Pakaian Adat Madura Wanita Dan Pria Paling Khas Tukang Sate Madura Terlengkap

Pakaian Adat Madura – Hai, selamat datang kembali di website infosoalpelajaran, disini kita akan melakukan pembahasan mengenai berbagai soal pelajaran berserta materi pelajaran dari semua tingkatan sekolah di Indonesia. Dan dalam kesempatan kali ini kita akan membahasn mengenai pakaian adat Madura.

Banyak juga orang yang mencari tahu mengenai pakaian adat madura, baju adat madura, pakaian madura, baju marlena modern, pakaian adat suku madura, pakaian adat khas madura, kebaya madura, nama pakaian adat madura, macam2 pakaian adat madura, baju komprang madura. Di bawah inilah pembahasan mendalam mengenai pakaian adat ini.

Sejarah Madura

gambar pakaian adat madura

Sebagai sebuah wilayah, Madura memiliki sejarah yang sangat panjang. Tercatat keraton pertama yang beriri di wilayah Mdura adalah pada tahun 1296 dengan Adipati pertamanya yaitu Arya Wiraraja. Pada mulanya, sebenarnya pulau Madura wilayahnya menyatu dengan wilayah pulau Jawa, hal ini pun ada dalam kitab Negarakertagama. Hal ini pun menunjukkan bahwa komunitas budaya antara masyrakat Jawa dan Madura memiliki kesamaan.

Masyarakat Madura sendiri terkenal dengan sifatnya yang blak-blakan. Cara mereka berbicara pun sangat tegas, apa adanya dan terkesan sangat berani. Mereka pun tidak akan segan untuk mengatakan ketidak sukaan kepada seseorang atau pun suatu hal yang mengganggunya. Berbagai macam sejarah kebudayaan seperti inilah yang juga membentuk asal usil Pakaian Adat Madura yang juga termasuk dalam Pakaian Adat Jawa Timur, karena berada di wilayah provinsi Jawa Timur. Apabila kita melihat secara garis besar, maka berikut ini beberapa penjelasan mengenai pakaian adat Madura untuk laki-laki dan perempuan:

Nama Pakaian Adat Madura

Pakaian Adat Madura Laki-laki

Pakaian adat Madura yang digunakan oleh para laki-laki ini sangat terkenal di Indonesia, bahkan kita akan sering melihatnya pada acara di televisi karena memang sering di parodikan. Pakaian ini sering di pakai oleh para penjual sate khas Madura. Berikut ini beberapa perlengkapannya:

  • Baju Pesaan

Pakaian ini lah yang memiliki kepopuleran sangat tinggi di Indonesia dan saya yakin anda semua pasti pernah melihatnya. Pakaian ini sendiri terdiri dari atasan berupa kaos belang berwarna merah putihdengan bawahannya berupa celana hitam yang longgar. Bawahan ini ukurannya cukup besar dan panjangnya hanya sebatas lutut saja.

Baca Juga : Pakaian Adat Gorontalo

  • Odeng

Odeng adalah penutup kepala khas masyarakat Suku Madura. Penutup kepala ini sendiri adalah merupakan kain yang dililitkan. Penutup kepala ini juga memiliki filosofi tersendiri yanitu semakin tegak bentuk dari odeng ini, maka akan semakin tinggi derajat kebangsawanan orang yang memakaianya. Cara membedakan pngguanan odeng sangat mudah yaitu untuk orang yangmasih muda pada ujung odengnya akan dibiarkan terbeber. Sedangkan untuk para tetua atau sesepuh akan menggunakan odeng yang dipilin.

  • Sarung Kotak-Kotak dan Sabuk Katemang

Sarung kotak-kotak dan sabuk katemang ini sebenarnya adalah suatu aksesoris tambahan untuk pakaian adat ini agar terlihat lebih khas dengan pakaian dan adat Suku Madura.

  • Celurit

Celurit adalah senjata khas daei Suku Madura, Maka dari itu penggunaan celurit tidak akan dilupakan untuk di pakaikan pada bagian pinggang atau pun bisa di bawa begitu saja oleh pria dari suku Madura. Senjata ini memang sangat khas dengan image Suku Madura.

  • Tropa

Lalu pria dari Suku Madura juga akan menggunakan alas kaki khas berupa Tropa sebagai pelengkapnya. Bentuknya pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan alas kaki yang biasa digunakan oleh para wanita dari suku Madura. bentuknya sendiri menyerupai selop dengan warna hitam.

  • Aksesoris

Tidak hanya wanita saja yang memiliki bnayak aksesoris, akan tetapi para pria dari suku Madura juga memiliki beberapa aksesoris wajib, antara lain adalah memakai cincin gelang akar dan arloji rantai sebagai aksesoris pelengkap lainnya.

2. Pakaian Adat Madura Perempuan

Seperti yang sudah pernah saya katakan bahwa pakaian adat dari Madura ini tidak Jauh dengan pakaian adat dari Jawa lainnya. Seperti pakaian adat Jawa tengah atau Pakaian adat Jawa Barat. Akan tetapi tentunya memiliki ciri khasnya tersendiri. Berikut ini beberapa perlengkapan dapa pakaian adat Madura wanita:

  • Kebaya

Sama saja dengan pakaian adat dari Jawa lainnya, para wanita di suku Madura juga menggunakan kebaya rancongan dan kebaya tanpa kutu baru sebagai pakaian sehari-harinya. Kebaya ini sendiri memiliki dalaman yang warnanya sangat kontras dan ketet saat di pakai di badan. Warna yang biasanya digunakan adalah biru, merah atau hijau. Sehingga apabila digunakan akan terlihat menerawang di luar karena bahannya yang menerawang. Lalu untuk bawahannya memakai sarung batik dengan berbagai motif dan satgen khas Jawa.

  • Cucuk Sisir dan Cucuk Dinar

Cucuk sisir dan cucuk dinar ini memiliki bentuk seperti tusuk konde dan terbuat dari bahan emas. Kedua benda ini juga akan digelung bersamaan pada rambut sehingga akan membentuk bulatan penuh.

  • Leng Oleng

Pakaian adat yang digunakan oleh para perempuan dari suku Madura juga memakai leng oleng, yaitu tutup kepala yang terbuat dari sebuah kain yang tebal.

  • Kalung Brondong, Gelang, Cincin, dan Penggel

Para wanita juga akan memakai perhiasan. Perhiasan yang biasanya di pakai adalah kalung brondong yang merupakan sebuah kamung emas yang berbentuk seperti biji jagung dengan liontin yang berbentuk bunga matahari. Lalu juga akan memakai cincin dan gelang yang memiliki motif keratin tebu. Pada bagian kaki juga akan memakai penggel yang terbuat dari emas atau perak.

  • Selop

Selop tutup adalah jenis alas kaki yang digunakan oleh wanita suku Madura.

Video Pakaian Adat Madura

Demikianlah penjelasan yang dapat saya lakukan mengenai pakaian adat Madura ini, semoga dapat membantu anda semua yang sedang mencari pengetahuan dan pembahasan secara mendalam mengenai hal ini. Saya juga berpesan kepada anda semua agar selalu melestarikan pakaian adat dari daerah anda masing-masing agar tidak punah termakan zaman.

Baca Juga : Pakaian Adat Bangka Belitung

Saya juga berpesan kepada anda semua agara selalu mengunjungi website infosoalpelajaran agar selalu mendapatkan pembahasan mendalam mengenai soal pelajaran beserta materinya. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.