Pakaian Adat Kalimantan Selatan Dan Gambarnya Beserta Penjelasannya Lengkap Terbaru

Pakaian Adat Kalimantan Selatan – Selamat datang kembali di infosoalpelajaran yang merupkan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai pembahasan dari berbagai macam info mengenai soal pelajaran dan juga materi-materi pelajaran dari semua tingkatan sekolah yang ada di Indonesia.

pakaian adat kalimantan selatan

Dan dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai pakaian adat kalimantan, yang di dalamnya juga berisi mengenai nama pakaian adat kalimantan selatan dan gambar, pakaian adat kalimantan selatan wikipedia, keunikan pakaian adat kalimantan selatan, bajupengantin adat banjar kalimantan selatan, pakaian adat dari daerah kalimantan selatan adalah, baju adat banjar anak-anak, dan pakaian adat banjarmasin modern.

Nama Baju Adat Kalimantan Selatan Dan Penjelasannya

Provinsi kalimantan selatan sebenarnya memiliki suku asli yang mendiami daerahnya, ayitu suku banjar. Dan suku banjar ini juga memiliki 3 sub etnis tersendiri, antara lain adalah pahuluan, kuala dan juga batang banyu. Dan ketiga sub etnis suku banjar inilah yang disebut dengan orang banua.

Orang bangua yang mendiami provinsi kalimantan selatan ini tentunya memiliki berbagai macam adat istiadat dan kebudayaan yang mencerminkan nilai kebudayaan mereka dari zaman nenek moyang dahulu. Salah satu kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat banjar di kalimantan selatan ini adalah pakaian adatnya.

Pada dasarnya, di zaman sekarang ini masyarakat banjar telah tersebar baik di kota, maupun yang masih tinggal di daerah pedesaan yang tentunya masih peduli dengan memakai baju adat kalimantan selatan. Pakaian adat ini juga telah diimplementasikan terhadap pakaian adat untuk pengantin kalimantan selatan.

Pakaian adat masyarakat banjar ada 4 jenis, yaitu terdiri dari pakaian adat asli kalimantan selatan dan yang satunya adalah baju yang telah mengalami proses modifikasi sebelumnya. Keempat pakaian ini dikenal dengan nama Bagajah gamuling baular lulut, Ba’amar galung pancaran matahari, babajukun galung pacinan, dan juga ada bajbaju kubaya panjang.

Berikut ini penjelasan mengenai pakaian adat kalimantan selatan:

1. Baju Adat Kalimantan Selatan Bagajah Gamuling Baular Lulut

pakaian adat kalimantan selatan bagajah gamuling
Sumber : http://www.tradisikita.my.id/

Baju adat bagajah gamuling baular lulut ini merupakan pakaian yang digunakan untuk pengantin yang telah berkembang dari zaman dahulu yaitu sejak zaman kerajaan hindu kuno masih berjaya di wilayah kalimantan selatan.

Untuk kelengkapan yang digunakan oleh para pria pada pakaian adat jenis ini adalah pakaian pokok yang berbentuk kemeja dengan lengan pendek tanpa dilengkapi dengan kerah, untuk bawahannya dengan menggunakan celana panjang dengan motif pucuk rebung yang terbentuk dari manik-manik, memakai tapih dengan motif binatang halilipan, memakai mahkota bundar dengan bentuk ular lidi yang digunakan melingkar pada kepala, kalung samban, kilat bahu garuda mungkur paksi, memakai juga pending emas yang memiliki motif gua kelapa, serta tak lupa juga memakai keris pusaka khas masyarakat banjar yang memiliki bentuk sempana.

Sedangkan untuk kelengkapan yang digunakan oleh wanita adalah kemben sebagai penutup dada, selendang, tapih yaitu sarung panjang dengan motif halilipan dan menggunakan pengikat pinggang berupa kayu apu. Untuk tatanan rambutnya di buat sanggul yang dihiasi oleh mahkota serta kembang goyang dan juga kuncup bunga melati. Untuk aksesoris pelenkapnya lagi yaitu anting beruntai yang panjang atau sering di sebut dengan pula bonel, kalung samban pedaka, gelang tangan, gelang kaki, ikat pinggang, cincin bertahtakan permata dan juga memakai alas kaki berupa selop.

2. Ba’amar Galung Pancaran Mataharibaju adat kalimantan selatan baamar galungan pancarang matahari

Untuk pakaian adat kalimantan selatan yang satu ini, masa perkembangannya juga sudah sejak zaman dahlu yaitu saat masa kejayaan kerajaan islam di tanah kalimantan selatan.

