Daftar Peraturan Bola Voli Standar Internasional Terlengkap Terbaru 2019

Peraturan Bola Voli– Hai selamat datang kembali di webite infosoalpelajaran yang merupakan sebuah website yang di dalamnya ada pembahasan mengenai berbagai macam soal pelajaran serta materi pelajarannya dari berbagai tingkatan sekolah di Indonesia

peraturan bola voli

Dan dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai peraturan bola voli terbaru, peraturan peraturan bola voli, download peraturan bola voli terbaru, peraturan bola voli pantai, peraturan bola voli pbvsi, permainan bola voli, peraturan permainan bola voli, peraturan dalam permainan bola voli.

Peraturan Bola Voli

Dalam permainan bola voli tentunya memiliki peraturan yang harus anda ketahui. Peraturan yang ada ini tentunya untuk meningkatkan wawasan dan agar dapat melatih kita agar bisa menjadi pemain bola voli  yang lebih baik. Peraturan Bola Voli ini sudahssuai dengan standar internasional yang menjadi organisasi yang menjadi tolak ukur standar dalam pengambilan keputusan.

Sejarah bola voli tentunya sudah sangat panjang sehingga sekarang sudah menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia.     Induk organisasi bola voli dunia adalah FIVB yang merupakan sinngkatan dari Federation International de Volleyball. Di Indonesia juga memiliki induk organisasi tersendiri yaitu Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI.

Berikut ini adalah beberapa peratura dalam permainan bola voli tang wajib anda ketahui:

1. Ukuran Lapangan Bola Voli

Lapangan permainan bola voli berbentuk empat persegi panjang yang memiliki ukuran tertentu. Untuk lebarnya adalah 9 meter sedangkan panjang lapangannya adalah 18 meter Lebar setiap garis pada lapangan adalah 5 cm. Anda dapat membaca Ukuran Lapangan Bola Voli untuk lebih jelasnya lagi.

2. Net Atau Jaring

tinggi net bola voli

Jaring Atau net dalam permainan bola voli memiliki panjang 9, 5 meter dengan lebar netnya adalah 1 meter. Lebar pada setiap mata jaringnya adalah 10 cm. Pada setiap bagian ats net harus di lengkapi dengan pita putih. Untuk pita putih ini harus memiliki lebar 5 cm. Tinggi net pada permainan bola voli putra dan putri tentu berbeda. Untuk permainan bola voli pada pputra tinggi netnya adalah 2,43 m sedangkan untuk putri adalah 2,24 m. Pada setiap tepi net juga harus di pasangi antene rod yang letaknya liri pada atas garis lapangan. Warna antena ini haruslah mencolok atau kontras. Panjang antena ini mencapai 1,80 m dengan diameternya aalah 1 cm dan bahan pemubuatannya adalah dari bahan-bahan yang elastis.

3. Bola Permainan Bola Voli

permainan bola voli

Bola dalam permainan bola voli harus terbuat dari bahan yang lunak atau sejenisnya. Bentuk bla yang akan di gunakan dalam suatu pertandingan juga harus sempurna. Untuk bola dalam bagian dalamnya harus berbahan dasar karet atau bahan sejenisnya. Warna dari bola juga harus perpaduan atntara dua warna atau lebih. Warna bola voli yang cukup populer adalah gabungan dari warna biru, kuning serta putih yang sering kita lihat pada pertandingan bola voli.

Bola ini harus memiliki diameter antara 65 cm sampai dengan 67 cm. Beratnya harus mencapai 250 gram sampai 280 gram. Tekanan udara yang ada di dalmnya adalah 0,48 kg/cm2 sampai 0,52 kg/cm2. Jumlah jalur yang terdapat di dalamnya ada 12 sampai 18 jalur.

4. Kelengkapan Permainan Bola Voli

Pemain dalam permainan bola voli tentunya sama dengan permaian atau olahraga yang lainnya yang harus menggunakan pakaian atau perlengkapan pendukungnya. Perlengkapan ini berupa jersey yang dilengkap dengan nomor punggung dan dada, celana pendek dan memakai sepatu olahraga. Apabila perlu juga memakai pelindung sikut dan lutut.

5. Jumlah Pemain Dalam Permainan Bola Voli

Jumlah pemin bola voliyang ada di satu tim atau satu regu adalah 6 orang dengan beberapa pemain sebagai pemain cadangan yang jumlahnya juga sama yaitu jumlahnya 6 orang. Posisi pemain bola voli juga berbeda-beda sesuai tugasnya masing-masing.

