat Betawi Dan Penjelasannya

Kebudayaan yang bersifat tradisional memang sangatlah harus kita lestarikan. Beriringan dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, kebudayaan tradisional pasti akan semakin tergeser eksistensinya di masyarakat.

Karena memang kehidupan di zaman sekarang lebih mementingkan dunia dan juga kehidupan yang lebih modern.

Kita bisa mengambil contoh dari segi berbusana sehari-hari, pastinya kita sudah jarang sekali menemukan yang namanya orang yang memakai pakaian adat betawi pada kehidupan sehari-harinya.

Bahkan saat sedang menggelar acara pernikahan, sudah jarang sekali ditemukan pernikahan yang menggunakan pakaian adat betawi, kebanyakan sekarang sudah memakai pakaian modern, yang berupa jas dan gaun.

Memang begitulah, orang-orang sekarang lebih memilih menggunakan pakaian yang lebih modern dari pada menggunakan pakaian adat. Mulai dari pengantinnya, adat istiadat, sampai dengan makanan yang disajikan untuk tamu.

Di seluruh Indonesia, hampir semuanya memiliki kebudayaannya sendiri-sendiri yang telah diwariskan oleh nenek moyang. Tidak hanya kebudayaan mengenai pakaian adat, akan tetapi juga kebudayaan yang lainnya yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Meskipun tradisi dan kebudayaan perlahan-lahan semakin dilupakan, tapi pasti tetap ada saja segelintir orang yang tetap berjuang untuk melestarikannya.

Salah satunya adalah budaya betawi yang memiliki ciri khas dengan pakaian adat betawinya. Di tengah hiruk pikuknya kehidupan ibukota di zaman sekarang, kebudayaan betawi masih tetap dilestarikan hingga saat ini.

Hal ini dapat kita lihat pada acara di stasiun TV yang sering menayangkan acara dengan pemain yang memakai pakaian adat betawi.

Ada berbagai macamacara yang dilaksanakan untuk melestarikan budaya betawi, salah satunya adalah ondel-ondel, pencak silat, hingga pelestarian pakaian adatnya yang sering dipakai oleh muda mudi saat ada acara abang none.

Baca Juga : Soal Matematika Kelas 5 SD

Berikut ini adalah pakaian adat Betawi untuk pria dan juga wanita:

Pakaian Adat Betawi Pria

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, masyarakat pasti memiliki pakaian kesehariannya masing-masing. Pakaian adat untuk pria dan juga wanita tentunya memiliki berbagai macam perbedaan.

Untuk masyarakat betawi, pakaian yang lazim digunakan untuk pria adalah pakaian yang terdiri dari sadariah, atau pakaian sejenis koko yang sering dipakai oleh masyarakat umum dan untuk bawahannya menggunakan celanakomprang yang ukurannya tanggung.

Dan untuk tambahan aksesorisnya, biasanya pria akan menggunakan sarung yang di gulung lalu diikatkan di pinggang. Lalu menggunakan sabuk berwarna hijau dan memakai peci.

Yang menjadi ciri khas dari pakaian untuk pria adalah pemakaian peci yang berwarna merah, akan tetapi ada juga orang yang memakai peci berwarna hitam

  • Sadariah
    pakaian adat betawi laki laki sadariah
    Sumber : https://www.silontong.com

    Sadariah merupakan pakaian atasan yang digunakan oleh pria di masayarakat betawi yang berupa baju koko, sebenarnya kalau kita melihat sekilas, desainnya hampir sama dengan baju koko pada umumnya. Namun ada juga perbedaan yang tidak dapat kita lihat sekilas. Sadariah adalah pakaian yang tidak memiliki motif atau polos atau hanya memiliki satu warna saja. Dan ternyata, apabila akan memakai sadariah ada syaratnya, pakaian sadariah ini hanya boleh di pakai oleh pria betawi yang sering dipanggil abang, atau dengan kata lain hanya dipakai oleh pria dewasa saja.

  • Celana Kain Dengan Motif Batikpakaian adat betawi laki laki celanaCelana ini merupakan celana yang memiliki kolor dengan karet yang berada di bagian pinggang. Celana kolor inilah yang sering dipakai oleh masyarakat betawi. Untuk panjangnya, biasanya hanya selutut atau ukuran yang tanggung. Motif yang dipakai sangatlah sederhana dan warnanya pun tidak terlalu mecolok dan tidak terlalu ramai. Secara umum, warna kain yang digunakan untuk membuat celana kolor ini adalah warna yang kalem, seperti hitam, putih atau cokelat
  • Selendang Atau Sorbanpakaian adat betawi laki laki sorbanIni juga merupakan salah satu ciri khas dari pakaian adat betawi. Penggunaan selendang ini sering disebut dengan sarung. Sebutan sorban disini adalah sarung yang di gulung lalu diselempangkan di leher atau dipakai di pundak, bukannya sorban yang digunakan di kepala seperti sorban arab.
  • Aaksesoris Pakaian Adat Betawipakaian adat betawi laki laki peciUntuk menambahkan agar kesanbetawinya semakin kental, masyarakat betawi akan memakai berbagai aksesoris yang khas. Dalam kesehariannya, pria betawi akan menggunakan peci yang sering juga disebut dengan kopyah. Warna peci ini biasanya berwarna merah atau pun htam, yang dibuat dari bahan kain beludru.

