75 Contoh Percakapan Bahasa Inggris dan Artinya Terbaru 2019

Percakapan Bahasa Inggris – Bahasa Inggris saat ini menjadi bahasa Internasional. Artinya, di mana pun Kamu berada dan apa pun status Kamu saat ini, Kamu sangat disarankan untuk dapat menguasai Bahasa Inggris. Apalagi di era globalisasi seperti ini, tidak ada lagi garis batasan antar Negara. Warga asing bisa kapan saja datang ke Negara kita, Indonesia.

Tentu saja, kita sebagai tuan rumah harus bisa menguasai percakapan bahasa inggris agar dapat melayani tamu istimewa tersebut. Sedemikian pentingnya bahasa ini, kamu harus belajar Bahasa Inggris saat ini juga!

Latihan Percakapan Bahasa Inggris dan Artinya Terbaru

Gambar percakapan bahasa inggris dan artinya
Gambar percakapan bahasa inggris dan artinya

Agar bisa melakukan percakapan bahasa inggris, tentunya kamu sedikit banyak diharuskan menguasai beberapa topic percakapan yang biasa digunakan. Tujuannya adalah agar kamu tidak salah dalam memahami apa yang dimaksud oleh lawan bicara kamu.

Kamu juga perlu tahu, bahwa melakukan percakapan bahasa inggris memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya untuk kehidupan pribadi kamu saja, tapi juga untuk karir, pendidikan, masa depan, dan masih banyak yang lainnya. Beberapa manfaat menguasai percakapan bahasa inggris adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai wawasan yang luas tentang dunia luar yang belum pernah kamu ketahui. Melakukan percakapan dengan lawan bicara yang jago bahasa inggris akan menambah wawasan kamu tentang dunia luar. Sebab, dunia luar itu sangat luas. Dan kamu bisa mendapatkannya dengan melakukan percakapan bahasa inggris
  • Masa depan yang cerah. Menguasai percakapan bahasa inggris bisa berpengaruh terhadap masa depan kamu, loh! Karena saat ini banyak beasiswa yang memberikan peluang kepada siapa saja untuk dapat melanjutkan jenjang pendidikan di luar negeri. Tentunya, syarat utama agar bisa sekolah di luar negeri kamu harus bisa berbahasa inggris
  • Memudahkan kamu membaca literature ilmiah. Kamu pasti sering menemukan literature ilmiah yang sering dijadikan rujukan oleh banyak orang dengan menggunakan bahasa inggris. Nah, inilah fungsi kamu menguasai bahasa inggris. Setidaknya kamu dapat memahami kosakata-kosakata yang ada pada literature tersebut. Walhasil, wawasan kamu juga akan bertambah
  • Punya banyak teman dari luar negeri. Menguasai percakapan bahasa inggris bisa membuat kamu punya banyak teman dari berbagai Negara. Karena ini merupakan bahasa internasional, maka kamu dapat mempunyai teman dari Negara mana pun. Menarik bukan?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang contoh percakapan bahasa Inggris, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa fungsi percakapan. Percakapan memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Percakapan dapat digunakan untuk menanyakan sesuatu hal kepada lawan bicara, menyampaikan ide atau gagasam dan juga sebagai jalan untuk bertukar pikiran menyelesaikan sebuah permasalahan
  • Kemudian, percakapan juga dapat digunakan untuk mendapatkan informasi penting dari lawan bicara
  • Dengan percakapan juga, kamu dan lawan bicara kamu dapat menciptakan suasana pertemanan yang menyenangkan
  • Dan yang terakhir adalah percakapan dapat digunakan untuk membentuk suatu identitas dari kelompok tertentu dengan gaya bahasa yang digunakan

Melihat banyaknya fungsi dari percakapan di atas, tidak ada salahnya jika kamu sekarang memulai untuk belajar tentang percakapan bahasa Inggris. Di bawah ini, kamu dapat mempelajari beberapa topic yang biasa digunakan dalam sebuah percakapan bahasa Inggris.

Contoh Percakapan Bahasa Inggris

Dengan adanya contoh percakapan bahasa Inggris di bawah ini, kamu bisa belajar lebih banyak tentang topic-topik yang sering diperbincangkan. Kamu juga dapat mengetahui apa yang harus kamu ucapkan dan apa yang harus kamu jawab pada setiap topic percakapan tersebut.