Untuk kelengkapan pakaian ba’amar galung pancaran matahari pada pria antara lain adalahdestar atau kalung, kemeja berwarna putih lengan panjang dengan dilengkapi renda, jas buka tanpa adanya kancing, untuk atasan berupa celana panjang, sarung sabuk, tapih pendek dengan motif halilipan, tali wenang atau berupa kain ikat pinggang yang memiliki warna kuning di pakaikan pada atas sabuk, memakai keris pusaka khas banjar, gelang kaki, alas kaki berupa selop yang dihiasi oleh manik-manik.

Sementara itu, untuk kelengkapan pakaian adat pada perempuan adalh paju poko dengan lebgan yang pendek tanpa adanya kerah, penutup dada, penutup poko dan sarung dari kayu apu, kembang goyang, sanggul berbentuk bulan sabit, mahkota amar galungan pancaran matahari, tapih atau sarung panjang, dan juga dilengkapi dengan sisir dari emas.

Untuk aksesoris pelengkapnya yaitu anting panjang, kalung cikak, kalung kebun raja, kilay bahu, gelang kaki, gelang tangan, kalung denganbetuk seperti biji kurma, ikat pinggang emas dan memakai penutup kali yaitu berupa selop yang dilengkapi dengan sulaman benang emas

3. Babaju Kun Galung Pacinan

pakaian adat kalimantan selatan babaju kun galngan matahari

Pakaian adat babaju kun galungan pacinan merupakan pakaian adat kalimantan selatan yang merupakan hasil dari akulturasi kebudayaan asli banjar dengan kebudayaan dari tiongkok. Sehingga kalau kita melihat sekilas, akan terlihat sepert pakaian adat betawi  atau semarang.

Untuk kelengkapan pakaian pada pengantin pria adalah berupa baju gamis atau jubah, memakai kopyah alpe dengan lilitan sorban yang di hiasi oleh untuian kuncup bunga melati, selempang dan juga memakai alas kaki berupa selopyang di hiasi dengan sulaman benang emas. Untuk aksesoris pelengkapnya dengan memakai kalung rantai yang terbuat dari emas dan permata, sarta tak lupa juga memakai cincin dengan mata yang terbut dari batu zamrud.

Sementara itu untuk kelengkapan pada pakaian adat untuk pengantn wanita adalah kebaya yang memiliki lengan panjang dengan bentuk seperti cheong sam dengan motif hiasan bunga teratai dari sulaman benang emas. Untuk pemakain kebeya ini akan di padukan dengan menggunakan rok besar yang dihiasi dengan taburan manik-manik yang juga dihiasi dengan sulaman bermotif khas tiongkok atau cina. Untuk bagian kepala akan di pakaiakn dengan mahkota yang berbentuk setengah lingkaran dengan permata didalamnya, tusuk konde berbentuk huruf hijaiyah lam yang dilengkapi permata dari batu mulia, kembang goyang dan tusuk konde yang memiliki bentuk seperti burung hong.

4. Pakaian Adat Kalimantan Selatan Babaju Kubaya Panjang

pakaian adat kalimantan selatan baamar galung matahari

Pkaian yang satu in merupakan pakaian adat yang merupakan gabungan dari tiga pakaian adat kalimantan yang telah saya sebutkan sebelumnya. Pakaju kebaya yang memiliki lengan panjangaian ini disebut dengan babaju kubaya panjang karena pakain pengantin ini menggunakan baju kebaya dengan lengan yang panjang.

Masyarakat kalimantan selatan juga biasa untuk menyebut pakaian modifikasi ini dengan nama baamar galungan modifikasi.

Baca Juga : Pakaian Adat Kalimantan Utara

Video Pakaian Adat Kalimantan Selatan

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai pakaian adat kalimantan selatan, semoga dapat membantu anda yang sedang mencari pengetahuan mengenai pakaian adat ini dan saya harapkan kepada anda sema sebagai generasi penerus untuk selalu melestarikan pakaian adat dari daerah anda masing-masing.

Dan saya juga berpesan kepada anda agar selalu mampir ke website infosoalpelajaran saat anda sedang mencari tahu mengenai doal pelajaran atau pun materi pelajaran dari berbagai tingkatan sekolah yan ada di Indonesia.

Terima kasih telah membaca. Sampa jumpa lagi.