Pakaian Adat Kalimantan Timur Dan Penjelasannya Lengkap Terbaru 2019

Pakaian Adat Kalimantan Timur – Hai, selamat datang kembali di website infosoalpelajaran, yang mana adalah merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai pembhasan dari berbagai macam soal pelajaran dan materi-materi pelajarannya dari berbagai macam tingkatan sekolah yang ada di Indonesia.

Dan dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai pakaian adat kalimantan timur, yang di dalamnya juga berisi pembahasan mengenai nama pakaian adat kalimantan timur dan pakaian adat kalimantan timur dan penjelasannya, dan tentunya juga akan saya tambahkan brserta gambarnya untuk memperjelas anda.

Pakaian Adat Kalimantan Timur Dan Penjelasannya

Provinsi Kalimantan timur memiliki beberapa suku yang mendiami wilayahnya, antara lain yaitu suku kutai, suku banjar dan juga suku dayak. Suku-suku tersebut tentunya memiliki adat dan kedudayaannya sendiri-sendiri, salah satu pakaian adat yang menjadi ciri khasnya adalah pakaian adat dari kalimantan timur. Pakaian adat yang ada di kalimantan timur tentunya memiliki kegunaan pada acara-acara yang tertentu, misalnya saat adaupacara pernikahan, pertunjukan tari dan acara-acara yang lainnya.

Barangkali anda semua sudah tahu akan salah satu pakaian adat dari suku dayak yang sudah sangat terkenal yang identik dengan oenggunaan manik-manik yang warnanya beraneka ragam dan sebagai penghiasnya akan menggunakan kain hitam yang di gunakan untuk bahan dasar pakaian adat dari suku dayak. Dan akan lebih baik apabila anda semua lebih dalam lagi mempelajari. Maka dari itu, maka sekarang saya akan membahas berbagai macam pakaian adat yang ada di provinsi Kalimantan timur.

Pakaian adat kalimantan timur, khususnya yang digunakan oleh suku dayak yang pria sering disebut dengan nama sapei sapaq, dan pakaian yang di pakai untuk wanita dari suku dayak adalah Ta’a.

Baca Juga : Soal Matematika Kelas 2 SD

Kalau kita melihat dari tata cara berbusana suku dayak, sangat terlihat bahwa pakaian itu memberikan makna yang arif dan bijaksana dalam memanfaatkan alam untuk kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, selain pakaian sapei sapaq, ada juga pakaian adat kustin, pakaian adat kurung, dan pakaian yang lainnya yang penjelasannya yang ada di bawah ini:

1. Pakaian Adat Ta’a

Pakaian adat dari provinsi kalimantan timur yang bernama Ta’a ini sering di gunakan oleh para wanita. Pakaian ini memiliki beberap bagian , antara lain adalah da’a yang berupa ikat kepala dan biasanya di pakai oleh para orang tua. Untuk baju atasannya adalah sapei inoq dan memakai bawahan yang di sebut dengan ta’a. Untuk bagian pakaian adat dari bawahan dan atasan ditambah denan aksesoris berupa manik-manik. Untuk pelengkapnya, akan memakai uleng atau hiasan kalung yang terdiri dari manik-manik yang beruntai sampai bawah dada.

2. Pakaian Adat Sapei Sapaq

Pakaian adat ini adalah pakain adat yang digunakan oleh para pria. Pakaian ini memilikimotif yang hampir sama dengan motif pakaian yang ada pada pakaian yang di pakai oleh wanita. Hanya saja untuk atasannya berbentuk rompi, dengan bawahan memakai cawat yang biasa disebut dengan abet kaboq. Untuk tambahan pelengkapnya, akan ditambah dengan memakai mandau yang diikatka pada pinggang.

Berikut ini adalah pakaian adat Ta’a dan Sapei Sapaq:

pakaian adat kalimantan timur

3. Pakaian Adat Kustin

pakaian adat kalimantan timur kustin
Sumber : http://www.tradisikita.my.id

Selain pakaian adat sapei sapaq yang merupakan pakaian adat yang di gunakan oleh suku dayakkenyah yang ada di akalimantan timur, ada juga pakaian lain yang disebut dengan pakaian kustin yang sering di pakai oleh suku dayak kutai. Pakaian adat dayak kutai yang disebut dengan pakaian adat kustin ini merupakan pakaian yang di gunakan oleh suku kutai, dan sering juga disebut dengan nama kutai hitam. Pakaian ini sering digunakan oleh golongan menengah ke atas sebagai pakaian resmi pada acar pernikahan di zaman dahulu.

