Nama Pakaian Adat Sulawesi Selatan Beserta Penjelasannya Paling Cantik Dan Terbaik Terlengkap

Pakaian Adat Sulawesi Selatan – Hai selamat datang kembali di infosoalpejaran yang merupakan sebuah webssite yang di dalamnya akan anda temui pembahasan mengenai soal pelajaran dan materi pelajaran dari berbagai tingakatan sekolah di Indonesia.

pakaian adat sulawesi selatan

Dan dalam kesempatan kali ini akan ada pembahasan mengenai pakaian adat Sulawesi Selatan. Banyak juga orang yang mencari tahu mengenai  pakaian adat makassar, nama pakaian adat sulawesi selatan, pakaian adat sulawesi selatan baju bodo, Apa nama makanan khas Sulawesi Selatan? Disebut apakah rumah adat daerah Sulawesi Selatan? Sulawesi Selatan menggunakan bahasa apa? Apa nama pakaian adat suku Bugis? Disinilah kita akan membahas mengenai semua hal ini.

Sulawesi Selatan

Disebut apakah rumah adat daerah Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan terletak di Pulau Sulawesi dan beribukotta di Makassar. Sulawesi Selatan terletak di bagian 0º12′ sampai 8º Lintang selatan dan juga pada 116º48′ sampai 122º36′ Bujur Timur. Sulawesi selatan juga memiliki wilayah yang cukup ;uas yaitu sekitar 46.717 km². Sulawesi Selatan juga memiliki batas pada bagian utaranya yaitu dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat. Pada bagian Timurnya berbatasan dengan Teluk Bone dan Provinsi Sulawesi Tenggara. Sedangkan pada bagian selatannya, berbatasan dengan Laut Flores. Sementara itu pada bagian barat berbatasan dengan Selat Makassar.

Penduduk yang mendiami wilayah Sulawesi Selatan juga sangat beraneka ragam dari etnis hingga suku yang sangat banyak. Suku yang paling banyak mendiami wilayahnya adalah suku Bugis, lalu disusul dengan Suku Makassar dan Suku Toraja. Llau ada juga Suku Mandar dan sisanya adalah suku-suku lainnya, banyak juga suku yang merupakan pindahan dari pulau lainnya.

Provinsi Sulawesi Selatan tentunya memiliki berbagai macam adat budata yang berneka ragam, mulai dari rumah adat Sulawesi Selatan yang berupa Rumah Adat Suku Makassar, Rumah adat Suku Bogis dan Rumah Adat Suku Luwuk. Lalu bahasa yang terdapat di provinsi ini juga sangat banyak, mulai dari Bahasa Makassar, Bugis, Toraja, Mandar, hingga Luwu.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah tentang Makanan Khas Sulawesi Selatan, antara lain adalah Coto Makassar, Jalangkote, Sop Konro, Nasi Palekko, Pisang Epe, Kapurung dan masih banyak lainnya. Dan juga ada pakaian adat Sulawesi Selatan yang beraneka ragam yang hampir sama dengan beberapa pakaian adat Sulawesi Barat,yang akan kita bahas seperti di bawah ini:

Pakaian Adat Sulawesi Selatan

1. Pakaian Adat Sulawesi Selatan Baju Bodo Untuk Wanita Suku Bugis

pakaian adat makassar

Baju Bodo adalah pakaian tradisional Suku Bugis yang digunakan oleh para wanita di Makassra, Sulawesi, Bugis Pagatan, Kalimantan, hingga seluruh Indonesia. Baju ininjuga merupakan salah satu busana paling tua dan terkenal di seluruh dunia. Baju ini berbentuk segi empat danberlengan pendek atau setengah atas pada bagian siku lengan. Pada zaman dahulu baju Bodo di pakai tanpa menggunakan penutup payudara.

Hal ini pun sudah pernah di perhatikan oleh James Brook yang pada tahun 1840 pada saat ia mengunjungi Istana Bone yang kemudian di lantik menjadi Raja Sarawak oleh Sultan Brunei. Perempuan bugis pada saat itu menggunakan pakaian yang snagta sederhana. Sehelai sarung menutupi pinggang hingga kaki, lalu untuk atasannya memakai baju tipis longgat dari kain muslin atau kasa. Baju ini pun pada saat itu memperlihatkan payudara dan lekuk dadanya. Cara memakai baju seperti ini pun ternyata masih  dilakukan sampai tahun 1930-an.

Baju Bodo juga memiliki warna-warna tertentu yang akan menunjukan usia serta martabat dari orang yang memakainya. Berikut ini beberapa arti dari masing-masing warna dalam baju Bodo:

  • Warna jingga, artinya bahwa anak yang memakai baju Bodo ini adalah anak perempuan yang umurnya sekitar 10 tahun.
  • Warna jingga dan merah, artinya pemaianya adalah anak gadis yang berda dikisaran umur 10 hingga 14 tahun.
  • Warna merah, memiliki arti bahwa si pemakai berada dikisaran umur 17 hingga 25 tahun.
  • Warna putih, memiliki artu bahwa orang yang memakainya adalah seorang pembantu atau dukun.
  • Warna hijau, artinya bahwa si pemakainya adalah orang yang memiliki keturunan bangsawan atau darah biru.
  • Warna ungu, ini sebagai penana bagi seorang janda di Sulawesi Selatan.

