Nama Posisi Pemain Bola Voli Dan Tugasnya Beserta Gambar Dan Video Lengkap

Posisi Pemain Bola Voli – Selamat datang kembali di wesite infosoalpelajaran. Disini kita akan membahas mengenai berbagai macam soal pelajaran dan juga materi pelajaran dari berbagai macam tingkatan sekolah yang ada di Indonesia dan umum. Di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai nama posisi pemain bola voli, gambar posisi pemain bola voli, posisi pemain bola voli dan tugasnya, formasi dalam permainan bola voli.

posisi pemain bola voli

Banyak juga pencarian orang mengenai posisi 3 pada permainan bola voli yaitu, posisi 1 pada permainan bola voli yaitu, posisi kapten dalam permainan bola voli berada pada, sebutkan posisi pemain bola voli, Bagaimana posisi pemain bola voli? Berapa jumlah pemain bola voli? Apa fungsi dan tugas pemain bola voli? Apa yang dimaksud libero di permainan bola voli?

Bola Voli

Pada zaman sekarang ini apabila kita bicara mengenai permainan bola voli, tentunya hampir tidak ada yang tidak mengetahui mengenai permainan bola voli. Hal ini tentunya karena bola voli merupakan salah satu permainan yang sangat polpuler di kalangan masyarakat indonesia. Hal lain mungkin saja karena sejarah bola voli yang sudah sangat panjang.

Dan untuk sebagian orang yang bukan pemain profesional atau yang hanya bermain untuk kesehatan saja pasti ada yang belum mengerta mengenai posisi apa saja yang ada di permainan bola voli. Mereka mungkin hanya akan tahu tosser dan smasher. Padahal ada posisi lain yang bukan hanya itu Karena masih ada beberapa lagi posisi dalam bola voli yang harus diketahui.

Memahami tentang posisi dalam permainan bola voli ini tentunya sangat penting, apalagi untuk anda yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai permainan bola voli. Dan berikut ini adalah beberapa pembahasan mengenai posisi pemain bola voli beserta tugasnya.

Posisi Pemain Bola Voli Dan Tugasnya

nama posisi pemain bola voli dan tugasnya
Sumber : https://olahraga.pro/

Apabila anda telah menyimak gambar di atas, maka anda bisa melihat angka 1 sampai dengan angka 6 pada setiap daerah yang berbeda. Secara singkat yang dapat saya bagi adalah bahwa nomor satu merupakan seorang server yang tugasnya untuk melakukan servis. Lalu nomor dua dan empat adalah pemain yang bertugas untuk menyerang, yaitu spiker atau smasher.

Selanjutnya pada nomor tiga diisi oleh tosser atau set upper, untuk nomor lima serta enam adalah libero sebagai pemain bertahan.

1. Tosser Atau Set-Upper

pemain yang bertugas memberi umpan kepada penyerang dalam bola voli dinamakan

Apa itu sebenarnya tosser? Tosser atau set upper ini adalah pemain yang bertugas memberi umpan kepada penyerang dalam bola voli dinamakan atau pemain bola voli yang bertugas sebagai pengumpan dinamakan. Selain itu tosser juga sebagai seorang playmaker atau pengatur serangan dari sebuah tim bola voli. Jadi, apabila ada serangan yang akan di lakukan yang berhak untuk menetukan atau memnerikan komando adalah tosser.

Untuk menjadi seorang tosser atau set upper yang baik, maka seorang pemain harus memiliki kualitas umpan yang baik serta harus memiliki kecerdasan dalam melakukan berbagai variasi umpan kepada para penyerang. Maka dari itu, apabila anda kurang memiliki kualitas permainan seperti ini, maka jangan memilih untuk bermain pada posisi tosser dan pilih posisi lain yang sesuai.

Seorang tosser juga di wajibkan untuk memberikan umpan cantik dan tepat sasaran agar serangn balik dapat dilakukan dengan baik, maka dari itulah seorang tosser dapat di anggap sebagai penentu seranagn atau pengatur serangan dalam tim. Akan tetapi selain untuk memberikan umpan yang baik kepada penyerang, tosser juga memiliki tugas untuk defense atau bertahan dengan melakukan blocking yang baik. Hal ini tentunya karena posisi yang di duduki oleh tosser adalah di depan net bagian tengah.

Video Posisi Pemain Bola Voli Tosser

2. Smasher Atau Spiker

pemain yang bertugas sebagai penyerang dalam bola voli dinamakan smasher

Posisi smasher atau spiker ini berada di samping kanan dan kiri dari tosser, artinya para samasher juga berada di depan net. Dan sebenarnya tugas dari seorang smasher ini hampir sama dengan tosser yaitu untuk melakukan blocking dari serangan yang di lakukan oleh lawan. Akantetapi tentunya tugas utama dari seorang smasher adalah pemain yang bertugas sebagai penyerang dalam bola voli agar mendapatkan poin dalam rangka memenangkan pertandingan.

Hal ini berarti seorang spiker atau smasher memiliki dua tugas sekaligus, yaiu sebagai penyerang dan juga sebagai seorang defender di depan. Smash yang di lakuakan di satu sisi tentunya bertujuan agar mendapatkan poin untuk menang, lalu untuk blocking sendiri tentunya agar menghindari masuknya bola ke daerah pertahanan tim untuk menghindari kekalahan.

Video Posisi Pemain Bola Voli Smasher

3. Libero Atau Defender

Apa yang dimaksud dengan libero dalam permainan bola voli

Liberao atau defender dalam permainan bola voli adalah pemain yang posisinya berada di belakang para pemain depan lainnya. Untuk tugas yang dimiliki libero adalah menahan segala serangan yang di lakukan oleh pemain lawan dengan melakukan passing. Baik dengan cara melakukan passing bawah atau pun menggunakan passing atas.

Akan tetapi di sisni penggunaan passing yang di lakukan harus sesuia kondisi permainan yang sedang terjadi. Apabila bola sedang berada di posisi rendah maka lakukanlah passing bawah, begitu juga sebaliknya apabila bola berada di atas kepala, maka lakukanlah passing atas. Maka dari itu seorang libero dituntut untuk memiliki kemampuan passing dan bertahan yang baik.

Akan tetapi ada hal yang tidak boleh di lakukan oleh pemain yang berposisi sebagai libero dalam permainan bola voli, yaitu tidak boleh melakukan gerakan smash dan juga gerakan blocking.

Video Posisi Pemain Bola Voli Libero

4. Server

posisi pemain bola voli server

Server merupakan pemain yang bertugas untuk melakukan servis. Setelah seorang pemain berhasil melakukan sevis, maka ia harus mengisi posisi sebagai pemain bertahan di belakang.

Baca Juga : Teknik Dasar Bola Voli Beserta Penjelasannya Lengkap

Video Posisi Pemain Bola Voli Server

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai posisi pemain bola voli, semoga dapat membantu anda semua yang sedang mencari tahu mengenai hal ini

Dan saya berpesan kepada anda semua agar selalu mengunjungi website infosoalpelajaran apabila sedang mencari informasi mengenai soal pelajaran serta materi pelajaran lengkapnya.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya.