Pakaian Adat Kalimantan Barat Beserta Penjelasannya Lengkap Terbaru 2018

Pakaian Adat Kalimantan Barat – Hai semuanya, bagaimanakah kabar andahari ini? Semoga dalam keadaan yang selalu baik-baik saja ya. Oke kembali lagi di website infosoalpelajaran,yang mana merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai pembahasan dari soal pelajaran dan juga materi-materinya dari segala tingkatan sekolah yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Pelajaran Matematika Kelas 5

Dan dalam kesempatan yang baik kali ini, saya akan membahas mengenai pakaian adat dari salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya berada di pulau kalimantan, yaitu Kalimantan barat. Ya betul, saya akan membahas mengenai nama pakaian adat kalimantan barat beserta penjelasannya.

Pakaian Adat Kalimantan Barat

Kalimantan barat memiliki julukan sebagai “Seribu sungai”, hal ini karena banyaknya sungai yang terhubung ke sungai kapuas dan memiliki banyak sekali suku adat yang ada di dalamnya. Untuk suku yang paling banyak mendiami Kalimantan barat adalah suku Dayak dan juga suku adat Melayu.

Selain suku Dayak dan melayu, ada juga suku minoritas atau suku pendatang yang ada di Kalimantan barat, yaitu ada suku jawa, sunda, cina, bugis, batak, madura dan ada juga suku banjar. Tentu saja semua suku yang ada di Kaimantan barat memiliki adat dan budayanya sendiri-sendiri yang dapat menjadi identitas provinsi Kalimantan barat.

Beragam budaya yang di bawa oleh suku-suku itu antara lain adalah rumah adat, makanan khas, tarian tradisional, senjata tradisional, keseniantradisional dan tentunya adalah pakaian tradisional yang akan kita bahas dalam kesempatan ini.

Pakaian adat kalimantan barat yang akan kita bahas adalah pakaian yang sering digunakan oleh suku mayoritas di Kalimantan barat, yaitu suku dayak dan juga suku melayu.

Nama Pakaian Adat Kalimantan Barat Dan Penjelasannya

Pakaian adat ini adalah sebuah representasi dari wujud material dari kebudayaan yang ada di masyarakan kalimantan barat itu sendiri. Pakaian ini sangat penting untuk mempresentasikan warisan, sejarah serta kemajuan masyarakat dalam fase kehidupan yang sudah sangat lama.

Berikut ini adalah penjelasan mengeni pakaian adat Kalimantan barat beserta penjelasannya:

1.Pakaian Adat Kalimantan Barat Untuk Laki-Laki Suku Dayak

pakaian adat kalimantan barat laki-laki

Pakaian adat kalimantan barat yang digunakan oleh laki-laki dari suku dayak disebut dengan King baba. Dalam arti dalam bahasa dayak, king meimiliki arti pakaian dan baba artinya aalah laki-laki.

Untuk bahan pembuatan pakaian ini adalah dari kulit kayu tanaman  ampuro atau bisa juga dengan kayu kapuo. Kedua jenis kayu ini sendiri memang berasal dari tanaman endemik yang hanya ada di Kalimantan dan memiliki kandunganserat yang sangat tinggi.

Proses pembuatan pakaian adat ini adalah dengan memukulkan kayu ampuro di dalam air dengan menggunakan palu bulat, sampai tinggal menyisakan seratnya saja.

Apabila sudah terasa lentu, lalu kulit kayu itu di jemur dan dihias dengan lukisan khas suku dayak dengan menggunakan cat yang masih alami sekali. Lalu kulit kayu ini di bentu sehingga menyerupai sebuah rompi tanpa lengan dan juga dibentuk celana panjang.

Selain untuk di buat sebagai pakaian, kulit kayu itu juga bisa di buat sebagai ikat kepala. Pada ikat kepala yang telah di buat akan diselipkan sebuah bulu binatang, yaitu bulu burung enggrang gading. Untuk tambahan aksesorisnya akan di pakaikan senjata khas yaitu mandau. Pakaian seperti ini juga merupakan pakaianyang di gunakan untuk berperang pada zaman dahulu.

2.Pakaian Adat Untuk Perempuan Suku Dayak

pakaian adat kalimantan barat perempuan

Pakaian adat yang digunakan oleh laki-laki suku dayak adalh king baba, sedangkan untuk para perempuan dari suku dayak menggunakan pakaian adat yang disebut dengan King Bibinge.

Pakaian adat untuk perempuan ini bahan pembuatan dan juga cara pembuatannya sama saja dengan pakaian untuk laki-lki, akan tetapi bentuknya tentu saja berbeda.

Pakaian untuk para perempuan ini bisa di bilang lebih sopan, karena menutupu dada, stagen, danmemakai kain bawahan dan sebagai aksesoris akan memakai beragam pernak-pernik lainnya seperti hiasan dari bulu burung enggang, manik-manik dan juga memakai kalung serta gelang.

Pakaian ini sering digunakan dalam kehidupan dan aktivitas masyarakat suku Dayak sehari-harinya. Seperti berburu, bertani dan juga saat sedang melaksanakan upacara adat.

Pakaian-pakaian adat ini masih tetap digunakan sampai sekarang, terutama pada masyarakat suku Dayak Kubu yang tempat tinggalnya masih berada di daerah pedalaman dan cara hidupnya masih nomaden atau berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Sementara itu, untuk suku dayak yang sudah hidup menetap di pedesaan sudah mengetahui yang namanya budaya menenun. Beberapa hasil tenunan ini cukup terkenal di provinsi Kalimantan barat. Berikut ini beberapa hasil tenun khas Kalimantan barat yang perlu anda ketahui:

  • Tenun daerah songket sambas.
  • Tenun Belitang daerah kumpang ilong yang dapat kita temui di Kabupaten sekadau.
  • Tanun Ensaid Panjang yang berada di daerah Kabupaten Sintang.
  • Tenun kapas hulu.
  • Sulam Kalengkang yang dapat kita temui di daerah Kabupaten sanggau. Tenun ini merupakan tenun khas dari suku melayu di sana.

3.Pakaian Adat Melayu Sambas

pakaian adat kalimantan barat melayu sambas

Pakaian adat melayu sambas cukup terkanal, sama halnya dengan pakaian adat melayu yang ada di daerah lainnya. Baik di daerah sematera, kalimantan maupun di daerah Malaysia yang lebih di kenal dengans sebutan pakaian Teluk bengala atau Cekak musang.

Untuk pebedaa pakaiannya sendiri yaitu terletak pada bentuk lehernya, yaitu ada yang berkerah dan juga ada yang tidak berkerah.

Salah satu hal yang merupakan ciri khas dari pakaian adat Kalimantan barat ini tentunya dari penggunaan kain songket khasnya.

Video Pakaian Adat Kalimantan Barat

Beriku ini adalah video yang menggambarkan tentang pakaian adat dari Kalimantan barat:

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai pakaian adat Kalimantan barat, yang di dalamnya juga berisi mengenai pembahasan dari nama pakaian adat kalimantan barat beserta penjelasannya.

Baca Juga : Pelajaran Matematika Kelas 4

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai pakaian adat dari Provinsi kalimantan barat ini. Dan saya berpesan untuk anda sebagai generasi muda untuk selalu melestarikan segala adat dan kebudayaan yang ada di negeri tercinta kita ini.

Dan satu lagi pesan saya untuk anda semua adalah untuk sering-seringlah mampir ke websiteinfosoalpelajaran, apabila anda sedang mencari informasi mengenai soal pelajaran atau punmateri-materinya dari berbagai macam tingkatan sekolah yang ada di Indonesia

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.