Pakaian Adat Sulawesi Tenggara Penjelasan Serta Gambarnya Paling Lengkap

Pakaian Adat Sulawesi Tenggara – Halo, selamat datang kembali di infosoalpelajaran. Disisni merupakan sebuah website yang digunakan untuk membahas segala soal pelajaran beserta materi pelajaran dari semua tingkatan sekolah di Indonesia. Dan dalam kesempatan kali ini akan ada pembahasan mengenai pakaian adat sulawesi tenggara.

Banyak juga pencarian yang orang lakukan mengenai pakaian adat buton sulawesi tenggara, pakaian adat muna sulawesi tenggara, pakaian adat sulawesi barat, pakaian adat sulawesi selatan, pakaian adat sulawesi utara, rumah adat dan pakaian adat sulawesi tenggara, baju adat muna moderen, pakaian adat suku moronene.

Baca Juga : Pakaian Adat Lampung

Nama Pakaian Adat Sulawesi Tenggara

pakaian adat sulawesi tenggara

Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi di Inonesia yang terletak di Pulau Sulawesi. Provinsi ini pun juga memiliki karakteristik heterogen sama seperti banyak provinsi lain di Indoneisa. Provinsi Sulawesi Tenggara beribukota di wilayah Kendari. Di dalamnya terdapat banyak sekali suku, antara lain adalah Suku Tolaki sebanayk 36 %, Suku Buton 26 %, Suku Muna 19 %, Suku Moronene 10%, Suku Wawonii sebanyak 9%. Dengan statistik semacam ini kita tentu tahu bahwa Suku Tolaki merupakan suku mayoritas di sana. Maka dari itu pakaian adat dari Suku Tolaki lah yang paling terkenal di wilayah Sulawesi Tenggara.

Pakaian adat Sulawesi Tenggara sendiri ada dua jenis yaitu Babbu Nggawi dan Babu Nggawi Langgai. Pakaian ini juga telah menjadi ikon yang digunakan Sulawesi Tenggara di kancah Internasional. Berikut ini akan di bahas mengenai kedua pakaian khas dari Sulawesi Tenggara ini. Tetapi sebelum itu alngkah baiknya apabila kita mengetahui sejarah mengenai pakaian adat ini.

Pada zaman dahulu kala, masyarakat Suku Tolaki membuat pakaian yang dibuat dari bahan Kinawo yaitu sebuah kulit kayu. Kulit kayu yang digunakan antara lain adalah Kayu Usongi, Dalisi, Otipulu serta Wehuka. Ynag cara pembuatannya adalah dengan direbus menggunakan abu dapur, seelah itu direndam sampai lembut. Lalu dipukul-pukul sampai tipis dan keluar seratnya. Serat kayu inilah yang kemudia dijahit lalu digunakan untuk pakaian sehari-hari.

Akan tetapi dengan seiring berkembangnya zaman, saat bahan-bahan tekstil sudah banyak ditemukan, maka di Sulawesi Tenggara munculah berbaga jenis model pakaian lain. Salah satu yang muncul adalah Babu Nggawi yang digunakan oleh pengantin wanita dan Babu Nggawi Lingga yang digunakan uoleh pengantin pria di Sulawesi Selatan.

Pakaian Adat Sulawesi Tenggara Untuk Pengantin Wanita

Pakaian Babu Nggawi menggunakan atasan yang disebut dengan nama Lipa Hinoru. Lalu bawahan adalah menggunakan Roo Mendaa serta tidak lupa juga memakai aksesoris atau perhiasan lain. Lipa Hinoru adalah blus dengan bahu yang terputus, sedangkan bawahannya yaitu Roo Mendaa adalah rok panjang yang mencapai mata kaki yang juga sama seperti atasan yaitu dihiasi dengan manik-manik berwarna emas yang bagian depannya dapat kita temui motif tradisional khas Suku Tolaki. Motif yang sering digunakan adalah motif Pinetobo, Pinesowi serta Pineburu Mbaku.

