Nama Pakaian Adat Kalimantan Utara Dan Penjelasannya Lengkap Terbaru

Pakaian Adat Kalimantan Utara – Hai semuanya, selamat datang kembali di websiteinfosoalpelajaran, yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai pembahasan dari berbagai macam soal pelajaran dan materi-materi pelajarannya dari berbagai tingkatan sekolah yang ada di Indonesia.

pakaian adat kalimantan utara

Dan dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai pakaian adat kalimantan utara, yang di dalamnya juga berisi mengenai pembahasan dari nama pakaian adat kalimantan utara, pakaian adat kalimantan utara dan penjelasannya dan tentunya akan saya tambahkan dengan gambar untuk anda.

Pakaian Adat Kalimantan Utara Dan Penjelasannya

Kalimantan utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang paling muda, karena baru di bentuk dan di sahkan sebagai sebuah provinsi pada tanggal 2 oktober 2002 pada rapat paripurna DPR. Hal ini berdasarkan pada UU No. 20 Tahun 2012. Kalimantan utara merupakan provinsi hasil pemekaran dari provinsi kalimantan timur, maka dari itu kita akan menemukan banyak sekali kesamaan adat dan budaya dengan provinsi kalimantan timur. Kesamaan yang paling jelas adalah karena banyaknya suku dayak yang mendiami kedua provinsi ini.

Untuk penduduk yang paling banyak mendiami kalimantan utara suku jawa dengan presentasi sebanyak 40 %, hal ini dapat terjadi karena adanya program transmigrasi besar-besaran yang dilakukan oleh pemerintah. Untuk penduduk terbanyak seterusnya ada penduduk yang asalnya dari sulawesi selatan. Lalu untuk penduduk lainnya ada dari suku Dayak, Suku banjar, suku bulungan, suku kutai dan suku tidung.

Dan berikut ini adalah pakaian adat kalimantan utara yang berupa pakaian adat dayak yang memang penduduk asli dari kalimantan utara. Pakaian adat inilah yang merupakan kekayaan nusantara.

Pakaian Adat Kalimantan Utara

Sebagaimana yang telah saya sebutkan di atas, bahwa kalimantan utara memiliki penduduk asli yaitu suku dayak sama halnya dengan provinsi kalimantan timur. Kalau kita bicara tentang kebudayaan pakaian adat suku dayak, maka kita akan melihat berbagai macam motif yang sangat khas. Dimana biasanya akan ada motif yang berupa ceita kehidupan, baik itu tentang alam atau pun tentang binatang, dan juga kita akan melihat banyak sekali pernak-pernik khas suku dayak.

Baca Juga : Pakaian Adat Kalimantan Timur

Untuk pakaian adat yang biasa digunakan oleh suku  dayak disebut dengan nama bulang. Namun tentunya pakaian yang digunakan oleh pria dan wanita akan berbeda, pakaian untuk pria disebut dengan sapeq, sedangkan pakaian yang digunakan oleh wanita disebut dengan Ta’a. Pakaian ini biasanya akan digunakan pada acara yang khusus. Untuk bagian-bagian yang terdapat dalam pakaian adat kalimantan timur suku dayak ini, salah satunya adalah bulang kurung, yang terdiri dari sapeq tangan atau tanpa lengan, dokot tangan atau lengan pendek dan langke yang berlengan panjang. Biasanya pakaian ini akan digunakan oleh para dukun atau balien. Tapi ada juga pakaian adat suku dayak yang dimiliki oleh semua suku dayak yaitu bulang burai king.

1. Pakaian Adat Kalimantan Utara Ta’a

pakaian adat kalimantan utara ta'a
Sumber : http://www.tradisikita.my.id/

Pakaian Ta’a adalah pakaian adat suku dayak yang biasanya digunakan oleh para wanita dayak Pakaian ini memiliki beberapa bagian antara lain da’a yang meruakan semacam ikat kepala yang pembuatannya dari pandan dan biasanya digunakan oleh para orang tua. Llau untuk baju atasannya yaitu sapeq inoi dengan memakai bawahan berupa sebuah rok yang disebut dengan Ta’a. Untuk bagian atasan maupun bawahan ini biasanya akan dihiasi dengan berbagai macam manik-manik. Lalu sebagai pelengkapnya juga akan di pakaiakan hiasan kalung dari manik-manik yang untaiannya sampai ke bawah dada yang disebut dengan nama uleng.

2. Pakaian Adat Kalimantan Utara Sapei Sapaq

pakaian adat kalimantan utara sapei sapaq

Pakaian sapei sapaq ini umum untuk digunakan oleh para pria dari suku dayak. Pakaian ini memiliki corak motif yang hampir sama dengan pakaian adat yang digunakan oleh para wanita. Hanya saja untuk atasannya adalah berupa rompi dan bawahanya yaitu dengan menggunakan abet kaboq, yaitu berupa cawat. Lalu untuk pelengkapnya juga akan memakai mandau yang diikatkan pada bagian pinggang.

3. Pakaian Adat Kalimantan Utara Bulang Kuruung

pakaian adat kalimantan utara bulang kuurung

Saat sedang melaksanakan uparaca adat atau kegiatan ritual lainnya, suku dayak selalu menggunakan pakaian yang khusus yang menyesuaikan uacara atau ritual adat yang sedang dilakukan. Pakaian ini disebut dengan nama bulang. Karena banyaknya macam dan jenisnya, maka pakaian ini dibagi kedalam berbagai macam kategori. Contohnya adalah bulang kuruung dan bulang burai king. Pakaian bulang kuurung ini disebut demikian karena pakaian ini tidak memiliki lengan. Untuk bulang kuurung ini di bagi lagi menjadi dua, yaitu dokot tangan atau pakaian dengan lengan yang pendek dan langke atau pakaian dengan lengan yang panjang. Pada umumnya pakaian ini digunakan oleh para dukun.

Video Pakaian Adat Kalimantan Utara

Berikut ini adalah video yang berhubungan dengan pakaian adat yang berasal dari provinsi kalimantan utara, yang dapat menambah gambaran anda tentang pakaian adat dari provinsi termuda di Indonesia ini:

Demikianlah pembahasan saya mengenai pakaian adat kalimantan utara yang di dalamnya juga berisi mengenai pembahasan dari nama pakaian adat kalimantan utara, pakaian adat kalimantan utara dan penjelasannya dan tentunya akan saya tambahkan dengan gambar untuk anda.

Baca Juga : Contoh Percakapan Bahasa Inggris

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari pengetahuan mengenai pkaian adat kalimantan utara, dan saya berpesan kepada anda semua agar selalu melestarikan pakaian adat dari daerah anda masing-masing. Akan tetapi tentunya bukan hanya melestarikan pakaian adatnya saja, akan tetapi juga melestarikan semua adat budaya yang merupakan warisan dari leluhur.

Dan satu lagi pesan saya kepada anda adalah agar selalu mapir ke website infosoalpelajaran, saat anda sedang mencari tahu mengenai soal pelajaran atau materi pelajaran apa pun dari semua tingkatan sekolah yang ada di Republik Indonesia.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.