Nama Pakaian Adat Sulawesi Barat Mamuju Paling Cantik Terengkap

Pakaian Adat Sulawesi Barat – Selamat datang kembali di infosoalpelajaran yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai berbagai macam soal pelajaran beserta materi pelajarannya secara lengkap dari semua tingkatan sekolah di Indonesia. Pada kesempatan kali ini akan ada pembahasan mengenai, gambar pakaian adat sulawesi barat, pakaian adat sulawesi barat mamuju, pakaian adat mandar sulawesi barat.

Banyak juga pencarian terkait mengenai senjata adat sulawesi barat, pakaian adat mandar berjilbab, tarian adat sulawesi barat, baju adat mandar modern, pakaian adat sulawesi tengah, baju pengantin adat mandar.

Baca Juga : Pakaian Adat Aceh

Nama Pakaian Adat Sulawesi Barat

pakaian adat sulawesi barat

Pakaian adat tradisional Sulawesi Barat khusunya di daerah wilayah mamuju adalah salah satu budaya indonesia yang wajib untuk dilestarikan bukan cuma oleh masyarakat sulawesi barat, akan tetapi juga seluruh masyarakat di Indonesia. Jangan sampai sebagai orang indonesia kita melupakan budaya sendiri, dan saat bidaya itu di klaim negara lain baru protes. Untuk itulah kita harus melestarikan adanya budayan di seluruh Indonesia, bukan hanya pakaian akan tetapi tarian, rumah adat dan lain sebagainya.

Berbagai perlengkapan. pakaian adat sulawesi yang akan di jelaskan dalam kesempatan kali ini meliputi baju, selana serta aksesoris lainnya. Masing-masing bagian atau perlengkapan ini tentunya memiliki ciri khas serta simbol identitas tersendirinya.

Sulawesi barat juga memiliki berbagai macam daya tarik dari segi wisata. Pkaian adat juga harusnya menjadi salah satu hal yang patut untuk di promosikan oleh pemerintah selain destinasi wisata alam. Adapun kalau ada budaya asing yang masuk ke wilayah Indonesia, di haruskan untuk kita agar tidak melupakan budaya sendiri yang akan menghancurkan eksistensi dari budaya adat.

Ada banyak sekali cara yang dapat kita alakukan untuk menari tahu mengenai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Bisa dengan datang langsung ke wilayah sulawesi barat untuk mengunjungi musemumnya atau yang paling mudah dengan membaca buku atau mencari di internet yang merupakan temat dengan segala informasi di dunia ini.

Sebelumnya juga pernah ada pembahasan mengenai pakaian adat jambi, pakaian adat jawa timur, pakaian adat ntt, dan pakaian adat kalimantan selatan yang dapat anda baca juga. Kembali lagi ke pakaian adat provinsi sulbar. Berikut ini pakaian adat yang ada di provinsi sulawesi barat yang patut untuk anda ketahui:

  1. Pakaian Adat Sulawesi Barat Mandar Untuk Wanita

Pakaian Adat Sulawesi Barat Mandar Untuk Wanita

Pakaian yang serig digunakan oleh pengantin di acara pernikahan di sulawesi barat dikenal dengan nama pakaian Pattuqduq Towaine. Ada juga apakaian yang sering digunakan sata menari yang disebut dengan nama Patuqdu. Hal ini mengindikasikan bahwa terjadi perbedaan pakaian yang digunakan sata pernikahan dan saat menari. Jumlah aksesoris yang digunakan juga berbeda. Pada pakaian untuk pernikahan ada 24 aksesoris, sedangkan pakaian yang digunakan untuk menari dapat kita temui 18  aksesoris. Akesoris-aksesoris ini pun dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Pakaian utama.
  • Penghias kepala.
  • Perhiasan pada badan.
  • Perhiasan pada tangan.

2. Pakaian Adat Sulawesi Barat Mandar Untuk Pria

Pakaian Adat Sulawesi Barat Mandar Untuk Pria

Pakaian adat yang digunakan untuk para pria memiliki tampilan yang sangat sederhana. Untuk perlengkapan yang digunakan antara lain adalah jas berwarna hitam dengan lengan panjang. Sedangkan bawahannya dengang menggunakan  selana panjang serta kain sarung yang dililitkan pada pinggang.

3. Pakaian Adat Sulawesi Barat Pria Toraja

Pakaian Adat Sulawesi Barat Pria Toraja

Yang selanjutnya adalah pakaian adat pria toraja yang ada di wilayah sulawesi barat. Pakaian ini sendiri adalah pakaian yang  memiliki panjang hingga mencapai lutut. Nama pakaian adat pria toraja sulawesi barat ini dikenal dengan nama Sepa Tallung Buku.