4. Pakaian Adat Bulang Kuurung

Suku dayak selalu menggunakan pakaian khusus saat sedang mengadakan upacara tertentu, dan tentunya akan berbeda menyesuaikan upacara atau kegiatan atau pun ritual tradisionalnya. Pakaian adat suku dayak yang satu ini dinamakan dengan bulang. Untuk macam dan jenisnya pun sangat beranekaragam dan di bagi terhadap berbagai macam kategori yang lainnya. Contohnya bulang kuurung dan bulang burai king. Bulang kurung adalah pakaian tanpa lengan, pakaian ini biasanya di pakai oleh para dukun.

5. Pakaian Adat Bulang Burai King

pakaian adat kalimantan timur burai king

Pakaian adat ini juga sangat terkenal karena hampir semua suku dayak pasti memiliki pakaian ini. Hal ini dikarenakan banyak sekali upacara adat yang mengharuskan suku dayak untuk menggunakan pakaian ini saat ada upacra adat. Salah satu hal yang istimewa yang dimiliki oleh pakaian adat ini adalah pemasangan manik-manik sebagai hiasan. Untuk pelengkapnya, akan memakai hiasan yang terbuat dari bulu enggrang yang indah dan di tata berjuntai-juntai pada kepala dan ujung tangannya.

6. Baju Taqwo

pakaian adat kalimantan timur taqwo

Pakaian lain yang terkenal dari suku kutai adalah pakaian adat taqwo. Pakaian ini pun sangat berbeda dengan pakaian adat yang lainnya. Pada zaman dahulu, pakaian ini digunakan oleh para bangsawan dan para penari saat mengikuti sebuah upacara adat. Akan tetapi, untuk sekarang masyarakat telah menggunakan baju taqwo sebagai pakaian untuk pengantin.

Saat upacara penikahan, pengantin wanita akan menggunakan pakaian taqwo. Bentuk pkaian taqwo ini mirip jas tutup akan tetapi memiliki leher yang tinggi. Di bagian depannya akan di tambah dengan sepotong kain yang sering di sebut dengan nama jelapah. Jelapah ini akanmenutup dari bagian tengah dada sampai bawah pinggul. Dibagian kanan dan kiri jelapah dapat kita temukan 5 buah kancing. Dan untuk bagian leher ada 2 kancing.

7. Pakaian Miskat

pakaian adat kalimantan timur miskat

Pakaian Miskat adalah pakaian adat kalimantan timur yang berasal dari Kutai kartanegara. Pakaian miskat ini memiliki kesamaan dengan pakaian adat cina, pakaian ini biasanya digunakan pada kehidupan sehari-hari dan sebagaimana fungsinya untuk di pkai saat upacara adat yang sifatnya khusus.

Dalam perkembangannya saat ini, pakaian miskat ini di gunakan oleh para Pegawai Neger Sipil yang ada di lingkunagn Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. Biasanya pakaian in di pakai para PNS saat hari kamis saja.

Selain memiliki sedikit kesamaan dengan pakaian cina, pakaian miskat ini juga memiliki sedikit kesamaan dengan pakaian korea. Hal inilah yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang cukup besar pada zaman dahulu pada pakaian adat ini.

Semua hal di atas tentang pakaian miskat ini telah menandakan bahwa adanya kejayaan Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura pada zaman dahulu.

Video Pakaian Adat Kalimantan Timur

Berikut ini adalah video yang berhubungan dengan pakaian adat Kalimantan timur yang dapat memberikan gambaran yang lebih baik untuk anda:

Demikianlah pembahasan saya mengenai pakaian adat kalimantan timur yang di dalamnya juga berisi pembahasan mengenai nama pakaian adat kalimantan timur dan pakaian adat kalimantan timur dan penjelasannya.

Baca Juga : Soal Matematika Kelas 3 SD Semester 1

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari pengetahuan mengenai pakaian adat dari kalimantan timur, dan saya berpesan kepada anda untuk selalu melestarikan pakaian adat dari daerh anda masing-masing agar tidak mengalami kepunahan.

Dan satu legi pesan saya untuk anda adalah agar anda sering datang ke website infosoalpelajaran, apabila anda sedang mencri informasi apa pun mengenai soal pelajaran atau materi pelajaran dri berbagai macam tingkatan sekolah yang ada di Indonesia.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.