Sejarah Bola Voli Dunia Dan Indonesia Dengan Penjelasan Singkat Terlengkap

Sejarah Bola Voli – Hai selamat datang kembali di website infosoalpelajaran yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai pembahasan dari berbagi macam soal pelajaran dan materi pelajaran dari semua tingkatan sekolah yang ada di Republik Indonesia.

sejarah bola voli secara singkat

Dan dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai sejarah bola voli, yang di dalamnya juga akan ada pembahasan mengenai pengertian bola voli, sejarah bola voli di indonesia, sejarah bola voli di dunia, Kapan permainan bola voli masuk ke Indonesia? Berapa tinggi net bola voli putra dan putri? Siapa penemu bola voli dan pada tahun berapa? Bola voli pertama kali diperkenalkan oleh siapa? Permainan bola voli diciptakan oleh? Pencipta permainan bola voli dan sejarah bola voli lengkap.

Sejarah Bola Voli Di Dunia

Permainan bola voli merupakan olehraga yang dimainkan dengan dua tim atau regu yang berlawanan. Masing-masing dari tim atau regu ini terdiri atas 6 pemain sebagai pemain inti dan juga ada beberapa pemain cadangan dan dimainkan pada lapangan khusus.

Permainan bola voli ini memiliki beberapa variasi antara lain adalah voli pantai. Untuk voli pantai, jumlah pemainnya adalah 2 orang. Jadi setiap permainan bola voli pantai akan dimainkan oleh 4 orang yang dibagi dalam dua tim untuk saling beradu permainan.

Cabang olah raga bola voli memiliki federasi resmi yang menaunginya dalam dunia internasional yaitu FIVB yang merupakan singkatan dai Feeration International Volley Ball. Sementara itu, federasi bola voli resmi di Indonesia adalah PBVSI atau singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.

Permainan bola voli ini juga merupakan salah satu permainan yang sangat digemari di Indonesia. Hal ini terbukti dengan berbagai prestasiyang telah di dapat oleh timnas Indonesia maupun atlet-atletnya.

Berikut ini beberapa perjalanan singkat ari permainan bola voli sebelum mengalami kepopuleran sampai sekarang.

Olahraga Ini Dulunya Bernama Mintonette

Permainan bola voli ini sebenarnya adalah gabungan dari 4 cababg olahraga bola besar yang lainnya, yaitu bola basket, baseeball, tenis, dan bola tangan. Tetapi pada aalnya permainan ini tidak disebut dengan bola voli, akan tetapi terlebih dahulu terkenal dengan nama mitonette. Tokoh yang untuk pertama kalinya menemukan olahraga ini adalah William G. Morgan.

Profil Willam G. Morgan

permainan bola voli

Wiliiam G. Morgan lahir di tahun 1870 dan wafat pada tahun 1942. Dia merupakan seorang instruktur pendidikan jasmani atau kalau kita sebut dengan bahasa inggris adalah Director of Physical Education di Young Mens Christian Association atau sering disingkat menjadi YMCA.

Tentang YMCA

makalah sejarah bola voli

YMCA meupakan singkatan dari Young Mens Christian Associatin. YMCA sendiri merupakan sebuah organisasi yang tujuan didirikannya adalah untuk mengajarkan semua ajran-ajaran agama kristen kepada para pemuda. YMCA ini diirikan di negeri Elizabeth, tepatnya yaitu di London, Inggris pada tanggal 6 juni 1884 yang didirikan oleh George William. Organisasi ini didirikan sebagai wadah untuk memfasilitasi anak-anak muda, mulai dari sekolah, fasilitas olahraga sampaimess untuk penginapan.

Bola Voli Terinspirasi Dari Bola Basket

Permainan bola voli tercipta setelah adanya ertemuan yang dilakukan oleh Willlian G. Morgan dengan pencipta permainan bola basket yaitu James Naismith yang lahir pada tanggal 6 November 1861 dan wafat pada tanggal 28 November tahun 1939. Sama halnya dengan William G. Morgan, James Naismith juga merupakan orang yang mengabdi pada kegiatan instruktur pendidikan jasmani.

William G. Morgan menciptakan permainan bola voli atau dulunya mintonette ini 4 tahunsetelah James Naismith berhasil menemukan permainan bola basket. Pada awal dibuatnya permainan ini, sebenarnya lebih di peruntukan untuk orang yang sudah berusia lanjut, maka dari itu dulu permainan ini tidak seaktif atau se enerjik permainan bola voli yang sekarang.

Peraturan Permainan Bola Voli

Peraturan bola voli tentunya i buat ileh penemunya, yaitu William G. Morgan. Pada awalnya, beliau membuat jaring atau net dengan tinggi 2,98 m yang di pasang di tengah lapangan permainan. Ukuran lapangan bola voli awalnya adalah 7,6 m x 15,2 m. Untuk waktu permainan bola voli yaitu terdiri dari 9 sesi dengan melakukan 3 kali servis yang dilakukan oleh masing-masing regu atau tim pada setiap sesi permainannya. Untuk teknik dasar bola voli indonesia sekarang tentunya sudah berbeda

Namanya Berubah Menjadi Bola Voli

Bola voli berubah nama dari sebelumnya bernama mintonette pada tahun 1896, hal ini dilakukan saat petama kali dilakukan uji coba permainan bola voli di YMCA Training School.

