4+ Pakaian Adat Sumatera Barat Minangkabau Dan Penjelasan Beserta Gambar Paling Lengkap

Pakaian Adat Sumatera Barat – Hai, selamat datang kembali di infosoalpelajaran yang merupakan sebuah website yang  di dalamnya akan melakukan pembahasan mengenai berbagai macam soal pelajaran dan juga materi pelajaran dari berbagai macam tingkatan sekolah di Indonesia. Dan alam kesempatan kali ini akan ada pembahasan mengenai nama pakaian adat sumatera barat, gambar pakaian adat sumatera barat.

Nama Pakaian Adat Sumatera Barat Dan Penjelasannya

pakaian adat sumatera barat

Kalau kita berbicara mengenai kebudayaan yang  ada di Indonesia memang tidak akan ada habisnya, karena tentunya Indonesia memiliki berbagai kebudayaan yang sangat beraneka ragam dari berbagai suku bangsa yang mendiami wilayahnya. Karena budaya Indoneisa terdapat di berbagai wilayah di Indoneisa, misalnya saja di pulau Sumatera, penduduk di pulau sumatera juga sangat beragam sehingga hasilnya adat kebudayaannya juga sangat beraneka ragam.

Kebudayaan ini bisa berupa senjata adat, tarian adat, bahasa adat atau pakaian adat yang tentunya berbeda dari berbagai daerah berbeda. Seperti yang akan kita bahas yaitu pakaian adat Sumater barat yang tentunya berbeda dengan pakaian adat yang sama-sama ada di pulau sumatera, seperti pakaian adat Lampung, pakaian adat Aceh, pakaian adat Bengkulu atau pakaian adat Bangka Belitung.

Dengan berbagai macam adat dan budaya di Indonesia, tentunya kan menjadi suatu kewajiban tersendiri bagi kita untuk mengetahui lebih mendalam mengenai berbagai macam budaya yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah dari suku Minangkabau yang mendiami wilayah Sumatera Barat. Suku inilah yang merupakan suku mayoritas di wilayah provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga : Simple Present Tense

Karena suku Minangkabau merupakan suku mayoritas, maka tidak heran kala pakaian adat suku Minangkabau menjadi ciri khas dari provinsi Sumbar. Pakaian ini pun dapat digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari , karena nyaman dan hanya berupa celana dan baju. Akan tetapi untuk beberapa orang yang sudah cukup berumur lebih sering memakai celana kolor panjang atau serawa dan mereka juga suka memakai teluk belanga atau baju gunting cina.

Pakaian seperti ini juga biasanya akan di padukan dengan pemakaian sarung tanagn dan juga penutup kepala, penutup kepala ini bisa berupa destar atau peci. Sementara itu untuk para wanitanya pada umumnya hanya akan memakai kain sarung atau lambak atau kondek sebagai bawahan dan sebagai atasannya akan memakai baju kebaya atau baju kurung. Lambak atau kondek yang digunakan oleh wanita ini biasanya terbuat dari kain songket, kain pelekat, batik atau sarung bugis. Para wanita dari Suku Minangkabau juga sering memakai kain penutup kepala yang berupa selendang pendek dengan cara pemakaiannya yaitu digeraikan ke belakang pada ujung selendangnya.

Untuk lebih jelasnya, simaklah beberapa penjelasan di bawah ini:

1. Pakaian Adat Sumatera Barat Baju Adat Padang Khusus Pengantin

Pakaian Adat Sumatera Barat Baju Adat Padang Khusus Pengantin

Pada saat akan menyelenggarakan sebuah pesta pernikahan, masyarakat di provinsi Sumatera Barat biasanya akan mengenakan pakaian adat khusus pengantin yang telah disiapkan sesuai dengan budayanya. Pada umumnya baju ini berwarna merah dan dilengkapi dengan pemakaian tutup kepala khas dan tentunya memakai berbagai macam perhiasan lainnya.

Sampai sekarang ini, baju dat seperti ini juga masih eksis dan masih banyak di pakai oleh masyarakat di sana. Baju ini tentunya juga telah mengalami beberapa perubahan kecil yang digunakan agar pakaian adat ini tidak terlihat ketinggalan zaman dan dibuat agar lebih cantik dan elegan. Walaupun sudah diubah beberapa unsurnya, akan tetapi tetap tidak menghilangkan unsur budaya asli yang harus di pertahankan.

