Pakaian Adat Jawa Barat Atau Sunda Dan Penjelasannya Lengkap Terbaru 2018

Pakaian Adat Jawa Barat – Halo teman-teman, selamat datang kembali di infosoalpelajaran, yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai pembahasan dari berbagai macam tentang soal pelajaran dan materi pelajaran dai berbagai tingkatan sekolah yang ada di Republik Indonesia.

Dan dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai pakaian adat Jawa barat, yang di dalamnya juga akan saya bahaskan mengenai nama pakaian adat sunda atau nama pakaian adat jawa barat dan penjelasannya, serta akan saya tambahkan dengan gambar pakaian adat jawa barat.

Baca Juga : Rumus Matematika SD

Suku sunda adalah suku yang mendiami wilayah jawa barat, akan tetapi untuk sekarang memang suku sunda juga sudah menyebar ke seluruh pelosok daerah di Indonesia.

Namun, masyarakat sunda yang mendiami daerah lain selain di jawa barat masih mempertahankan adat dan budaya yang di milikinya yang berasal dari nenek moyangnya pada zaman dahulu.

Hali ini dapat kita lihat dari pakaian adatnya yangsering di pakai saat ada acara pernikahan atau ada acara tari-tarian, pakaian adat Jawa barat ini juga masih digunakan terutama saat ada acara pemilihan mojang dan jajaka.

Pada dasrnya masyarakat sunda memiliki 3 buah pakaian yang khas, yaitu pakaian yang digunakan leh masyarakat jelata, masyarakat di kelas menengah dan juga pakaian yang digunakan oleh para kaum bangsawan.

Namun pada saat ini kita hanya mengetahui pakaian adat sunda yang digunakan hanya untuk pakaian resmi saja, dan tidak memandang stastus sosial yang ada dalam masyarakat.

Selain itu ada juga yang merupakan pakaian adat yang digunakan oleh pengantin. Selain perbedaan di atas, ada juga perbedaan yang berasal dari pengaruh darah yang membuatnya menjadi sangat beragam.

Pakaian Adat Jawa Barat Dan Keterangannya

1. Pakaian Adat Jawa Barat Untuk Rakyat Jelata

pakaian adat jawa barat jelata
Sumber : http://www.tradisikita.my.id

Pakaian adat Jawa barat untuk rakyat jelata bisa dibilang sangatlah sederhana. Untuk para pria masyaakat sunda biasanya memakai celana panjang, yang biasanya disebut dengan celana komprang atau pangsi yang juga akan dilengkapi dengan kulit atau kain ikat. Sedangkan untuk baju atasannya dengan menggunakan beju salontreng yang juga akan dilengkapi dengan sarung poleng yang akan diselempangkan ke bahu, dan hal ini selalu ada dan di pakai dalam kehidupan sehari-harinya. Lalu para pria juga akan memakai ikat kepala yang disebut dengan ikat logen dan memakai alas kaki yang disebut dengan sandal tarumpah atau sandal kayu.

Sedangkan pakaian adat Jawa barat rakyat jelata untuk wanita adalah dengan menggunakan sainjang bundel atau kain batik yang panjang sebagai bawahannya, lalu juga akan memakai beubeur sebagai ikat pinggangnya. Kamisol atau bra, baju kebaya sebagai atasannya dan juga memakai selendang batik.

Lalu para wanita juga akan memakai make up sebagai pelengkap, lalu juga akan memakai hiasan kepala dan juga jucung bun, dan akan dilengkapi juga dengan aksesoris seperti geulang akar bahar, cincin polos aau Li meneng, kancing bulat atau yang disebut dengan pelenis suweng dan juga akan memakai alas kakiberupa sandal jepit.

Sebagai gambaran anda, pakaian adat untuk rakyat jelata ini sering digunakan saat ada syuting film tentang Si Kabayan dan Nyi Iteung di  dalam layar lebar atau pun dalam FTV dalam televisi.

Kaum jelata ini sangat identik sekali dengan pekerjaan petani  aau pekebun yang ada di Jawa barat. Selain dipakai oleh Kabayan dan juga Nyi Iteung, pakaian ini juga akan kita jumpai saat melihat sosok Ki Lengser dalam acara prosesi Mapag Penganten Sunda.

2. Pakaian Adat Jawa Barat Untuk kaum Menengah

pakaian adat jawa barat menengah

Untuk pakaian adat yang digunakan olehrakyat jelata dan juga kaum menengah tentunya memiliki beberapa perbadaan. Karena kaum menengah ini memiliki satus sosial yang tentunya lebih tinggi dari kaum jelata. Kaum menengah ini biasanya lebih identik dengan para pedagang dan saudagar yang kaya.

Pkaian untuk pria yaitu dengan memakai baju bedahan yang berwarna putih, kain kebat bermotif batik, sandal kaki tarumpah sebagai alas kakinya, beubeur atau ikat pinggang, dan juga ikat kepala. Sebgai pelengkapnya mereka juga akan memakai arloji emas yang dipakaikan di saku baju.

