Pakaian Adat Jambi Beserta Gambar dan Penjelasannya Lengkap Terbaru 2018

Pakaian Adat Jambi – Hai semuanya, selamat datang kembaali di websiteinfosoalpelajaran, yang mana merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi pembahasan mengenai berbagai soal pelajaran dan juga materi-materi pelajaran dari semua tingkatan sekolah yang ada di Republik Indonesia.

nama pakaian adat jambi

Dan dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pakaian adat jambi, yang di dalamnya juga akan saya bahas kan mengenai nama pakaian adat jambi dan juga akan saya sertai dengan gambar pakaian adat jambi secara lengkap. Selamat membaca.

Pakaian Adat Jambi Beserta Gambar Pakaian Adat Jambi

Suku melayu yang ada di Povinsi Jambi mempunyai banyak sekali keunikan dari sega adat dan juga kebudayaannya. Masyarakat Jambi sebenarnya lebih menggunakan pakaian yang lebih sederhana dalam kehidupan sehari-harinya.

Akan tetapi masyarakat Jambi juga memiliki pakaian adat yang menjadi ciri khas mereka, yaitu pakaian adat yang digunakan saat ada acara pernikahan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa pakaian khas yang ada di Jambi yang akan saya bahas.

Baca Juga : Matematika Kelas 7

Pakaian Adat Jambi

Kita semua pastinya memiliki beberapa pakaian yang di pakainya pada waktu-waktu yang khusus saja, misalnya untuk pakaian sehari-hari, pesta, sekolah atau pun yang lainnya. Demikian pula yang ada dalam masyarakat Jambi, masyarakat jambi juga memiliki pakaian yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari atau pun untuk berpesta. Berikut ini adalah pakaian adat Jambi yang digunakan yang akan saya bahas satu per satu:

1. Pakaian Adat Jambi Sehari-hari

  • Pakaian Adat Jambi Sehari-haru Untuk Laki-Laki. Pakaian adat Jambi yang digunakan oleh masyarakat jambi pada zaman dahulu sebenarnya sangatlah sederhana, khususnya pada zaman dahulu. Pakaian yang mereka gunakan adalah celana setengah ruas yang di buat melebar pada bagian betis, biasanya celana ini berwarna hitam.
  • Pakaian Adat Jambi Untuk Perempuan. Pakaian adat jambi yang digunakan oleh perempuan masyarakat jambi zaman dahulu sangatlah sederhana, baju yang mereka gunakan adalahbaju tanpa lengan.

2. Pakaian Adat Jambi Untuk Pakaian Resmi

Pakaian adat Jambi yang bentuknya telah di bakukan oleh masyarakat jambi memanglah harus di pertahankan kelestariannya oleh semua pemuda penerus bangsa. Jika tidak dilestarikan, maka masyarakat lama kelamaan tidak akan mengetahui apa pakaian adatnya sendiri. Dan akan lebih memilih untuk memakai pakaian yang lebih modern yang bukanlah merupakan ciri khas Jambi.

a. Pakaian Adat Jambi Resmi Untuk Laki-Laki

Pakaian adat jambi untuk laki-laki yang di gunakan untuk acara resmi disebut dengan baju kurung, yang ukurannya tanggung dengan lengan yang panjang. Pakaian ini disebut tanggung karena panjangnya memang hanya sedikit di bawah siku dan tidak sampai mencapai ke pergelangan tangan.

Filosofi yang terkandung di dalam baju ini adalah seseorang haruslah tangkas dan juga cekatan dalam melakukan segala pekerjaan. Bahan unuk membuatnya adalah dengan kain beludru dengan warna merah yang di beri dengan sulaman berwarna emas.

Untuk bagian tengahnya di beri motif berupa kembang bertabur atau tagapo dan kembang melati, sementara untuk bagian pinggirannya memiliki motif berangkai atau pucuk rebung.

Penutup bagian bawahnya atau celananya sering disebut dengan cangge. Bahannya terbuat dari kain beludru yang juga akan dilengkapi dengan ikat pinggang yang berupa tali. Lalu ditambahkan lagi dengan memakai kain songket yang dililitkan pada pinggul.

Ada juga pemakaian teratai dada yang digunakan untuk penutup dada, ini disebut dengan teratai dada karena bentuknya memang dipasang melingkar di leher sehingga akan menyerupai kerah.

