Pakaian Adat Jawa Tengah Pria Dan Wanita Beserta Penjelasannya Lengkap Terbaru

Pakaian Adat Jawa Tengah – Selamat datang kembali di websiteinfosoalpelajaran, yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai pembahasan dari berbagai macam info soal dan materi-materi pelajaran dari berbagai tingkatan sekolah yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Soal Matematika Kelas 3 SD Semester 2

Dan dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai pakaian Jawa tengah, yang di dalamnya juga akan ada pembahasan lain mengenai nama pakaian adat jawa tengah, gambar pakaian adat jawa tengah, pakaian adat jawa tengah pria dan wanita, dan filosofi pakaian adat jawa tengah. Selamat membaca.

Pakaian Adat Jawa Tengah Dan Keterangannya

Masyarakat yang ada di Jawa tengah memiliki kebiasaan untuk menggunakan pakaian adat bukan hanya saat adaacara-acara yang penting saja, akan tetapi juga sering untuk menggunakan pakaian adat dalam kehidupan sehari-hari.

Masyarakat Jawa tengah memang telah sangat nyaman untuk memakai pakaian adatnya dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk para pria dan wanitanya.

Akan tetapi, kebanyakan dari mereka memang tidak memakai sepenuhnya semua unsur dari pakaian adat jawa tengah, misalnya untuk para laki-laki, yang hanya menggunakan blangkon saja.

Berikut ini adalah pakaian adat Jawa tengah resmi dan untuk pengantin:

Pakaian Adat Jawa Tengan Resmi

pakaian adat jawa tengah untuk anak laki laki

Untuk melestarikan pakaian adat ini,pemerintah Jawa tengah telah memilih tanggal 15 pada setiap bulannya untuk para PNS yang pertugas di pemerintah provinsi agar menggunakan pakaian adat.

Pakaian in terdiri dari baju breskap, surjan dan blankon. Pemakaian pakaian ini punjuga sudah di atur di dalam Peraturan daerah Jawa tengah.

a.Pakaian Adat Resmi Pria Jawa Tengah

Apabila kita ingin mengambil gambaran tentang enggunaan pakaian adat resmi ini, kita bisa melihat ke keraton Surakarta. Untuk secara lengkapnya pakaian adat esmi yng di gunakan oleh para pria Jawa tengah adalah sebagai berikut ini:

  • Udheng. Udheng ini merupakan ikat kepala, sedangkan ikat kepala atau udheng yang telah jadi atau terbentuk disebut dengan blankon.
  • Kulambi. Merupakan pakaian yang berupa baju. Pakaian yang terkenal disebut dengan Beskap dan surjan. Akan tetapi, kalau kita melihat di kalangan keraton, ada beberapa jenis kulambi yang terkenal, antara lain ada Atella, Beskap, Sikepan, Langenharjan, Beskap landhung dan Taqwa.
  • Sinjang Atau Dodot. Ini berupa kain batik yang di gunakan untuk menutupi bagin bawah badan, sering juga disebut dengan samping.
  • Setagen. Stagen adalah kain yang memiliki fungsi untuk mengencangkan sinjang.
  • Sabuk. Sabuk dinakan untuk menutupi stagen dan juga untuk mengencangkan fungsi dari stagen.
  • Epek Timang dan Lerep. Ini adalah kain beludru yang memiliki lebar 5 cm dengan panjang 120-150 cm yang dipakai dipinggang diluar sabuk.
  • Dhuwung. Dhuwung adalah senjata tradisional yang berupa keris beserta kerangkanya.
  • Cenela atau Selop. Ini merupakan alas kaki yang berup sandal selop.

b.Pakaian Adat Resmi Jawa Tengah Untuk Wanita

Pakaian yang digunakan oleh para wanita deswbut dengan nama “Wusana Kewajen” yang pastinya memiliki lambang atau arti tertentu. Pakaian adat resmi yang digunkan oleh para wanita ini biasanya terdiri dari Kebaya, kemben atau samping, dan juga kain tapih yang dikenal juga dengan nama stagen. Selain itu, para wanita juga akan memakai konde dan memakai san dal selop sebaga alas kakinya.

Kebaya yang di gunakan oleh masyarakat Jawa tengah sering dipakai oleh para bangsawan maupun para rakyat biasa dalam kehidupan dan aktivitas mereka sehari-harinya.

Saat digunakan untuk acara resmi, misalnya saat ada upacara adat yang digunakan oleh para ”Garwo Dalem” yaitu kebaya yang dilengkapi juga dengan peniti rentang, yang di gabungkan dengan sinjang atau kain batik.

Lalu pada bagian rambunya akan digelung atau disanggul. Tak lupa juga akanmemakai berbagai aksesoris macam subang, cincin, kalung, gelang dan kipas.

Pakaian Adat Jawa Tengah Untuk Pengantin

pakaian adat jawa tengah wikipedia

Sesuai dengan adat dan budaya dari masyarakat Jawa tengah yang di penuhi dengan tata krama dan juga etika, Pakaian adat Jawa tengah juga mengandung berbagai filosofi yang mendalam.

Filosofi pakaian adat jawa tengah yaitu tentang kesopanan dan berbagai harapan yang baik untuk kedua mempelai agar selau berbahagia saat mengarungi bahtera rumah tangga bersama pasangannya.

Untuk kain batik yang di gunakan oleh kedua pengantin ini pun memiliki makna, yaitu sebagai perlambangan dari doa agar pasangan pengantin dapat memiliki kehidupan yang baik dan juga selalu diliputi dengan ketentraman.

Ciri khas yang dapat kita temukan dalam pakaian adat untuk pengantin ini adalah busana dodotan atau kemben engan kain batik yang penggunaannya langsung di balutkan pada tubuh pengantin wanita, tanpa harus menggunakan kebaya terlebih dulu. Pengantin pria juga tak akan memakai beskap, hanya akan memakai celana dan kain batik saja.

Sementara itu, untuk aksesoris yang di gunakan oleh pengantin adat jawa tengah ini memang bis adi bilang sangat megah, karena akan memakai untaian melati dan juga memakai berbagai hiasan yang berwarna keemasan.

Untuk mempelai wanita akan di pakaiakan sanggul tradisional dengan menggunakan tusuk konde dengan jumlah 9, dan untuk mempelai prianya akanmenyelipkan keris yang memiliki hiasan roncean bunga melati pada bagian belakan kain yang digunakannya.

Video Penganti Jawa Tengah

Untuk lebih memberikan lagi kepada anda mengenai gambaran pengantin adat Jawa tengh, berikut ini telah saya tambahkan beberapa video yang berhubungan:

Demikinlah pembahasan saya mengenai pakaian adat Jawa tengah, yang di dalamnya juga berisi mengenai pembahasan nama pakaian adat jawa tengah, gambar pakaian adat jawa tengah, pakaian adat jawa tengah pria dan wanita, dan filosofi pakaian adat jawa tengah. Selamat membaca.

Baca Juga : Soal Matematika Kelas 1 SD

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai pakaian adat Jawa tengah ini, dan saya berpesan kepada anda untuk selalu melestarikan semua adat dan budaya yang di miliki oleh daerah anda masing-masing agar tidak terjadi yang namanya kepunhan.

Dan satu lagi pesan saya untuk anda adalah agar selalu mampirke websiteinfosoalpelajaran, apabila sedang mencari informasi mengenai info soal pelajaran dan juga mater-materinya pada berbagai tingkatan sekolah di Republik Indonesia.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi di kesempatan yang akan datang.