Nama Pakaian Adat Lampung Saibatin Dan Pepadun Terbaik Beserta Penjelasannya Lengkap

Pakaian Adat Lampung – Pulau sumatera merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di wilayah Republik Indonesia. Karena merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia, maka tidak heran kita akan mendapati berbagai suku bangsa yang mendiami wilayahnya. Salah satu provinsi di wilayah Sumatera yang masih sangat menjunjung tinggi adat dan budayanya adalah Lampung. Lampung sendiri letaknya berada di ujung selatan Pulau Sumatera dan secara geografis sangat dekat dengan pulau Jawa.

pakaian adat lampung

Dan pada kesempatan kali ini infosoalpelajaran akan membahas mengenai pakaian adat. Salah satu adat budaya yang sekarang ini masih di junjung tinggi oleh masyarakat Lampung adalah mengenai pakaian adatnya. Pakaian ini bukan hanya di pakai sata acara pernikahan akan tetapi juga saat mengaakan acara tarian. Model pakaian adat Lampung ada dua yaitu pakaian adat Lampung Saibatin dan pakaian adat Lampung Pepadun.

Baca Juga : Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Pakaian Adat Lampung untuk Laki-laki

pakaian adat lampung laki-laki

Pakaian adat yang digunakan oleh laki-laki Lampung cenderung sangat sederhana. Pakaian ini terdiri dari kemeja putih dengan lengan panjang, lau bawahannya dengan memakai celana panjang hitam, sarung tarumpal, memakai sesapuran serta khiha akhir. Sarung tarumpal ini merupakan salah satu kain yangmenjadi ciri khas Lampung. Pada sarungini akan kita temui seulaman benang emas. Cara penggunaannya adalah dengan memakainya di luar celana kain lalu diikatkan dari pinggang sampai lutut.

Setelah itu memakai sesapuran yang merupakan sehelai kain yang dilengkapi dengan rumbai ringgit diikatkan pada bagian luar sarung. Lalu ada Khikhat akhir yaitu berupa selendang yang pemakaiannya dilingkarkan di pundak. Pakaian pada laki-laki juga dilengkap dengan beberapa aksesoris sebagai berikut ini:

  • Kalung buah jukum

Kalung ini memiliki bentuk seperti namanya, kalung ini menyerupai bentuk dari buah jukum. Kalung ini sendiri memiliki simbol sebagai lambang doa agar pengantin segera mendapatkan keturunan.

  • Kalung papan jajar

Kalung ini terdiri dari gantungan yang berbentuk 3 lempengan perahu, lalu tersusun dengan ukuran yang berbeda-beda pada masing-masing lempengannya. Kalung ini juga memiliki filosofi tersendiri yaitu agar kelanjutan kehidupan dari kedua penganin akan bisa dilanjutkan melalui keturunannya.

  • Selempang pinang

Selempang pinag ini adalah sebuah kalung yang memiliki bentuk bunga atau bisa juga buah.

  • Ikat pinggang bulu serti

Ikat pinggang bulu serti ini dilengkapidengan sebuah keris atau biasa disebut dengan terapang yang merupakan senjata khas dari Lampung.

  • Gelang burung

Gelang ini di pakai paa lengan kanan dan kiri sebagai lambang perjalanan panjang setelah pernikahan yang akan terjalin.

  • Gelang kano

Gelang ini di pakai di bawah gelang burung. Gelang ini memiliki bentuk ban yang melambangkan pembatasan dari semua hal yang mungkin dapat terjadi setelah menikah.

  • Gelang bibit

Gelang ini di pakai di bawah gelang kano. Gelang ini sendiri adlah sebagai doa agar segera di beri keturunan.

Pakaian Adat Lampung untuk Pengantin Wanita

pakaian adat lampung wanita

Pakaian yang digunakan oleh wanita sebenarnya tidak cukup berbeda dengan yang digunakan oleh pengantin pria. Namun tentunya ada sedikit tambahan yang membedakan dan memiliki filosofi tersendiri pada setiap perhiasan yang digunakan. Berikut ini beberapa aksesoris tambahan yang digunakan oleh pengantin wanita:

  • Siger

Siger adalah sebuah mahkota yang bahan pembuatannya dari emas. Mahkota ini sering digunakan oleh pengantin wanita. Siger ini sendiri memiliki 9 ruji yang melambangkan 9 sungai yang ada di Lampung. Sungan-sungai ini antara lain adalah Sungai way sekampung, Way abung pareng, Way semangka, Way Kanan, Way Seputih, Way Sunkai, Way Tulang Bawang, Way Mesuji. Mahkota atau sigerini juga sebagai lambang keagungan adat budaya Lampung.

  • Seraja Bulan

Seraja bulan adalah mahkota kecil yang memiliki ruji dan di pakai di atas siger. Mahkota kecil ini berjumlah 5.

  • Subang

Perhiasan atau aksesoris ini dipakaiakan dengan digantungkan pada ujung daun telinga. Bentuk yang diniliki biasanya adalah bentuk buah kenari yang bahan pembuatannya dari emas.

  • Perhiasan dada dan leher

Perhiasan ini dipakai pada dadadan leher yang di dalamnya berupa kalung ringgit, kalung jukum dan juga ada kalung papanjajar. Untuk kalung ringgit memiliki bentuk seperti buah ringgit. Lalu ada kalung jukum yang merupakan sebuah simbol agar pengantin bisa segera mendapatkan keturunan. Selain itu ada kalung papanjajar yang di dalamnya ada kalung gantungan dan ada 3 lempengan siger dengan bentuk perahu

  • Perhiasan pinggan dan lengan

Perhiasan yang terkhir adalah yang di pakai pada bagian pinggang an berupa selempang pinang yang cara pemakaiannya adalah dengan di gantungkan pada bahu ke pinggang lalu sebuah ikat pinggang yang terbauta dari kain beludru berwarna merah yang memiliki hiasan kelopak bungan dan terbuat dari bahan kuningan. Lalu untuk perhiasan pada lengan adalah terdiri dari gelang burung, gelang kano, gelang duri serta gelang bibit yang maknanya sama saja dengan yang di pakai oleh laki-laki.

Video Pakaian Adat Lampung

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai pakaian adat ini yang di dalamnya juga terdapat nama pakaian adat lampung, pakaian adat lampung saibatin, gambar pakaian adat lampung, pakaian adat lampung pesisir, pakaian adat lampung pepadun, pakaian adat lampung pria, pakaian adat lampung beserta keterangannya, pakaian adat lampung anak2, foto pakaian adat lampung.

Selain itu banyak juga pencarian yang orang lakukan mengenai baju adat lampung, adat lampung, Sarung lelaki lampung acara adat, pakaian adat lampung saibatin dan pepadun, Pakaian adat lampung adalah, Apa nama kain adat lampungAneka macam logo siger lampung, adat dilampung.

Baca Juga : Pakaian Adat Madura

Apabila anda ingin pembahasan lainnya dapat dengan mengunjungi website infosoalpelajaran yang akan membahas mengenai soal pelajaran beserta materinya secara mendalam ari berbagai macam tingkatan sekolah di Indonesia. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya.