Teknik Dasar Bola Voli Beserta Penjelasannya Lengkap Terbaru 2019

Teknik Dasar Bola Voli – Halo semuanya, selamat datang kembali di website infosoalpelajaran yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai berbagai macam pembahasan yang berhubungan dengan soal pelajaran dan materi pelajaran dari semua tingkatan sekolah yang ada di Indonesia.

teknik dasar bola voli beserta penjelasannya

Dan dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai teknik dasr bola voli, yang di dalamnya juga berisi mengenai pembahasan dari permainan bola voli diciptakan oleh, teknik voli, cara melakukan passing bawah teknik bermain bola voli permainan volly, pencipta permainan bola voli, permainan bola volly, pemain bola voli, teknik dasar dalam permainan bola voli, cara bermain bola voli, teknik dasar permainan bola volly, sejarah permainan bola voli, teknik dasar permainan bola voli, passing atas, passing bawah dan tempat dan peralatan bola voli, sebutkan jelaskan teknik dasar permainan bola voli, 4 teknik dasar bola voli, teknik teknik dasar bola voli, teknik dasar bola voli dan cara melakukannya, 5 teknik dasar bola voli, macam macam teknik dasar bola voli, teknik dasar bola voli smash, teknik dasar bola voli beserta gambarnya, pengertian permainan bola voli dan cara melakukan teknik dasar bola voli.

Sejarah Permainan Bola Voli

permainan bola voli

Permainan bola voli merupakan olahraga yang diciptakan oleh Willian G. Morga pada tahun 1895 di daerah Amerika bagian timur. William G. Morgan sendiri madalah seorang pembina dari pendidikan jasmani yang ada di Young Men Christian Association atau disingkat dengan nama YMCA.

Permainan bola voli ini memiliki perkembangan yang sangat cepat, sehingga pada tahun 1933, diadakanlah kejuaraan permainan bola voli untuk pertama kalinya , yang diselenggarakan oleh YMCA.

Setelah berkembang pesat di daerah Amerika, lalu bola voli menjadi berkembang di seluruh dunia. Dan pada tahun 1974 dibuatlah pertandingan bola voli dengan jumlah peserta yang cukup banyak di Polania. Setelah berhasil untuk berembang di seluruh dunia, maka didirikanlah Federasi Bola Voli Internasional atau dalam bahasa inggris adalah International Volley Ball Federation (IVBF) pada tahun 1984, pada saat itu anggotanya baru 15 negara dan memiliki kedudukan di daerah paris.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa permainan bola voli menjadi berkembang sangat pesat bukan hanya di Amerika tetapi juga di dunia:

  1. Tidak membutuhkan area permainan yang luas.
  2. Sangat mudah di mainkan.
  3. Alat-alat yang di perlukan untuk bermain sangat sederhana.
  4. Permainannya sangat menyenangkan.
  5. Kemungkinan terjadinya kecelakaan sangat minim.
  6. Dapat di mainkan di dalam tau pun di lur ruangan.
  7. Dapat di mainkan lebih banyak orang.

Sementara itu untuk perkembangan bola voli di Indonesia adalah di mulai saat masa penjajahan belanda di Indonesia yaitu sesudah tahun 1928. Perkembangan bola voli di Indonesia juga sangat cepat. Halini di buktikan dalam PON ke-2 tahun 1952 di Jakarta. Dan sampai sekarang bola voli merupakan cabang olahraga yang selalu di pertandingkan.

Lalu berdirilah federasi bola voli resmi Indonesia yang disebut dengan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesi atau PBVSI yang diketuai oleh W. J. Latumenten pada tanggal 22 Januari 1955. Setelh federasi ini resmi berdiri, pada tanggal 28-30 mei 1955 diadakanlah kongres dan juga kejuaraan bola voli pertama di Jakarta.

Dandengan melihar perkembangan bola voli, akan sangat tepat apabil menjadikan bola voli sebagai perminan pendidikan di sekolah-sekolah. Hanya memang apabila untuk mengenalkan kepada anak-anak akan sedikit mengalami kesulitan. Kesulitan yang pastinya akan di temukan adalah pada gerakan dasar bola voli.

Teknik Dasar Bola Voli

Banyak yang bertanya sebutkan teknik dasar permainan bola voli? Nah silahkan simak berikut ini.

1. Pengartian Teknik

Teknik merupakan proses mengeluarkan tingkat keaktifan jasmani dan pembuktian praktek dengan sebaik-baiknya untuk menyelesaikan suatu tugas dalam cabang olahraga, khususnya disini bola voli.

2. Fungsi Teknik Pada Olahraga

  • Agar tercapainya keefisienan dan keefektifan untuk mencapai kerja yang lebih maksimal.
  • Untuk mencegah dan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan atau cedera yang munkin saja dapat terjadi.
  • Untuk menambah variasi teknik pada cabang olahraga.
  • Atlet akan menjadi lebih mantap saat bertanding.

3. Teknik Penguasaan Bola

Agar seorang atlet dapat bermain bola voli dengan baik, maka harus menguasai semua teknik yang ada. Agar saat bertanding menjadi lebih mantap dan optimis, sehingga kemungkinan mendapatkan kemenangan akan menjadi lebih besr.

4. Teknik Dasar Bola Voli Passing Bawah

teknik dasar permainan bola voli

Cara melakukan passing bawah akan di lakukan apabila ada bola yang datangnya rendah, passing bawah ini biasa digunakan untuk mengoper ke teman atau pun untuk mengembalikan ke daerah permainan lawan.

5. Teknik Dasar Bola Voli Passing Atas

teknik dasar bola volly

Passing atas adalah teknik penguasaan bola yang sangat penting untuk di pelajari dan di kuasai. Passing atas ini adalah menyajikan bola atau pun mengoper bola dengan menggunakan jari tangan. Passing atas ini dapat mempengaruhi saat pertaningan sedang berlangsung, apalagi kalau pertandingan dengan tingkat yang lebih tinggi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus di perhatikan saat melakukan passing atas:

  • Berkonsentrasi saat melakukan passing atas.
  • Selalu berlatih.
  • Lihat dan pelajari bagaimana penempatan bola yang tepat.
  • Carilah posisi lemah dari lawan.

Cara melakukan passing atas:

  • Tempatkan badan di bawah bola.
  • Buka kedua kaki, tekuk lutut, sehingga membuat posisi tubuh setengah jongkok.
  • Bengkokan siku, renggangkan jari lalu letakkan di depan atas dahi.
  • Sikap tangan buat seperti mangkok.
  • Pandangan ke arah datangnya bola.
  • Pada saat bola datang, doronglah dengan jari-jari tangan.
  • Untuk membantu gerakan jari anda, gerakkanlah pergelangan tangan ke depan atas.
  • Setelah bola terlepas, lalu gerakkanlah anggota badan dengan langkah kaki menuju ke depan, hal ini dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan anda.

6. Teknik Dasar Bola Voli Service Bawah

teknik dasar bola voli servis bawah
Sumber : http://www.moondoggiesmusic.com/

Service Bawah adalah service yang dilakukan dengan tangan di bagian bawah, lalu luruskan siku dan ayunkan tangan anda dari belakang menuju ke depan pada samping badan. Salah satu tangan akan memgang bola lalu bola itu dilambungkan ke atas baru di pukul. Service ini lebih banyak digunakan terutama oleh para pemula.

7. Teknik Dasar Bola Voli Service Atas

macam macam teknik dasar bola voli service atas

Service merupakan gerakan dasar permainan bola voli dengan banyak variasi. Bola dilambungkan dengan satu atau pun dua tangan, lalu lambungkan ke atas sedemikian tinggi, tergantung selera anda, lalu pukulkan bola menjai suatu gerakan yang tidak terputus-putus.

8. Teknik Dasar Bola Voli Service Samping

service samping

Service samping di lakukan dengan cara berdiri menyampig dengan tubuh bagian kiri yang lebih dekat ke arah jaring dan kedua tangan bersama-sama memegan bola. Pada saat bola di lambungkan, liukkan badan ke belakang dan tekuk kaki. Julurkan kedua tangan kesamping kanan, saat bola sudah terlepas, maka tarik tangan ke kanan bawah, untuk berat badan pusatkan pada kaki kanan, hadapkan telapak tangan ke atas, utntuk pemukulan bola di bantu dengan gerakkan meliukkan badan,lecutan tangan serta gerakan pergelangan tangan sehingga membuat pukulan service menjadi lebih keras.

9. Teknik Dasar Bola Voli Service Lompat

teknik dasar bola voli servis lompat

Service lompat ini dilakukan dengan cara melambungan bola, boleh dengan satu tangan atau dua tangan. Begitu telah mengangkat bola ke atas, melompatlah dan ussahakan agar bola tepat berada di atas kepala. Bila sudah berada di atas kepala, maka segera pukulah bola dengan secepat-cepatnya.

10. Teknik Dasar Bola Voli Smash

macam macam teknik dasar bola voli smash

Smash atau spike adalah memukul keras ke daerah permainan lawan dengan maksud agar pemain lawan gagal untuk mengembaikan bola. Dan amash inilah yang merrupakan bagian utama dari permainan bola voli, apabila ingin memenagkan pertandingan voli, maka harus dengan sangat baik menguasai teknik ini. Pemain yang pandai untuk melakukan smash dinamakan dengan smasher, tentunya memiliki kelincahan, daya ledak, timiing dan kekuatan dalam memukul bola yang lebih baik dari pemain dengan posisi yang lain. Banyak yang bertanya : pengumpan dalam permainan bola voli disebut? Namanya adalah Set Upper atau Tosser. Umumnya dalam permainan bola voli, pemain ini berada paling depan.

11. Teknik Dasar Bola Voli Membendung atau Block

teknik bola voli

Block adalah teknik bola voli dengan tujuan membendung bola yang diarahkan oleh lawan ke daerah perlawanan kita agar tidak masuk ke daerah permainan kita. Selama melakukan blocking maka harus tetap memperhatikan kepada bola, posisi smasher dan pandangan mata dari smasher. Untuk menyesuaikan terhadap arah datangnya bola, maka harus melakukan langkah ke samping kiri atau pun kanan dengan melompat.

Tempat Dan Peralatan Permainan Bola Voli

1. Lapangan Dan Ukuran

ukuran lapangan permainan bola voli

Untuk ukuran lapangan bola voli adalah panjangnya 18 m dengan lebar 9 m. Untuk semua garis batas lapangan, garis tengah dan garis daerah serangnya adalah 3 m. Garis batas depan dengan menggunakan tali, cat, kayu, cat atau kapur atau punkertas yang lebarnya tidak lebih dari 5cm. Lapangan ini terbagi menjadi 2 sisi dengan masing-masing 9×9 meter. Kedua daerah ini di batasi dengan garis tengah. Lalu untuk daerah serangnya di batasi dengan garis tengah lapangan yang luasnya 9×3 m.

2. Daerah Service

Daerah service ino merupakan daerah dengan lebar 9 meter pada belakan setiap garis akhir lapangan. Daerah ini pun di batasi oleh dua garis pendek yang memiliki panjang 15 cm yang pada bagian belakang garis akhir di buat panjang 20 cm yang digunakan sebagai kepanjangan untuk garis samping. Kedua garis ini pun suah termasuk daerah batas di dalam daerah service, perpanjangan daerah service ini sendiri adalah kebelakang sampai batas dakhir dari daerah bebasnya.

3. Jaring Atau Net

Jaring pada permainan bola voli, memiliki ukuran tinggi net bola voli berukuran 9,50 meter dengan lebar yang tidak sampai 1 meter dengan mata jaring yang berukuran 10×10 cm. Untuk tinggi net pada putera adalah 2,43 m, sedangkan untuk net pada puteri adalah 2,24 m. Di bagian pinggir net ini dilengkapi dengan pita putih selebar 5 cm.

4. Antene Rod

Antene rod merupakan tongkat yang diletakkan di atas batas samping dari net yang telah di pasang, tongkat ini menonjol keatas dengan tinggi mencapai 80 cm dari tepi jurang. Tongkat ini etrbuat dari fiber glass dengan ukuran panjang 180 cm dan memiliki warna yang mencolok. Antene rod ini sudah digunakan untuk pertandingan nasional maupun pertandingan internasional.

5. Bola

Untuk bola yang digunakan pada permainan bola voli terbuat dari kulit yang lentur dan bahannya dari sintetis, untuk bagian dalamnya terbuat dari karet atau pun bahan ang masih sejenisnya. Untuk warna bolanya biasanya terdiri dari beberapa gabungan warna. Untuk bahan dan juga warna dari bola voli ini harus sesuai dengan standar FIVB apabila akan digunakan untuk pertaningan internasional resmi.

