Nama Pakaian Adat Jawa Timur Dan Penjelasannya Lengkap Terbaru 2018

Pakaian Adat Jawa Timur – Hai, selamat datang kembali di website infosolapelajaran, yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai pembahasan dari berbagai macam soal pelajaran dan juga materi-materinya dari berbagai tingkatan sekolah yang ada di Indonesia.

pakaian adat jawa timur penjelasan

Dan dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai pakaian adat Jawa timur, yang di dalamnya tentu berisi mengenai nama pakaian adat jawa timur, gambar pakaian adat jawa timur dan pakaian adat jawa timur dan keterangannya. Selamat membaca.

Baca Juga : Soal Matematika Kelas 1 SD

Pakaian Adat Jawa Timur Dan Penjelasannya

Provinsa jawa timur memiliki banyak sekali adat dan kebudayaan yang sangat beraneka ragam dan juga sangat unik. Kebudayaan yang ada di Jawa timur memiliki sedikit pengaruh dari budaya di sekitar daerah yang berbatasan dengannya. Misalnya provinsi Bali dan Jawa tengah.

Tapi, tentunya Jawa timur memiliki ciri atau nuansa yang khas dari kebudayaannya, misalnya yaitu kebudayaan madura. Dan berikut ini adalah penjelasan tentang pakaian adat yang ada di provinsi Jawa timur.

Pakaian adat Jawa timur yang paling terkenal mungkin adalah pakaian yang sering di gunakan oleh para lelaki yaitu baju kaos dengan motif garis merah putih, lalu dengan memakai celana berwarna hitam yang longgar, dan sering kita lihat saat ada pedagang sate khas madura.

Pakaian Adat Jawa Timur

Pakaian adat yang ada di jawa timur terbagi ke dalam dua jenis, yaitu baju mantenan atau baju pesaan. Akan tetapi untuk saat ini juga sudah banyak sekali modifikasi yang telah dilakukan kepada baju ini. Walaupun sudah di modifikasi, akan tetapi tetap saja tidak meninggalkan ciri khas yang sudah ada.

1. Pakaian Pesa’an Adat Madura

pakaian adat jawa timur madura

Pakaian ini merupakan pakaian khas dari masyarakan suku madura. Pakaian ini sangatlah terkenal di seantero Indonesia, karna memiliki ciri khas tersendiri yang tidak di miliki oleh provinsi atau daerah lain. Berikut ini adalah pakaian pesaan khas suku madura.

Nama pakaian pesaan adalah pakaian yang di gunakan sebagai atasan , sedangkan untuk bawahannya yang berupa celan longgar disebut dengan nama celana gomboran. Di bawah ini adalah beberapa perlengkapan yang ada dalam pakaian adat pesaan ini:

Bagian Kepala:

Odheng santapan, adalah ikat kepala dengan motif batik, motif telaga biru atau storjoan, warna merahsoga. Untuk ukurann dari ikat kepala ini bisa menyesuaikan dengan si pemakainya. Seperti ikat kepala umumnya, ikat kepala atau odheng santapan ini juga memiliki bentuk segitiga.

Oddheng topoghan, merupakan ikat kepala juga yang bahan pembuatannya adalah dari kain batik, memiliki motif bunga atau lidah api warna merah soga. Untuk ukurannya juga menyesuaikan dengan orang yang akan memakainya. Ikat kepala ini juga memiliki bentuk segitiga seperti halnya ikat kepala pada umumnya, akan tetapi di bagian atas kepalanya tidak tertutup.

Pakaian:

Pakaian adat madura pesaan ini adalah pakaian atasan yang di gunakan oleh lelaki pada suku madura, yang pada zaman dahulu di buat dengan menggunakan kain cina atau kain lasteng tiu dan sekaran lebih di buat dengan menggunakan tetoron.

Untuk motif baju pesaan adalah warna hitam polos dengan ukuran yang serba longgar atau tidak pas pada badan. Untuk ukuran celana dan pipi celananya juga lebar, dan akan menyerupai sarung apabila dibentangkan, panjang celananya sendiri mencapai mata kaki penggunanya.

Ciri khas yang dapat lita temukan pada celana khas madura yang dikenal dengan nama celana gomboran adalah kelimannya yang memiliki lebar kurang lebih 15 cm. Untuk bentuknya sebenarnya masih lazim seperti celana pada umumnya, akan tetapi tidak di lengkapi dengan kolor.