2. Pakaian Adat Sumatera Barat untuk Pria Suku Minangkabau

Pakaian Adat Sumatera Barat untuk Pria Suku Minangkabau

Pakaian ini dinamakan pakaian penghulu yang memang di khususkan untuk di pakai oleh pria suku Minangkabau. Dan sesuai dengan namanya, pakaian ini hanya khusus di pakai oleh para tetua desa atau beberapa orang tertentu saja. Untuk cara pemakaian adat ini juga harus di sesuaikan dengan ketentuan hukum adat. Dan tentunya dilengkapi dengan berbagai aksesoris atau perlengkapan lainnya seperti baju hitam, cawek, tungkek, sesamping, keris, sandang dan deta.

3. Baju Adat Sumatera Barat Padang Wanita Bundo Kanduang atau Limpapeh Rumah Nan Gadang

Baju Adat Sumatera Barat Padang Wanita Bundo Kanduang atau Limpapeh Rumah Nan Gadang

Pakaian ini merupakan pakaian yang digunakan oleh para wanita yang sudah menikah sebagai simbol kebesaran. Baju ini juga sebagai simbol bahwa seorang ibu adalah faktor paling penting dalam pembangunan keluarga. Limapeh sendiri memiliki arti tiang tengah dari rumh adat khas Sumatera Barat. Peran Limpaeh adalah sebagai penuat sebuah banunan ynag juga mnyimbolkan bagi para ibu dalam rumah tangga.

Apabila Limapeh rubuh, maka rumah atau banguanan juga akan menjadi rubuh, begitu pula dengans eorang wanita atau bi yang tidak pandai dalam mengatur rumah tangga, maka keluarganya tidak akan bertahan dalam waktu lama atau mengalami kesusahan. Paa umumnya, pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang atau Bundo Kanduang ini memiliki beberapa desain yang berbeda-beda tergantung dengan sub sukunya, akan tetapi tentunya ada perlengkapan khusus yang memang harus di pakai dan sama pada setiap sub suku.

Perlengkapan ini antara lain adalah baju batabue, tingkuluak atau tengkulk, sarung atau lambak, minsie, galang atau gelang, salempang, kalung atau dukuah dan beberapa aksesoris lainnya.

4. Pakaian Adat Sumatera Barat Suku Mentawai

Pakaian Adat Sumatera Barat Suku Mentawai

Selain dengan pakaian adat khas Sumatera Barat, ada juga apakaian adat dari Suku Mentawai, yang merupakan suku asli dari provinsi Sumatera Barat yang mendiami wilayah pulau Mentawai di sebelah barat pualu Sumatera. Di dalam adat suku Mentawai, tidak mengenal yang namnya strata sosial, karena semuanya sama saja antara para pemimpin ataupun orang biasa. Pakian ini pun juga sangat berbeda dnegan pakaian adat dari Sumatera Barat yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Untuk para laki-laki dari suku Mentawai hanya akan memakai pakaian yang berupa cawat yang terbuat dari bahan kulit pohon bagut yang sering disebut dengann nama karbit. Sedangkan untuk pra wanitanya memakai sokgumai atau rok yang terbuat dari daun pisan yang telah di olah secara tradisioanl dan cara pemakaiannya adalah denganlangsung dililitkan pada pemakainya.

Para masyarakat suku Mentawai juga memakai berbagai macam aksesoris seperti beberapa gelang-gelangan, bunga dan juga dedaunan. Juga akan memakai kalung ngalu yang menghiasi leher dengan jumlah banyak. Kalung ini biasanya terbuat dari emas. Llau untuk gelangnya memakai gelang manik yang di pakaikan di kedua tangan. Lalu pada bagian pangkal lengan dan pada beberapa bagian kepala akan di pakaikan beberapa  bunga atau dedaunan. Tak lupa yang juga menjadi ciri khas Suku Mentawai adalah pemakaian ikat kepala yang disebut dengan nama Sorat.

Baca Juga : Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Video Pakaian Adat Sumatera Barat

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai pakaian adat ini, semoga dapat membantu anda semua yang sedang mencari penbetahuan lebih mendalam mengenai berbagai macam pakaian adat Indonesia ini. Melestarikan pakaian adat dari negeri sendiri tentunya menjadi sebuah kewajiban bagi warga negara yang baik.

Mengenai pakaian adat khas dari Sumatera Barat ini juga di cari dalam berbagai kata kunci berbeda seperti pakaian adat sumatera baratnama pakaian adat sumatera baratpakaian adat sumatra baratnama pakaian adat sumatra baratpakaian adat padangpakaian adat sumbarpakaian padanggambar pakaian adat sumatera baratpakaian adat sumaterabaju adat sumatera.

Jangan lupa apabila ingin mencari tahu mengenai soal pelajaran ataupun materi pelajaran agar selalu mampir ke website infosoalpelajaran yang akan membahas semuanya dengan detail dan lengkap. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.