Kumpulan Percakapan Bahasa Inggris Sehari-Hari

Percakapan bahasa Inggris juga sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan mempelajari beberapa contoh percakapan di bawah ini, Kamu dapat melatih dan menambah wawasan tentang pembahasan apa saja yang biasanya digunakan.

Semakin banyak Kamu mengetahui contoh-contoh percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris, akan semakin terbiasa pula Kamu mendengar kosakata baru. Selain itu, Kamu juga harus melatihnya sendiri di rumah agar Kamu terbiasa berbicara dalam  bahasa Internasional ini.

Berikut kumpulan percakapan bahasa Inggris sehari-hari.

Percakapan Bahasa Inggris Perkenalan

Gambar percakapan bahasa inggris 2 orang
Gambar percakapan bahasa inggris 2 orang

Percakapan yang paling sering dilakukan dengan orang yang baru saja dikenal adalah percakapan tentang perkenalan. Sesuai dengan judulnya, percakapan ini ditujukan agar kedua belah pihak saling mengenal satu sama lain. Lalu, bagaimana contohnya? Lihat percakapan di bawah ini!

Contoh 1

Di bawah ini adalah contoh perkenalan singkat antar dua orang gadis. Mereka hanya bertukar nama dan merasa senang bisa saling bertemu.

Sari        : Hello.. My name is Sari

Halo, nama saya Sari

Dila        : Hi.. My name is Dila

Hi, nama saya DIla

Sari        : Nice to meet you

Senang bertemu denganmu

Dila        : Nice to meet you too

Senang juga bertemu denganmu

Contoh 2

Sebuah perkenalan singkat dengan orang yang belum dikenal. Tidak hanya saling bertukar nama, akan tetapi mereka juga saling bertukar alamat tempat tinggal.

John      : Good afternoon! What is your name? My name is John.

Selamat siang! Siapa nama kamu? Nama saya John

Edward : Hello John! My name is Edward

Halo John! Nama saya Edward

John      : Where do you live?

Di mana kamu tinggal?

Edward : I live in Surabaya. Anda where do you live?

Saya tinggal di Surabaya. Dan di mana tempat tinggal kamu?

John      : I live in Sidoarjo

Saya tinggal di Sidoarjo

Percakapan Bahasa Inggris Sehari-Hari di Rumah

Gambar latihan percakapan bahasa inggris tentang kehidupan sehari
Gambar latihan percakapan bahasa inggris tentang kehidupan sehari

Rumah adalah tempat yang paling sering digunakan sebagai tempat untuk bercakap-cakap. Oleh sebab itu, kamu juga harus tahu beberapa percakapan yang biasanya digunakan di dalam rumah. Langsung saja lihat contoh percakapan bahasa inggris di bawah ini.

Contoh 1

Seorang anak yang melihat ibunya sedang menyajikan sebuah makanan di meja makan. Dan dia melihat makanan tersebut sepertinya enak. Ketika dicoba, memang benar. Masakan ibunya memang enak sekali.

Lui          : Good morning, Mom!

Selamat pagi, Bu!

Mom     : Good morning too, Lui!

Selamat pagi juga, Lui!

Lui          : Wow! What is that? It looks so delicious

Wow! Apa itu? Kelihatannya lezat

Mom     : Let’s try this

Ayo coba ini

Lui          : Hm.. So delicious..

Hm… enak sekali

Contoh 2

Berikut contoh percakapan bahasa inggris beserta artinya antara Ayah dan Ibu yang merasa bahwa anak perempuan mereka telah tumbuh dewasa dengan sangat cepatnya. Terlebih lagi saat ini, anak perempuan mereka mirip dengan ibunya. Contoh percakapan seperti ini sering sekali terjadi di dalam sebuah keluarga. Melihat perubahan pada anak-anak mereka adalah hal menarik untuk diperbincangkan.

Mom     : Dad, what do you think about your daughter?

Yah, bagaimana menurutmu tentang anak perempuan kamu?