Berikut ini adalah beberapa aksesoris yang digunakan oleh laki-laki jambi:

  • Lacak Kepala. Lacak kepala ini di buat dari kain beludru yang berwarna merah yang di dalamnya akan diberi kertas agar bentuknya menjadi lebih keras. Tutup kepala ini dua buah julangan yang tinggi pada bagian depan dan belakangnya, dengan bagian depannya lebih tinggi. Sebagai hiasan akan ditambahkan lukisan flora yang berupa lukisan bunga yang akan mekar. Bagian pinggir kanannya dapat kita temui motif lukisan tali runci, lalu di bagian kiri ada lukisan bungo runci. Bungo runci ini akan dirangkai, dan dapat berupa bunga asli maupun tiruan, untuk warna bunganya biasanya adalah warna putih.
  • Untuk kedua tangannya akan dihiasi dengan gelang kilat bahu, gelang ini biasanya terbuat dari logam celupan yang memiliki motif lukisan naga kuning. Naga kuning ini memiliki makna yaitu apabila seseorang sudah meiliki kekuasaan sebaiknya jangan di ganggu.
  • Lalu akan memakai selempang yang menyilang pada badan, kain selempang ini biasanya terbuat dari songket yang berwarna merah dengan sedikit keungu-unguan, lalu ada motif bunga berangkai di dalamnya.
  • Bagian pinggang akan dihiasi dengan selendang berwarna merah jambu yang tipis, untuk bagian ujungnya akan diberi umbai-umbai yang berwarna kuning.
  • Lalu akan memakai juga pending yang berupa rantai yang dipakaikan untuk memperkuat pinggang, dengan sabuk kepala yang terbuat dari logam.
  • Lalu akan memakai keris dan selop, pada umumnya keris akan diselipkan pada perut secara menyerong kekanan, hal ini melambangkan kebesaran sekaligus juga untuk berjaga-jaga. Sedangkan untuk selop atau alas kakinya memiliki bentuk seperti setengah sepatu yang tentunya akan digunakan untuk melindungi kaki saat berjalan.

b. Pakaian Adat Jambi Resmi Untuk Perempuan

Palkaian adat yang digunakan oleh perempuan baju kurung tanggung dengan motif hiasan bungan melati, tagapo dan juga pucuk rebung yang semuanya disulam dengan benang emas.

Untuk kelengkapan busananya yaitu terdiri dari kain songket yang berwarna merah sebagai sarung dan juga selendangnya. Memakai tutup kepala juga, yang disebut dengan nama pesangkon, tutup kepala ini trbuat dari kain beludru, yang di dalamnya akan ditambahkan karton agar menjadi lebih keras.

Akan tetapi, ada juga sebagian orang yang menyebutnya dengan duri pandan, hal ini dikarenakan pada bagian depannya memiliki hiasan dari bahan logam warna kuning yang memiliki bentuk seperti duri pandan. Lalu akan ditambah lagi sulaman emas dengan motif bungan melati pecah agar memperindah penutup kepala ini.

Berikut ini adalah beberapa aksesoris pelengkap yang ada dalam pakaian adat jambi untuk perempuan:

  • Anting dengan motif kupu-kupu atau gelang banjar.
  • Memakai 3 jenis kalung, yaitu kalung tapak, kalung rantai sembilan dan juga kalung jayo atau sering disebut juga dengan kalung bertingkat.
  • Memakai cincin pacat kenyang atau capung pada jari-jarinya.
  • Gelang bahu, yang di pakai pada lengan dua sebanyak dua buah.
  • Ada juga aksesoris lain macam penutup dada, pending serta sabuk, lalu ada juga selendang, dan selop yang bentuknya hampir sama dengan laki-laki.

3. Pakaian Adat Jambi Untuk Pengantin

Sebenarnya pakaian adat Jambi yang digunakan oleh pengantin merupakan hasil modifikasi,yang akan membuatnya jadi lebih mewah, akan tetapi tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh pakaian adat Jambi ini.

Berikut ini adalah beberapa foto dari pakaian adat Jambi:

pakaian adat jambi 1

pakaian adat jambi 2

pakaian adat jambi 3

Video Pengantin Jambi:

Baca Juga : Pelajaran Kelas 1 SD

Demikianlah pembahasan saya mengenai pakaian adat Jambi, yang di dalamnya juga saya bahas mengenai nama pakaian adat jambi dan juga di sertai dengan gambar pakaian adat Jambi.

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai pakaian adat Jambi, dan saya berpesan kepada anda semua agar sering-seringlah datang mengunjungi website infosoalpelajaran, apabila sedang mencari tahu tentang soal pelajaran dan juga materinya dari berbagai tingkatan sekolah.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan.