6+ Nama Pakaian Adat Riau Dan Penjelasannya Disertai Gambar Paling Lengkap

Pakaian Adat Riau – Provinsi Riau memiliki ciri khas dari kebudayaan Melayu yang sangat kental. Sama halnya dengan wilayah lain yang berada di sekita pulau Sumatere, akan tetapi Riau termasuk yang paling kental dengan kebudayaan Melayu. Hal ini tentunya sapat kita lihat melalui budaya yang berkembang di sana. Pakaian dan musik juga menjudu salah satu ciri khas yang menonjol.

Anda musngkin sudah bisa menentukan mana pakaian adat dari Riau dengan jelas, karena sangat kental dengan sentuhan Melayu. Selain itu, pakaian adat dari Riau ini tentunya di bedakan ke dalam beberapa jenis berbeda yang menyesuaikan dengan keperluannya. Maka di infosoalpelajaran akan membahas mengenai pakaian adat Riau dan penjelasannya.

Nama Pakaian Adat Riau Dan Penjelasannya

Seperti yang telah saya sebutan bahwa pakaian adat ini di bagi menjadi beberapa jenis berdasarkan keperluannya. Apabila kita lebih teliti lagi, maka kita akan menemukan tiga jenis pakaian adat yang utama. Pakaian adat ini berupa pakaian adat untuk kegiatan sehari-hari, pakaian adat untuk acara resmi dan pakaian adat yang hanya digunakan dalam acara-acara tertentu saja. Yang membedakan dari semua pakaian itu adalah aksen dan juga bahan pakaian yang digunakan untuk membuatnya. Untuk pakaian yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari memiliki desain yang lebih sederhana dan tanpa dilengkapi sentuhan aksesoris lainnya. Sedangkan pakaian yang digunakan dalam acara resmi biasanya hanya digunakan oleh orang-orang dari pemerintahan zaman dahulu.

Baca Juga : Pakaian Adat NTB

Bentuknya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pakaian yang digunakan sebagai pakaian sehari-hari, yang membedakan hanyalah bahan pembuatannya saja. Sedangkan yang digunakan dalam acara-acara tertentu saja pada umumnya dapat kita temukan berbagai macam permainan warna dan aksesoris dan beberapa aksen khas lainnya. Pakaian adat ini pun sangat khas Melayu. Berikut ini beberapa pakaian adat dari Provinsi Riau beserta penjelasannya:

1. Pakaian Adat Riau Keseharian Untuk Anak-anak

Pakaian Adat Riau Keseharian Untuk Anak-anak

Pakaian adat dari Riau bukan hanya digunakan saat acara tertentu saja, akan tetapi juga di pakai sebagai pakaian sehari-hari, salah satunya adalah pakaian adat untuk anak-anak ini. Ada dua macam jenis pakaian untuk anak-anak, antara lain adalah pakaian untuk anak laki-laki dan perempuan. Pakaian yang digunakan anak laki-laki biasanya disebut dengan nama baju Monyet yang pemakaiannya di padukan dengan celana panjang tetapi tanggung dan dilengkapi pemakaian kopyah atau penutup kepala lain berupa kain segi empat.

Sementara itu, pakaian yang digunakan untuk perempuan disebut dengan baju kurung yang memiliki motif bunga. Pakaian ini di padukan dengan pemakaian rok lebar dan memakai hijab atau kerudung sebagai pelengkapnya. Pakaian ini sendiri biasanya digunakan untuk mengaji atau kegiatan menuntut ilmu lainnya.

2. Pakaian Adat Riau Keseharian Untuk Dewasa

Pakaian Adat Riau Keseharian Dewasa

Untuk orang Riau yang sudah berusia dewasa, maka mereka akan memakai pakaian khas yang lebih kental dengan nila agama dan budaya mereka. Untuk laki-laki dewasa akan menggunakan pakaian yang dinamakan Baju Kurung Cekak Musang. Baju ini sendiri bentuknya seperti busana muslim yang dipadukan dengan pemakaian celana panjang longgar. Biasanya akan ditambahkan dengan pemakaian sarung atau kopyah.

Sedangkan untuk perempuan ynag telah dewasa, akan mengguankan 3 jenis pakaian yang berbeda. Antara lain adalah Baju Kebaya Pendek, Baju Kurung Laboh dan Baju Kurung Tulang Belut. Baju-baju ini pun digunakan bersama dengan menggunakan kain selendang yang memiliki fungsi untuk menutupi kepala. Selain itu baju-baju ini juga bisa dipadukan dengan pamakaian keudung atau jilbab.