Dad        : I think she’s grow up so fast

Saya pikir dia tumbuh dengan sangat cepat

Mom     : Hahaha. Yes you’re right, honey! She’s teenager now

Hahaha. Kamu benar, Sayang. Dia menjadi anak remaja sekarang

Dad        : Yeah

Yaa..

Percakapan Bahasa Inggris di Dalam Kelas

Gambar percakapan bahasa inggris di kelas
Gambar percakapan bahasa inggris di kelas

Saat berada di dalam kelas, kamu pasti tahu bahwa banyak dari teman-teman kamu yang senang melakukan percakapan. Entah saat jam istirahat, saat sedang belajar bersama, atau saat guru memberikan kesempatan untuk melakukan diskusi bersama. Inilah contoh percakapan percakapan bahasa inggris beserta artinya tentang sekolah.

Contoh 1

Di bawah ini adalah contoh percakapan antara Mira dan juga Sari. Mira telah meminjam buku kepada Mia. Dan seharusnya dia mengembalikan buku tersebut sesegera mungkin karena Mia membutuhkannya. Akan tetapi, Mira ada ujian di kelas sehingga tidak bisa mengembalikan buku tersebut sesuai dengan keinginan Mia. Oleh karena itu, Mira meminta bantuan kepada Sari untuk mengembalikan buku tersebut kepada Mia.

Mira      : Could you do me a favour, Sari?

Bisakah kamu menolong saya, Sari?

Sari        : Yes, I’ll be glad to, Mira

Ya, saya senang bisa menolong kamu, Mira

Mira      : I have to give this book to Mia. She needs it as soon as possible. Unfortunately, I will be in a class for my examination

Saya harus mengembalikan buku ini kepada Mia. Dia membutuhkannya segera. Tapi sayangnya, saya akan ada ujian di kelas

Sari        : Let me

Berikan padaku

Mira      : Thank you so much, Sari

Terima kasih banyak, Sari

Sari        : No problem, Mira

Tidak masalah, Mira

Contoh 2

Pada contoh percakapan nomor 2 ini, seorang murid meminta maaf kepada gurunya karena dia terlambat. Keterlambatannya disebabkan karena macet saat di jalan. Kamu juga bisa menggunakan contoh berikut jika kamu datang terlambat ke kelas karena terjebak macet yang diluar prediksi kamu.

Student                : I’m sorry, Sir. I’m a little late. There was a heavy traffic

Maaf, Pak. Saya sedikit terlambat. Tadi macet

Teacher                :  Oh never mind. Come in

Oh tidak apa-apa. Silahkan masuk

Student                : Thank you, Sir

Terima kasih, Pak

Percakapan Bahasa Inggris di Kantor

Gambar percakapan bahasa inggris di kantor
Gambar percakapan bahasa inggris di kantor

Biasanya, percakapan di kantor membahas tentang permasalahan yang ada di kantor. Atau topik-topik lainnya yang selama terjadinya percakapan tersebut, subjek dan objek sedang berada di kantor. Lihat contoh percakapan bahasa inggris sehari hari dan terjemahannya di bawah ini yang membahas tentang sebuah paket yang dikirimkan oleh Tuan Tanaka.

Boss       : Good morning, Albert.

Selamat pagi, Albert.

Albert   : Good morning, Boss. What can I do for you?

Selamat pagi, Bos. Apa yang bisa saya bantu?

Boss       : Write a letter to Mr. Tanaka that we have received his package.

Tolong tulis surat untuk Tuan Tanakan bahwa kitta telah menerima paketnya.

Albert   : Is that all?

Itu saja?

Boss       : Don’t forget to send my regards. After finishing, bring it to me. I will sign it.

Jangan lupa sampaikan salam saya. Setelah selesai, bawa ke saya. Akan saya tandatangani.

Albert   : When will it be sent off?

Kapan surat ini harus dikirim?

Boss       : It must be sent off today.

Surat itu harus dikirim hari ini juga.

Albert   : Yes, Boss.

Baik, Bos.

Percakapan Bahasa Inggris Formal

Gambar percakapan bahasa inggris formal
Gambar percakapan bahasa inggris formal

Percakapan bahasa Inggris formal biasanya digunakan ketika kamu berbicara dengan seseorang yang memiliki sebuah jabatan tinggi. Atau seseorang yang disegani dan dihormati. Pada contoh di bawah ini, kamu akan melihat sebuah percakapan bahasa inggris formal antara pasien dan dokter.