6. Pergeseran Pemain

Pergeseran permainan bola voli adalah searah dengan perputaran jarum jam. Apabila ada salah satu regu penerima servis dari lawan memenangkan permainan. Maka selanjutnya semua pemain akan di beri hak untuk perpindahan posisi dengan cara bergerak searah denga perputaran jarum jam. Kita dapat mengambil contoh apabila posisi tiga melakukan servis maka pemain pada posisi 1 bergeser menuju ke posisi 2. Selain teknik perpindahan posisi, teknik dasar bola voli yang lainnya juga harus dikuasai misalnya adalah teknik smash atau spike dan teknik cara melakukan passing bawah.

7. Lama Permainan Bola Voli

Lama permainan bola voli tidak menggunakan waktu atau menit melainkan berdasarkan jumlah poin yang telah di dapat dalam sebuah set. Apabila menggunakan sistem rally point maka jumlah poin yang harus di dapatkan yaitu 25. Kecuali apabila mengalami deuce atau jumlahpoin sama misalnya 14-14 atau 24-24 maka tim yang meraih 2 angka llebih banyak terlebh dahulu akan memenangkan set. Untuk memenangkan permainan bola voli harus bisa memenagi 3 set permainan.

8. Pemimpin Permainan Bola Voli

Pemimpin yang bertugas untuk memimpin jalannya suatu pertandingan bola voli adalah wasit dan di lengkpi lagi dengan 4 orang penjaga garis dan satu lagi petugas yang tugasnya mencatat skor pertandingan.

9. Peraturan Teknis Permainan Bola Voli

Setiap regu atau tim dalam permainan bola voli memiliki hak memainkan bola voli sebanyak 3 kali. Setiap pemain dalam permainan bola voli tidak boleh untuk memainkan bola lebih dari satu kali secara berturut-turut. Tim yang melakukan servis akan mendapatkan poin apabila dapat memenangkan pertandingan.

Hal ini pun akan sebaliknya terjadi apabila tidak dapat menerima bola dari lawan, maka lawan yang akan mendapatka poin. Bola hidup yang dimaksud dalam permainan bola voli adalah bola yang mulai di pukulkan dari servis sampai sebelum bola menyentuh tanah. Ketika akan melakukan servis maka harus melambungkang bola terlebih dahulu. Bola akan dinyatakan masuk apabila bola jatuh di daerah lapangan atau di garsi lapangan.

10. Sistem Libero

Sistem libero dalam permainan bola voli adalah suatu sistem permainan berupa setiap bola pertama harus di wakili oleh pemain yang di yakini dapat di wakili oleh pemain yang berposisi sebagai libero.

11. Pelanggaran Dalam Permainan Bola Voli

  • Pemain menyentuh net dengan tangan dengan sengaja atau tidak sengaja.
  • Pemain tidak akan dinyatakan melakukan pelanggaran apabila bola tidak sengaja mengenai bagian tubuh lain selain tangan. Misalnya melakukan blocking dengan kepala atau dada.
  • Kaki masuk daerah permainan lawan.
  • Pada pemain yang melakukan blocking tangannya terlalu masuk ke dalam aerah permainan lawan.
  • Berbicara kasar kepada wasit atau juri.
  • Menegur wasit dan perangkat pertndingan lainnya.
  • Menerima petunjuk atau arahan dari luar lapangan selama pertandingan sedang berlangsung.
  • Mempengaruhi wasit dalam memberika keputusan.
  • Pemian meninggalkan lapangan tanpa izin.

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai peraturan dalam permainan bola voli yang di dalamnya juga akan anda temui mengenai peraturan bola voli terbaru, peraturan peraturan bola voli, download peraturan bola voli terbaru, peraturan bola voli pantai, peraturan bola voli pbvsi, permainan bola voli, peraturan permainan bola voli, peraturan dalam permainan bola voli., semoga dapat membantu anda semua yang sedang mencari tahu mengenai hal ini.

Dan saya berpesan kepada anda agar selalu menuju ke website infosoalpelajaran apabila sedang mencari informasi mengenai soal pelajaran beserta materi pelajarannya dari semua tingkatan sekolah yang ada di Indonesia atau umum.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.