Pengantin wanita dari Sulawesi Tenggara juga akan memakai berbagai macam aksesoris yang berbeda yaitu seperti halnya anting-anting panjang yang terurai atau kumenda dantoe-tole, Kalung eno-eno sinolo yang panjang, kalung eno-eno renggi yang pendek, gelang bolusu atau gelang besar, gelang pipisu atau gelang kecil, gelang poto atau gelang permata, ikat pinggang, serta perhiasan kaki atau O Langge.

Untuk pada bagian rambutnya menggunakan aksesoris hiasan khas yaitu berupaTowe Ndowe Melai yang merupakan hiasan sanggul yang menjulur panjang terurai. Towe Ndowe Menggila atau sanggul seperti pinangan goyang, wunga-wungai atau hiasan menyerupai kembang kecil, sanggula yaitu tanaman langka. Hiasan pada kepala ini tentunya digunakan untuk mempercantik tampilan dari pengantin wanita saat pernikahan sedang berlangsung.

Lalu yang tidak boleh dilupakan adalah riasannya yang memiliki aturan tersendiri. Berikut ini urutan riasan yang harus di patuhi:

  • Mebada atau pemakaian bedak.
  • Mesila atau menghitamkan kelopak mata.
  • Shadou atau memberikan bayangan pada mata.
  • Metipa yaitu menggambar alis.
  • Mekamea-mea atau memberi lipstik.
  • Meandara atau membentuk dahi.
  • Metirangga atau memberikan warna pada kuku dengan menggunakan kapur sirih.
  • Nibura atau memberikan noktah merah pada dahi kiri.

Pakaian Adat Sulawesi Tenggara Untuk Pengantin Pria

Babu Nggaw Langgai adalah pakaian adat Sulawesi Tenggara yang digunakan oleh pengantin pria. Pada atasannya akan kita temukan berupa baju atasan yang berlengan panjang yang pada bagian depannya terbukan dan memiliki hiasan emas pada belahan baju, lehar serta lengan. Baju atasan ini sendiri dinamakan dengan nama Babu Kandiu. Sementara itu untuk bawahannya yaitu menggunakan Saluaro ala atau celana panjang yang memiliki belahan pada bagian bawahnya sepanjang 10 sampai dengan 15 cm. Celana panjang ini juga memiliki hiasan yang sama dengan atasan.

Selain itu, tentunya pengantin pria juga menggunakan berbagai perlengkapan lainnya antara lain yaitu:

  • Sulepe atau Salupi, yaitu ikat pinggang berwarna emas yangdihiasi manik-manik. Sebenarnya untuk warna tidak diwajibkan emas, bisa juga dengan warna lain.
  • Pabele. Pabele adalah sebuah penutup kepala yang memiliki bentuk runcing dengan dihiasi benang emas serta manik-manik. Bahan pembuatan dari pabele ini sama dengan bahan yang digunakan untuk membuat atasan.
  • Sapu Ndobo. Merupakan sapu tangan yang berwarna cerah dan seringkali menyesuaikan dengan warna naju.
  • Leko atau Keris. Senjata khas ini dipakai pada pinggang dengan cara diselipkan, alat ini sebagai pelindung diri.

Video Pakaian Adat Sulawesi Tenggara

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai pakaian adat Sulawesi Selatan semoga dapat membantu anda semua yang sedang mencari tahumengenai hal ini Saya juga berpesan kepada anda semua agar selalu melestarikan pakaian adat ini agar tidak punah tergeser dengan pakaian yang lebih modern.

Baca Juga : Pakaian Adat Madura

Apabila anda ingin pengetahuan yang lebih bnayak, maka bisa dengan cara mengunjungi website infosoalpelajaran yang akan membahas berbagai macam soal pelajaran atau materi-materi pelajaran dari semua tingkatan sekolah di Indonesia. Terima kasih membaca. Sampai jumpa lagi.