Keliling bola voli adalah 64-67 cm dengan berat 260-280 gram. Untuk tekanan di dalam bola harus 0,39-o,325 kg/cm2 (4,26-4,61 Psi) (294,3-318-82 mbar/hpa).

6. Pemain

Untuk jumlah pemain dalam bola voli adalah 6 pemain setiap timnya dan akan ditambah lagi dengan 5 orang sebagai pemain cadangan dan satu orang lagi sebagai pemain libero. Untuk jumlah maksimal dalam satu tim adalah 12 orang, dengan satu orang coach, satu system coch, satu orang trainer, dan seorang dokter media, kecuali untuk pemain yang berposisi sebagai libero, salah satu orang dari timakan menjadi kapten dan harus di beri dengan tanda dalam score sheet. Hanya pemain yang terdaftar di dalam score sheet lah yang yang dapat masuk lapangan dan bermain disana. Dan pada saat pelatih dan kapten tim telah menandatangani score sheet pemain, maka sudah tidak dapat lagi untuk melakukan pergantian pendaftaran pemain lagi.

Video Tenik Bola Voli

Posisi Dalam Permainan Bola Voli

Ada 4 macam posisi dalam bola voli, yaitu:

  • Tosser. Tosser memiliki tugas untuk mengoper bola dan mengatur jalannya permainan tim.
  • Libero. Libero merupakan pemain bertahan dalam permainan bola voli, pemain inilah yang harus menahan serangan pertama dari lawan, dan ia memiliki kebebasan untuk keluar masuk permainan, akan tetapi ada satu hal yang dilarang dilakukan libero, yaitu mensmash ke daerah pertahanan lawan.
  • Spiker. Spiker atau smasher ini memiliki tugas untuk memberikan pukulan ke dalam daerah pertahanan lawan agar tidak bisa di kembalikan dan  mendapatkan poin.
  • Defender. Tugas defende ini adalah untuk menerima serangan dari lawan dan juga untuk menahan serangan yang dilakukan oleh lawan.

Peraturan Permainan Bola Voli

  • Setiap regu terdiri dari 6 pemain.
  • Untuk setiap pemain wajib memakai kostum dengan nama dan nomor punggung.
  • Pergantian dalam melakukan service, yaitu searah jarum jam berputar.
  • Durasi permainan tergantung pada total poinsatu setnya, rally point baru akan terjadi apabila sudah mencapai nilai 15 pion.
  • Voli dipimpin oleh satu orang wasit, yang dibantu dengan 4  asisten wasit yang mempunyai tugas untuk menjaga garis dan satu lagi untuk mengatur skor.
  • Masing-masing tim atau regu akan di beri kesempatan memainkan bola sebanyak 3 kali sentuhan.
  • Msing-masing pemain tidak boleh melakukan sentuhan lebih dari satu kali.
  • Poin akan bertambah apabila ada bola yang masuk ke daerah permainan lawan dan apabila pengembalian lawan out atau keluar.

Demikianlah pembahasan mengenai teknik dasar bola voli yang dapat saya sampaikan , yang di dalamnya juga berisi mengenai permainan bola voli diciptakan oleh, teknik dasar bola voli, cara melakukan teknik dasar bola voli passing bawah, teknik dasar bola voli bermain bola voli permainan volly, pencipta permainan bola voli, teknik dasar bola voli, pemain bola voli, teknik dasar bola voli, cara bermain bola voli, teknik dasar permainan bola volly, sejarah permainan bola voli, teknik dasar permainan bola voli, passing atas, passing bawah dan tempat dan peralatan bola voli, sebutkan teknik dasar bola voli, 4 teknik dasar bola voli, teknik teknik dasar bola voli, teknik dasar bola voli dan cara melakukannya, 5 teknik dasar bola voli, macam macam teknik dasar bola voli, teknik dasar bola voli smash, teknik dasar bola voli beserta gambarnya dan cara melakukan teknik dasar bola voli.

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari tahu mengenai teknik dasar bola voli. Dan saya berpesan kepada anda untuk selalu mampir ke website infosoalpelajaran, apabila sedang mencari tahu mengenai soal pelajaran atau pun materi pelajaran dari berbagai tingkatan sekolah yang ada di Indonesia.

Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.