Sedangkan untuk wanitanya lebih menggunakan atasan dengan warna yang sangat beraneka ragam, untuk bawahannya dengan menggunakan kain kebat batik dengan motif yang sangat banyak.

Lalu juga memakai ikat pinggang, selendang yang berwarna, selop atau kelom geulis sebagai alas kakinya, memakai gelang, giwang, dan juga akan memakai cincin yang terbuat dari emas atau perak.

3. Pakaian Adat Jawa Barat Unuk Menak Atau Bangsawan

pakaian adat jawa barat bangsawan

Para pria bangsawan dari jawa barat biasanya menggunakan jas yang terbuat dari bahan kain beludru dengan dilengkapi sulaman emas pada beberapa bagian jasnya. Untuk bawahannya dengan menggunakan celana yang panjang dengan motif yang sama dengan atasannya.

Lalu sebagai pelengkap juga akan memakai kain dodot motif rengreng parang rusak, sabuk emas atau benten, untuk tutup kepalanya memakai bendo dan memakai alas kaki yang disebut dengan selop hitam.

Sedangkan untuk wanitanya akan memakai pakaian atasan berupa kebaya yang terbuat dari kain beludru berwarna hitam juga dengan diberi sulaman emas, kain kebat dengan rereng sebagai motifnya, dan memakai selop dengan bahan baludru hitam bersulam banyak manik-manik sebagai alas kakinya.

Juga akan memakai banyak aksesoris pelengkap seperti tusuk konde yang berwarna emas untuk rambut yang telah disanggul, aksesoris lainnya yaitu gelang keroncong, peniti rantai, bros, giwang, cincin, kalung dan juga beberapa perhiasan yang terbuat dari emas lainnya.

4. Pakaian Adat Untuk Pengantin Jawa Barat

Pakaian adat jawa barat yang digunakan oleh pengantin di bagi menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut ini:

  • Tata busana untuk pengantin puteri.
  • Tata busana pengantin siger.
  • Tata busana pengantin Sukapura.

Pakaian adat jawa barat untuk pengantin ini sudah banyak sekali dimodifikasi oleh para desainer sehingga terlihat menjadi lebih modern. Akan tetapi tentunya tidak terlalu menyeluruh, hal ini dimaksudkan agar tidak menghilangkan ciri khas yang sudah ada dalam pakaian adat jawa barat untuk pengantin ini.

Berikut ini beberapa gambar pakaian adat yang digunakan oleh pengantin sunda:

  • Tata Busana Pengantin Untuk Puteripakaian adat jawa barat putri
  • Tata Busana Pengantin Sigerpakaian adat jawa barat siger
  • Tata Busana Pengantin Sukapurapakaian adat jawa barat sukapura

5. Pakaian Adat Jawa Barat Untuk Acara Resmi

pakaian adat sunda

Karena melihat banyaknya jenis pakaian adat sunda, maka dibuatlah pakaian resmi yang biasanya di pakai saat ada acara pemilihan mojang dan juga jajaka da provinsi jawa barat.

Untuk pria atau jajaka akan menggunakan jas takwa dengan warna yang bebas, akan tetapi lebih sering dengan menggunakan pakaian yang berwarna hitam. Lalu juga akan memakai bawahan berupa celana panjang yang juga berwarna senada dengan atasannya, lalu juga akan memakai kain samping yang akan diikatkan di pinggang, bendo atau penutup kepala, dan memakai alas kaki berupa selop. Untuk hiasan lainnya adalah dengan memakai jam rantai yang di pakaikan di saku jas.

Sedangkan untuk wanitanya atau mojang akan menggunakan kebaya polos yang dihiasi dengan sulaman, kain kebat, ikat pinggang atau beubeur, kamisol atau kutang, selendang atau karembong, dan memakai alas kaki berupa selop dengan warna yang sama dengan kebaya yang di pakai.

Sementara untuk tambahan hiasannya adalah dengan menggunakan tusuk konde dengan hiasan bunga untuk rambut yang telah di sanggul, lalu sebagai aksesoris tambahannya ada bros, cincin, giwang, peniti rantai, dan juga beberapa perhiasan lain denngan berlian sebagai hiasannya.

Baca Juga :Pelajaran SMP Kelas 7

Demikianlah pembahasan saya mengenai pakaian adat Jawa Barat, yang di dalamnya juga berisi tentang pembahasan dari nama pakaian adat sunda atau nama pakaian adat jawa barat dan penjelasannya, serta akan saya tambahkan dengan gambar pakaian adat jawa barat.

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai pakaian adat jawa barat, dan semoga kota sebagai generasi penerus haruslah menjaga dan melestarikan pakaian ini.

Dan saya juga berpesan kepada anda agar sering-seringlah mampir ke websiteinfosoalpelajaran apabila sedang mencari tahu tentang info soal pelajaran dan materi pelajaran yang ada di semua tingkatan sekolah yang ada di Indonesia.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.