Sarong bahan merupakan sarung samarinda yang berbahan sutra sedangkan sarong plekat terbuat dari bahan katun. Untuk motif yang dimiliki dari kedua sarong ini adalah motif kotak-kotak yang cukup besar mencapai 5 cm. Untuk warna yang dipilih pada sarong samarinda adalah warna yang cukup mencolok dan di lengkapi dengan sulaman emas.

Sedangkan untuk sarong plekat, warna yang di pilih adalah warna dasar putih dengan motif kotak-kotak besar yang berwarna hijau atau pun biru. Untuk ukurannya sama saja dengan sarung yang biasa kita temukan pada umumnya, untuk ukurannya juga seperti sarung pada umumnya.

Lalu juga memakai ikat pinggang yang sering di sebut dengan nama sabbuk katemang raja atau sering juga di sebut dengan nama sabbuk katemang kalep. Untuk bahan pembuatannya adalah dari kulit sapi dengan motif yang cenderung polos. Untuk warna yang sering di gunakan adalah warna cokelat atau hitam. Untuk ukurannya sama saja dengan ikat pinggang yang biasa kita temui di pasaran. Ikat pinggang ini memiliki bentuk yang lebar dan memiliki kantung di depannya, yang memiliki fungsi untuk menyimpan uang.

pakaian adat jawa tmur madura
Sumber : http://www.tradisikita.my.id/

Pakaian yang di gunakan untuk laki-laki dinamakan dengan pesaan, lalu untuk apakah pakaian adat yang digunakan oleh perempuan? Untuk pakaian adat yang di gunakan oleh perempuan pada suku madura adalah kebaya atau jarik atau samping, yang bentuknya seperti gambar di bawah ini:

pakaian adat jawa timur madura perempuanA

2. Pakaian Adat Jawa Timur Mantenan

pakaian adat jawa timur mantenan

Selain terkenal dengan pakaian adat pesaan khas madura, Jawa timur juga memiliki pakaian adat lainnya yang disebut dengan nama pakaian adat mantenan. Pakaian adat inilah yang di gunakan untuk pengantin adat yang ada di Jawa timur.

Pakaian adat mantenan ini memang pakaian yang di pakai saat ada acara pernikahan. Pakaian mantenan ini sebenarnya memiliki sedikit pengaruh dari daerah lain, yaitu dari pakaian adat Jawa tengah. Maka, kalau kita melihat sekilas, akan sedikit mirip dengan pakaian adat pengantin yang digunakan oleh pengantin dari Jawa tengah.

Untuk perbedaan yang cukup menyolok yang dapat kita temukan pada pakaian adata ini adalah pada penggunaan ikat kepala atau oghengnya, lalu juga akan memakai arloji rantai,, tongkat yang disebut dengan nama sebum dhungket, lalu juga akan memakai kain yang di selempangkan dari bahu sebelah kanan ke bahu sebelah kiri yang memiliki motif warna hitam dan merah.

Selain dari bentuk fisik pakaian adat jawa timur, ada juga filosofi yang berbeda yang di miliki oleh pakaian adat jawa timur ini yang berbeda dengan pakaian adat jawa tengah. Pakaian adat yang digunakan di jawa tengah memiliki filosofi yang melambangkang kesopanana dan juga tata krama yang baik dalam perilaku dan tutur katanya, sedangkan pakaian adat jawa timur mantenan ini memiliki filosofi yaitu sebagai ketegasan, namun juga memiliki kesan yang sederhana dan sangat menjunjung etika yang tinggi.

Video Pengantin Madura

Demikianlah pembahasan saya mengenai pakaian adat jawa timur, yang di dalamnya juga berisi pembahasan mengenai nama pakaian adat jawa timur, gambar pakaian adat jawa timur dan pakaian adat jawa timur dan keterangannya. Selamat membaca.

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai pakaian adat jawa timur ini, dan saya berpesan kepada anda untuk sering-seringlah mampir ke website infosoalpelajaran, apabila anda sedang mencari informasi mengenai sola pelajaran dan materi-materinya dari berbagai tingkatan sekolah yang ada di Indonesia.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.