6+ Nama Pakaian Adat Maluku Dan Keterangannya Beserta Gambar Paling Lengkap 2019

Pakaian Adat Maluku – Pakaian adat Maluku atau Ambon ini merupakan salah satu budaya yang menambahkan beragamnya kekayaan badaya di Indonesia. Keberadaan dan juga eksistensinya juga harus dilestarikan dari masa ke masa, sampai ke generasi selanjutnta. Jangan sampai mengalami kepunahan.

Pakaian adat dari Maluku ini tentunya menjadi simbol identitas tersendiri bagi semua warga lokal yang menjadikan bertambahnya corak warna-warni budaya Indonesia. Dan kini anda semua bisa mencari tahu mengenai informasi tentang pakaian adat ini dimanapun, baik itu di Internet mapupun di buku-buku pelajaran. Maka dari itu, infosoalpelajaran juga akan menjelaskannya secara lengkap.

Pakaian Maluku ini tentunya terdiri dari Maluku Utara, Maluku Selatan, Maluku Tenggara dan Maluku Tengah. Yang kesemua wilayahnya juga memiliki adat istiadat yang wajib untuk di ketahui. Sebelumnya disini juga penah membahas mengenai pakaian adat dari daerah lain. Seperti halnya pakaian adat Sumatera Barat, pakaian adat Sulawesi Tenggara, pakaian adat Jawa Barat, pakaian adat Kalimantan Selatan dan lain sebagainya yang dapat anda baca setelah membaca pakaian adat khas dari Provinsi Maluku ini.

Baca Juga : Pakaian Adat Bali

Nama Pakaian Adat Maluku Dan Keterangannya

1. Pakaian Adat Maluku Baju Cele

Pakaian Adat Maluku Baju Cele

Pakaian tradisional khas dari Maluku yang paling terkenal adalah Baju Cele atau kain salele. Tampilannya terkesan sangat sederhana dn cukup mudah untuk di pakai atau di kenakan. Akan tetapi sebenarnya pakaian adat ini memiliki berbagai nilai filosofis serta estetis yang sangat tinggi.

Salah satu ciri khas yang sangat kentara dengan pakaian tradisional ini adalah warnanya yang sangat terang dengan dilengkapi berbagai motif garis perak ataupun emas dalam bentuk geometris. Baju ini bahan pembuatannya dari bahan kain yang tebal akan tetapi tetap nyaman saat dipakai. Untuk baju Cele yang digunakan oleh para laki-laki berupa kemeja sebagai dalaman lalu ditutupi dengan memakai baju cele yang bentuknya juga mirip kemeja. Sementara itu untuk bawahannya akan memakai celana bahan yang berwarna hitam atau putih.

Sedangkan baju adat yang digunakan oleh para wanita biasanya baju cele akan di pakai bersamaan dengan penggunakan kebaya yang warnanya senada. Selain di padukan dengan pemakaian baju cele, juga dilengkapi dengan pemakaian kain sarung tenun.

2. Pakaian Adat Maluku Kebaya Putih Tangan Panjang

Pakaian Adat Maluku Kebaya Putih Tangan Panjang

Baju kebaya ini berbahan brokat dan memiliki warna putih yang pada zaman dahulu biasanya hanya digunakan oleh wanita dari kalangan tertentu saja. Misalnya adalah wanita dari kerajaan, para guru dan juga bangsawan.

Penggunaan kebaya putih berlengan panjang ini tentunya dilengkapi lagi dengan pemakaian berbagai macam aksesoris lainnya. Mulai dari kancing pada tanfan, hiasan bordir pada bagian belakang, kancing pada bagian depan, usuk konde atau karkupeng, kaos kaki berwarna putih, sanggul yang bentuknya seperti bulang dan juga tidak lupa memakai alas kaki putih yang disebut dengan nama canela.

3. Pakaian Adat Kebaya Dansa

Pakaian Adat Kebaya Dansa

Pakaian adat Kebaya dansa ini biasanya akan kita lihat pemakaiannya saat ada pesta rakyat yang berlangsung di sana. Pakaian ini berupa kemeja berleher yang bundar akan tetapi tanpa kancing. Bahan pembuatan dari baju ini adalah dari jenis kain polos berkembang kecil. Baju kebaya ini berbeda dengan Baniang Putih, karena kebaya dansa ini bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan.

4. Pakaian Adat Kebaya Hitam Gereja

Pakaian Adat Kebaya Hitam Gereja

Baju kebaya hitam ini adalah kebaya lengan panjang yang terbuat dari bahan kain brokat berwarna hitam yang pemakaiannya di padukan dengan bawahan berupa sarung dari jenis yang sama. Lalu tentunya juga tidak lupa untuk memakai berbagai macam aksesoris mulai dari lenso,  kaos kaki putih dan juga canela hitam. Selain itu juga tidak lupa untuk memakai sanggul bulan yang dilengkapi dengan tusuk konde atau haspel yang digunakan agar menambahkan nilai estetis. Pakaian ini biasanya hanya digunakan saat beribadah di gereja, sesuai dengan namanya.

5. Pakaian Adat Maluku Baju Nona Rok

Pakaian Adat Maluku Baju Nona Rok

Baju yang satu ini adalah kebaya putih panjang yang terbuat dari bahan brokat halus dan untuk bawahannya memakai rok bermotif bordil. Untuk aksesoris pelengkap dari pakaian ini antara lain adalah ikat pinggang perak atau peding, sanggul atau konde bulan. Lalu ada juga haspel atau tusuk konde dan beberapa jenis aksesoris lainnya yang sama saja seperti aksesoris yang digunakan pada baju Cele.

6. Pakaian Adat Maluku Baniang Putih

Pakaian Adat Maluku Baniang Putih

Pakaian adat yang selanjutnya ini hanya boleh digunakan oleh para laki-laki saja. Pakain Baniang Putih ini sendiri berupa kemeja yang memiliki leher bundar yang dilengkapi dengan kancing berwarna putih. Baniang Putih ini biasanya akan di pakai sebagai dalaman sebuah jas.

Video Pakaian Adat Maluku

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai pakaian adat dari Maluku, yang di dalamnya juga terdapat pembahasan mengenai nama pakaian adat maluku, pakaian adat maluku utara, pakaian adat maluku tenggara, gambar pakaian adat maluku, pakaian adat maluku dan keterangannya. pakaian daerah maluku, baju adat maluku, kebaya panjang cita, nama pakaian adat maluku, pakaian adat maluku utara, Warna busana untuk wanita maluku, baju adat laki2 dr maluku, apa pakaian adat maluku.

Baca Juga : Lama Permainan Bola Basket

Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat untuk anda semua dan saya juga berpesan kepada anda semua agar selalu melestarikan pakaian adat dari Indonesia. Agar tidak hilang tertelan zaman yang semakin modern ini. Satu lagi pesan saya kepada anda adalah agar selalu mengunjungi website infosoalpelajaran. Apabila sedang mencari tahu mengenai hal apa pun yang berhubungan dengan berbagai soal pelajaran ataupun materi pelajaran dari berbagai tingkatan sekolah di Indonesia. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.