Pada awal tahun 1896, Willian G. Morgan diundang oleh Dr. Luther Halsey Gulick untuk mendemonstrasikan permainan yang telah di buat atau di temukan oleh William G. Morgan di kampus Young Mens Christian Association yang baru.

Pada kesempatan itulah William G. Morgan membawa 2 tim sekaligus yang beranggotakan 5 orang. Disana William menjelaskan bahwa permainan ini dapat di lakukan di dalam mau pun di luar ruangan dengan leluasa. Beliau juga menyampaikan bahwa permainan ini dapat dilakukan dengan lebih banyak pemain karena tidak memiliki batasan jumlah pemain. Tujuan awal perminan ini adalah agar bola tetap bergerk untuk melewati net yang tinggi dari daerah permainan yang satu ke daerah permainan yang lain.

Perkembangan Di Seluruh Dunia

sejarah bola voli dunia
Sumber : https://olahraga.pro/

Seiring dengan perkembangan zaman yang ada, maka permainan bola voli juga mengalami berbagai peubahan dalam segi peraturan pertandingannya. Dari mulai diperkenalkannya teknik smash atau spike pada tahun 1961. Lalu 4 tahun kemudian mulai dikenalkan mengenai penciptaan 3 kali sentuhan pada setiap tim dan skor akhir yang awalnya 15 poin lalu diubah menjadi 21 poin.

Dimulainya penyebaran permainan bola vol keseluruh dunia adalah pada tahun 1900 yaitu pertama kali merambat kenegara lain selain amerika yaitu di negara yang terkenal dengan air terjun niagaranya, Kanada. Hingga terus menerus bertambah populer kenegara yang lain di seluruh dunia, lalu pada tahun 1947 dibuatlah federasi internasioal bola voli, yang disebut dengan Federation International de Volleyball atau disingkat menjadi FIVB.

Lalu setelah itu diselenggarakanlah kejuaraan bola voli setiap 2 tahun sekali.

Video Sejarah Bola Voli Dunia

Sejarah Bola Voli Di Indonesia

Permainan bola voli masuk di Indonesia saat masa kolonial belanda masih ada di Indonesia, yaitu pada rahun 1928. Pada saat itu tentunya permainan ini hanya akan di mainkan oleh orang belanda dan juga para bangsawan saja. Maka dari itulah untuk mengembangkan permainan bola voli di Indonesia harus mendatangkan guru pendidikan jasmani dari Belanda.

Selain para guru pendidikan jasmani yang mengenalkan permainan bola voli, ada andil yang besar juga dari para tentara untuk mengenalkan atau mengembangkan permainan bola vol di Indonesia. Para tentara sering bermain bola voli di asrama atau pada lapangan terbuka. Selain itu juga mengadakan pertangdingan antar kompeni yang ada.

Terbentuknya PBVSI

logo artikel sejarah bola voli

Permainan bola voli ini memiliki perkembangan yang sangat pesat di wilayah Indonesia, hal ini dapat di ketahui melalui banyaknya bermunculan klub-klub bola voli yng menjamur di kota-kota besar di daerah Indonesia.

Lalu di dirikanlah PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia pada tanggal 22 Januari 1955 di Ibukota Jakarta. Bersamaan dengan hari itu juga diselenggarakanlah kejuaraan bola voli nasiona pertama di Indonesia.

Sejak berdirinya federasi resmi bola voli indonesia, maka mulai mengembangkan permainan bola voli Indonesia, baik saat di dalam negeri maupun diluar negei. Dan tentunya hal ini masih dilakukan sampai sekarang.

Dimulainya Pertandingan Resmi

kejuaraan bola voli indonesia

Salah satu titik perkembangan permainan bola voili di Indonesia adalah saat Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan tingkat asia yaitu Asian Games IV  pada tahun 1962, yang kemudian dilanjutkan lagi dengan Ganefo pertama pada tahun 1963. Hal ini berlaku untuk kategori putra dan juga putri.

Permainan bola voli ini di pertandingkan pada acara resmi yaitu PON atau Pekan Olahraga Nasional ke II di Jakarta pada bulan oktober di tahun 1951. Hingga saat ini permainan bola voli menjadi olahraga yang selalu ada dalam setiap kejuaraan olahraga yang diselenggarakan di Indonesia.

Video Sejarah Bola Voli Di Indonesia

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai sejarah bola voli, yang di dalamnya juga berisi mengenai pembahasan dari pengertian bola voli, sejarah bola voli di indonesia, sejarah bola voli di dunia, Kapan permainan bola voli masuk ke Indonesia? Berapa tinggi net bola voli putra dan putri? Siapa penemu bola voli dan pada tahun berapa? Bola voli pertama kali diperkenalkan oleh siapa? Dan sejarah bola voli lengkap.

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari pengetahuan atau informasi mengenai sejarah ini dan saya berpesan kepada anda untuk selalu mampir ke website infosoalpelajaran saat anda sedang mencari tahu mengenai soal pelajaran atau pun materi pelajaran dari semua tingkatan sekolah yang ada di Indonesia.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.