Helen   : Good afternoon, Doctor.

Selamat siang, Dokter.

Doctor  : What’s the matter with you?

Ada apa dengan Anda?

Helen   : I don’t feel very well in these days.

Saya merasa tidak enak badan selama beberapa hari ini.

Doctor  : Show me your tongue and breath slowly.

Tunjukkan kepada saya lidah Anda dan tarik nafas pelan-pelan.

Helen   : How?

Bagaimana?

Doctor  : Your illness is very serious.

Sakit Anda ternyata sangat parah.

Helen   : Can be cured?

Bisakah sembuh?

Doctor  : Of course. But you have to stay in a hospital at least for a month.

Tentu saja. Tapi Anda harus tinggal di rumah sakit paling tidak satu bulan.

Percakapan Bahasa Inggris Dengan Teman

Gambar percakapan bahasa inggris dengan teman
Gambar percakapan bahasa inggris dengan teman

Tidak mungkin jika kamu tidak pernah melakukan sebuah percakapan dengan teman kamu. Pasti banyak yang bisa kamu bicarakan ketika bertemu dengan seorang teman. Seperti contoh percakapan bahasa inggris 2 orang singkat di bawah ini, seorang teman yang memberikan ucapan selamat ulang tahun dan memberikannya sebuah hadiah.

Jane       : Hello Tomas, my best friend! Happy birthday!

Halo Tomas, sahabatku! Selamat ulang tahun!

Tomas   : Thank you very much, Jane.

Terima kasih banyak, Jane.

Jane       : And this is a gift for you.

Dan ini ada sebuah kado untukmu.

Tomas   : What is it? The cover’s very good.

Apa ini? Kemasannya bagus sekali.

Jane       : Open it!

Bukalah!

Tomas   : oh, what a good book!

Oh, buku yang bagus!

Jane       : Do you like it?

Apa kamu menyukainya

Tomas   : Yes, of course.

Ya, tentu saja.

Jane       : I bought it in Europe special for you.

Aku membelinya di Eropa spesial untukmu.

Tomas   : Thank you, Jane.

Terima kasih, Jane.

Jane       : You’re welcome Tomas.

Sama-sama Tomas.

Percakapan Bahasa Inggris Dengan Pacar

Gambar percakapan bahasa inggris dengan pacar
Gambar percakapan bahasa inggris dengan pacar

Bagi siapa saja yang punya pacar, pasti sering melakukan percakapan dengannya. Entah lewat telepon atau saat berjalan berdua. Beraneka topik bisa saja dibicarakan dengan orang terkasih, seperti contoh percakapan di bawah ini.

Rio         : Honey, are you free this coming Saturday night?

Sayang, apa kamu tidak ada acara Sabtu malam ini?

Dian       : No, honey. Why?

Tidak, saying. Kenapa?

Rio         : Would you like to go to the cinema with me?

Maukah kamu pergi ke bioskop bersamaku?

Dian       : I’d like to.

Aku sangat senang sekali.

Rio         : I will pick you up at 7 p.m

Aku akan menjemputmu jam 7 malam.

Dian       : Okay, honey. I’ll be waiting you.

Oke, sayang. Aku akan menunggumu.

Demikianlah beberapa contoh percakapan dalam bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan referensi untuk belajar kamu. Percayalah, belajar bahasa inggris itu sebenarnya sangat mudah. Satu hal yang paling penting dalam belajar bahasa inggris adalah sering melatih diri untuk membiasakan berbicara dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu akan terbiasa dan semakin banyak kosakata yang akan kamu kuasai.

Dan, cara termudah untuk belajar bahasa inggris adalah melalui percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, jangan pernah malu untuk memulai sebuah percakapan dengan menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar.

Bila ada pertanyaan request soal atau pelajaran pendidikan silahkan tinggalkan komentar diawah ya. Terima kasih sudah mampir di website pribadi saya www.infosoalpelajaran.com, semoga selalu dalam lindungan yang maha kuasa.