2. Pakaian Adat Sulawesi Selatan Jas Tutu Untuk Pria Suku Bugis

pakaian adat sulawesi selatan jas tutu

Apabila pakaian adat yang digunakan oleh para wanita disebut dengan baju Bodo, maka pakaian yang digunakan oleh para pria dalam suku Bugis disebut dengan nama Jas Tutu. Akan tetapi, sebenarnya pakaian adat ini tidak hanya berupa jas Tutu saja untuk pakaian adat prianya. Biasanya saat menggunakannya akan di lengki dengan celana atau paroci.

Dilengkapi juga denga pemakaian kain sarung atau lipa garusuk dan memakai tutup kepala berupa Songkok. Jas Tutu ini memiliki bentuk yang panjang dengan dilengkapi leher berkerah serta di beri dengan kancing yang bahan pembuatannya adalah dari sepuhan perak atau emas dan biasanya di pasang pada leher baju. Sementara itu pemasangan kain lipa sabble tampak polos tapi memiliki warna yang cukup mencolok, misalnya adalh warna hijau dan merah.

Baca Juga : Pakaian Adat Gorontalo

3. Pakaian Adat Sulawesi Selatan Pattuqduq Towaine Untuk Wanita Suku Mandar

pakaian adat sulawesi selatanpattuqduq towaine wanita

Pakian adat yang satu ini merupakan pakaian adat dari Suku Mandar. Baju ini sangat mencerminkan busana yang biasanya di pakai oleh para wanita dari Suku Mandar. Pakaian adat ini biasanya akan di pakai saat ada acara perkawinan atau[un untuk menari. Busana ini apabila digunakan untuk menari maka akan terdiri dari 18 potong, tetapi belum termasuk baju pokko dan sarung sutra khas dari Suku Mandar. Sedangkan apabila digunakan untuk pernikahan, maka membutuhkan 24 potong.

Baju ini biasanya akan terdapat Baju Rawang Boko atau juga dengan Baju Pokkoq, ada juga Lipaq Saqbe Mandar dan motif tenun lainnya. Dilengkapi juga dengan memakai hiasan kepala, badan, serta tang yang sangat mencerminkan budaya Khas Dari Duku Mandar.

4. Pakaian Adat Sulawesi Selatan Pattuqduq Towaine Untuk Pria Suku Mandar

pakaian adat sulawesi selatanpattuqduq towaine pria

Sedangkan baju yang digunakan oleh para pria sebenarnya lebih sederhana. Baju untuk pria biasanya berupa jas tertutup yang terbuat dari bahan sutera yang berwarna hitam atau warna cerah dan memiliki motif bebas. Llau akan ada paduan dari Kain Sarung Tenun Khas Mandar. Ada juga yang memakai celana panjang lalu ditutupi dengan kain sarung ini sampai sebatas lutut. Lalu akan memakai juga penutup kepala yang disebut engan nama songkok tobone.

Pria dari suku Mandar juga akan memakai beberapa aksesoris diantaranya adalah rantai emas yang diberi liontin atau medalion yang dapat terbuat dari taring Hariamau ataupun dari taji Ayam. Aksesoris seperti ini biasanya akan di pakai dengan diselipkan pada saku jas tutupnya. Lalu sebagiannya akan dibiarkan menjuntai ke luar. Untuk alas kaki, biasanya akan memakai sepatu pantovel atau pun sandal yang terbuat dari kulit.

5. Pakaian Adat Sulawesi Selatan Baju Pokko

pakaian adat makassar baju pokko

Baju Pokko merupakan pakaian adat yang digunakan oleh para wanita. Baju ini memiliki lengan pendek dengan dominasi warna kuning, merah serta putih di dalamnya. Pemerintah di Sulawesi Selatan juga telah mewajibkan pemakaian baju ini untuk para PNS wanita yang berada di wilayah Kabupaten Tana Toraja agar selalu memakainya pada setiap hari sabtu. Sedangkan untuk para PNS pria, diwajibkan untuk memakai Seppa Tallung Buku pada setiap hari sabtu.

6. Pakaian Adat Sulawesi Selatan Seppa Tallung Buku

pakaian adat makassar seppa tallung buku

Seppa Tallung Buku merupakan pakaian adat yang berasal dari Suku Toraja. Pkaian ini memiliki panjang sampai sebatas lutut. Pakaian ini adalah pakaian yang digunakan oleh para pria dari suku Toraja. Untuk pemakaian baju ini akan di lengkapi dengan pemakaian Kandaure, Gayang, Lipa dan lain sebagainya.

Pakaian ini pun pernah menjadi perhatian dunia saat ajang Manhunt International di tahun 2011 yang dia adakan di Korea Selatan. Banyak sekali pujian yang diberikan kepada salah satu peserta dari Indonesia yang memakai pakaian adat ini.

Video Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Baca Juga : Percakapan Bahasa Inggris Perkenalan

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Selatan ini, semoga dapat membantu anda semua yang sedang mencari tahu mengenai hal ini. Dan saya berpesan kepada anda semua agar selalu melestarikan pakaian adat dari daerah anda masing-masing agar tidak mengalami kepunahan.

Saya juga berpesan kepada anda semua agar selalu mengunjungi website infosoalpelajaran, apabila sedang mencari tahu mengenai soal pelajaran atau pun materi pelajaran dari smeua tingkatan sekolah di Indonesia. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.