3. Pakaian Adat Riau Keseharian Untuk Orang Tua

Selain pakaian yang digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa, juga ada pakaian yang digunakan untuk orang tua sebagai keseharian. Laki-laki yang telah berumur atau sudah tua biasanya akan memakai Baju Kurung Cekak Musang atau Baju Kurung Teluk Belanga yang bahan pembuatannya dari kain lejo atau kain katun. Kedua baju ini sebenarnya tidak jauh berbeda karena sama-sama bernuansa agamis.

Sementara untuk perempuan ynag sudah tua akan menggunakan baju-baju berupa Baju kurung Teluk Belanga, Kebaya Laboh dan Baju Kebaya Pendek. Pemakaian baju-baju ini juga dilengkapi dengan pemakaian kerudung yang berupa selendang. Biasanya para wanita ini juga akan menggunakan jilbab atau kerudung juga.

4. Pakaian Adat Riau Resmi

Pakaian Adat Riau Resmi

Pada zaman dahulu, pakaian adat resmi ini biasanya hanya akan diguankansata ada pertemuan atau kunjungan resmi dengan kerajaan. Akan tetapi pada zaman sekarang lebih banyak digunakan pada saat acara resmi kepemerintahan. Pada umumnya, laki-laki akan menggunakan Baju Kurung Cekak Musang yang terbuat dari bahan kain satin atau kain sutra yang berkualitas tinggi.

Sedangkan untuk para perempuan akan memakai Kebaya Laboh. Baju kebaya ini sendiri terbuat dari kain tenun khas yang dibuat oleh masyrakat di Riau. Masyarakat Riau yang membuat kain tenun khas ini berasal dari daerah Indragini, Trengganu, Siak dan beberapa lainnya. Kebaya ini biasanya akan di pakai oleh para gadis atau perawan. Baju ini memiliki desain panjang mencapai 3 jari di atas lutut. Ini berbeda dengan baju yang di pakai oleh wanita yang sudah tua, yang memiliki panjnag 3 jari di bawah lutut.

5. Pakaian Adat Riau Upacara Adat

Pakaian Adat Riau Upacara Adat

Pakaian upacara adat ini biasanya akan di pakai saat upacara-upacara resmi, misalnya saja adalah upacara pelantikan, upacara penerimaan tamu, upacara penobatan raja, upacara penerimaan anugerah dan beberapa upacara adat lainnya. Pakaian adat ini juga dibedakan menjadi dua, yaitu pakaian yang digunakan oleh laki-laki dan perempuan.

Untuk laki-laki, akan memakai Baju Kurung Cekak Musang yang digunakan saat upacara adat, baju ini akan dipadukan dengan pemakaian sarung atau kopyah. Sedangkan untuk para perempuannya akan memakai Baju Kurung Tulang Belut atau Baju Kebaya Laboh Cekak Musang yang biasanya akan di padukan dengan pemakaian jilbab atau kerudung khas.

6. Pakaian Adat Riau Upacara Perkawinan

Pakaian Adat Riau Upacara Perkawinan

Ada juga pakaian adat yang digunakan saat acara pernikahan. Untuk pakaian yang digunakan oleh laki-laki adalah Baju Kurung Cekak Musang yang tentunya akan dilengkapi dengan pemakaian kopyah atau sarung. Sementera itu juga akan dilengkapi dengan beberapa perlengkapa atau aksesoris lainnya, seperti memakai mahkota di kepala, sebai berwarna kuning pada bahu sebelah kiri, canggai yang di pakai di kelingking, sepatu berbentuk runcing, dan keris berbentuk seperti kepala burung serindit yang dipakai pada pinggang kiri.

Sedangkan untup perempuan, akan memakai baju adat yang disesuaikan dengan jenis upacara yang akan dilaksanakan. Contohnya saja saat melakukan upacara malam berinai, maka akan menggunakan Baju Kurung Teluk Belangan. Ada juga saat upacara berendam, disini akan emmakai Baju Kurung Cekak kebaya pendek sebagai pakaian adat untuk pernikahannya. Sementara itu sat melakukan upacara bersanding, akan memakai Kebaya Laboh

Sementara itu pencarian terkait yang sering orang lakukan misalnya tentang pakaian adat riau dan keterangannya, rumah adat kepulauan riau, pakaian adat melayu, baju adat melayu, gambar pakaian adat riau, pakaian adat laki laki riau, pakaian tradisional riau, pakaian adat provinsi riau, Nama pakaian adat melayu.

Video Pakaian Adat Riau

Baca Juga : Pakaian Adat Sumatera Barat

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan. Apabila anda mencari pembahasan yang lain bisa dengan selalu mengunjungi website infosoalpelajaran. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.