Pakaian adat sepa tallung buku ini juga sering di pakai pada hari sabtu oleh para PNS, hal ini karena telah di wajibkan oleh pemerintah wilayah disana sebagai tanda perwujudan pelestarian pakaian adat. Pakaian ini juga memiliki beberapa aksesoris, antara lain adalah gayang, kandaure, lipa dan lain sebagainya.

4. Pakaian Adat Sulawesi Barat Wanita Toraja

Pakaian Adat Sulawesi Barat Wanita Toraja

Baju adat yang digunakan toraja yang digunakan oleh para wanita tentu memiliki perbedaan dengan pakaian yang dipakai oleh para pria. Pakaian ini memiliki lengan pendek yang di dominasi oleh warna seperti merah, kuning dan putih. Pakaian adat yang digunakan oleh para wanita suku toraja di sulawesi barat ini disebut dengan nama Pokko. Baju pokko juga digunakan oleh para PNS wanita di provinsi sulawesi pada hari sabtu. Hal ini juga sebagai wujud pelestarian pakaian adat nusantara.

5. Pakaian Adat Sulawesi Barat Kandore

Pakaian Adat Sulawesi Barat Kandore
Sumber : https://www.silontong.com/

Baju kandore ini juga merupakan baju adat yang digunakan oleh para wanita dari suku Toraja. Pakaian yang satu ini memiliki berbagai macam aksesoris penunjanganya, antara lain adalah perhiasan manik-manik pada baju, gelang, kalung, ikat kepala serta ikat pinggang. Pakaian ini juga masih digunakan leh masyarakat, akan tetapi dalam beberapa acara tertentu saja, tidak seperti pakaian sebelumnya yang di jadikan pakaian wajib pada hari tertentu oleh para PNS. Akan tetapi pakaian ini juga masih di pertahankan sampai sekarang.

6. Pakaian Adat Sulawesi Barat Sarung Kain Tenun Toraja

Pakaian Adat Sulawesi Barat Sarung Kain Tenun Toraja

Kain tenun adalah bahan dasar yang digunakan untuk membuat sarung kain tenun khas toraja. Pakaian ini sebenarnya lebih umum digunakan oleh para tetua adat yang digunakan saat memimpin suatu upacara Rambu solo atau upacara kematian yang ada di Kecamatan Rantepao. Akan tetapi sedikit disayangkan karena eksistensi dari kain tenun ini sudah mulai hilang. Hali ini dapat dibuktikan dengan para tetua yang hanya memiliki stu saja jain tenun. Tapi sekarang pemerintah juga sudah menggalakan kembali mengenai pelestarian kain tenun ini agar tidak mengalami kepunahan.

Baca Juga : Pakaian Adat Kalimantan Barat

Video Pakaian Adat Sulawesi Barat

Senjata Adat Provinsi Sulawesi Barat

senjata adat sulawesi barat baju adat sulawesi barat

Ada beberapa macam senjata adat yang terdapat di wilayah provinsi sulawesi barat, senjata adat sulawesi barat ini antara lain adalah:

  • Belati Atau Jambia. Jambia Muane untuk pria dan Jambia Baine untuk wanita.
  • Badik.
  • Keris atau gayang.
  • Parang panjang yang disebut dengan Kandawulo.

Tari Adat Provinsi Sulawesi Barat

Banyak juga tari adat sulawesi barat yang dapat kita lestarikan karena keindaan tariannya. Berikut ini beberapa tarian adat yang ada di provinsi sulawesi barat yang perlu anda ketahui:

  1. Tari Adat Provinsi Sulawesi Tari Patuddu.
  2. Tari Adat Provinsi Sulawesi Tari Bamba Manurung.
  3. Tari Adat Provinsi Sulawesi Tari Toerang Batu.
  4. Tari Adat Provinsi Sulawesi Tari Ma’ Bundu.
  5. Tari Adat Provinsi Sulawesi Tari Bulu Londong.

Video Tari Adat Sulawesi Barat

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai pakaian adat sulawesi barat, semoga dapat membantu anda semua yang sedang mencari tahu mengenai hal ini. Dan saya berharap kepada anda semua agar selalu melestarikan pakaian adat dari daerah anda masing-masing agar tidak hilang tertelan zaman.

Saya juga berpesan kepaa anda semua agar selalu mengunjungi infosoalpelajaranapabila sedang mencari tau mengenai soal pelajaran atau materi pelajaran apa pun di berbegai tingkatan sekolah di Indonesia atau umum.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.