Pakaian Adat Betawi Wanita

Dalam kesehariannya, wanita betawi menggunakan pakaian yang berbanding terbalik dengan pakaian yang dipakai oleh pria betawi.

Jika pakaian yang digunakan oleh pria betawi adalah pakaian dengan warna yang kalem, untuk wanita betawi lebih menggunakan pakaian dengan warna yang lebih cerah atau terang.

Wanita betawi biasanya memakai baju kurung yang dilengkapi dengan selendang yang warnanya senada dengan baju kurungnya. Selain itu, wanita betawi juga menggunakan penutup kepala berupa kerudung.

Untuk bawahannya menggunakan kain batik,motif dari kain batik ini adalah motif geometris.

  • Baju Kurung. Baju kurung merupakan atribut utama dari pakaian adat untuk wanita betawi. Pada umumnya baju kurung yang digunakan adalah dengan lengan yang pendek. Warna yang dimiliki oleh pakaian ini adalah warna yang cerah dan terang, bahkan cenderung lebih mencolok. Akan tetapi dengan berkembangnya zaman, ada banyak sekali desainer pakaian yang telah mempaddukan berbagai macam warna untuk baju kurung. Bahkan ada juga yang menambahkan saku untuk memudahkan menyimpan sesuatu.
  • Kain Sarung Bermotif. Kain ini tidak memiliki perbedaan yang cukup besar dengan kani sarung untukpria. Kain ini juga memiliki motif yang telah menambahkan ciri khas betawi. Kain sarung untuk wanita ini, bukan hanya dipakai sebagai bawahan, akan tetapi juga sebagai penutup kepala atau kerudung.
  • Kerudung. Kain kerudung ini biasanya dipakai sebagai penutup kepala oleh wanita betawi. Kerudung ini memakai bahan yang tidak berbeda dari selendang yang dipakai. Untuk penggunaannya sangatlahmudah, biasanya akan digunakan saat ada acara bergengsi di Jakarta, seperti acara abang none.

Pakaian Adat Resmi

pakaian resmi

Pakaian adat betawi yang bersifat remi ini biasanya dipakai oleh demang atau bangsawan. Akan tetapi pada zaman sekaran, pakaian yang juga disebut dengan ujung serong ini juga dipakai oleh para PNS yng diresmikan oleh pemerintah DKI Jakarta.

Pakaian adat betawi yang dipakai oleh PNS ini hanya akan digunakan pada hari-hari tertentu saja.

Pakaian unung seromh ini terdiri dari dalaman yang berupa kemeja putih, batik geometris yang dipakai di pinggang yang pemakaiannya selutut saja. Lalu memakai jas berwarna gelap dengan bawahan celana yang sama dengan jas yang dipakai.

Untuk pria betawi, juga pastinya memakai peci atau kopyah sebagai penutup kepala, lalu juga memaka senjata yang akan diselipkan di pinggang. Senjata ini biasanya berupa pisau raut atau badik.

Lalu juga akan memakai jam rantai sebagai penghias yang dipakai di bagian saku. Ada juga kuku macan serta menggunakan sepatu pantopel.

Sementara itu, untuk wanita tidak berbeda jauh dengan pakaian adat betawi untuk keseharian, yaitu berupa pakaian kurung, selendang, kain batik serta memakai kerudung.

Jual Pakaian Adat Betawi

Apabila anda sedang mencari pakaian adat betawi, anda bisa membelinya di butik. Akan tetapi bila anda malas untuk mendatangi butik atau toko baju, anda bisa membelinya lewat online.

Baca Juga : Pakaian Adat Bengkulu

Demikianlah pembahasan saya mengenai pakaian adat Betawi, yang di dalamnya juga setelah saya bahas mengenai nama pakaian adat betawi, pakaian adat betawi pria, pakaian adat betawi wanita, dan foto pakaian adat betawi.

Video Adat Betawi Pernikahan

Semoga dapat mambantu anda yang sedang mencari informasi mengenai pakaian adat Betawi, dan saya berpesan kepada anda yang semua agar sering-seringlah berkunjung ke website infosoalpelajaran, apabila anda sedang mencari informasi mengenai soal pelajaran atau pun materi pelajaran apa pun dari berbagai tingkatan sekolah.

Terima kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.